11 Jenis Burung Kicau Yang Tidak Mudah Mati Untuk Piaraan

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

burung yang tidak mudah mati – Assalamualaikum wr, wb. Selamat sore sahabat kicau mania semua.. Tentu masih tetap bersama kami ya website omkicau.id yg selalu konsisten dalam share pengalaman serta info terupdate dan simak selalu ya berita kami posting tiap harinya agar kalian tidak ketinggalan info-info penting yg bisa berguna ya.

Oke kembali ketopik kali ini yg akan kita bahas adalah mengenal beberapa tipe burung kicau yang tidak mudah mati dan aman jika kalian rawat walaupun dalam keadaan sibuk kerja ataupun rutinitas diluar yg lainnya.

Tentu semua mahkluk hidup yg ada di dunia ini akan matinya apalagi burung ocehan.. Jika kalian salah dalam memberikan rawatan 80% pasti akan mati dong.. Bukan berarti disini jika kalian rawat asal-asalan burung tersebut akan memiliki umur yg panjang ya.. Nah biar nggak gagal paham yuk simak info lebih lanjutnya dibawah ini sob.

Mengetahui Beberapa Tipe Burung Yg Nggak Gampang Mati


1. Lovebird

Para pemain kicau profesional tentu sudah paham tentang bagaimana cara merawat burung lb yg baik hariannya agar bisa mengeluarkan suara lovebird andalan ngekeknya yg panjang ya, namun kelebeihan lainnya juga burung love bird ini tahan badai ya.

Yang dimaksud disini tidak mudah sakit, memiliki fisik yg kuat serta lincah dalam beraktifitas, terlebih jika kalian rawat dengan benar sudah pasti lovebird tersebut selalu sehat dan gacor hariannya. Untuk prediksi usia burung lovebird ini pada umumnya bisa mencapai 15 sampai 20 tahun ya.

burung-peliharaan-murah

2. Kenari

Dalam memberikan rawatan burung kenari ini memang harus telaten ya temen-temen, bukan berarti burung kenari ini kebal terhadap penyakit ya. Karena jika burung ya sudah sakit dalam artian disini salah rawatan hariannya tentu akan bisa menyebabkan kematian juga.

Nah jika sudah seperti itu, tentu kembali kepada rawatan yg kalian berikan setiap harinya sudah pas atau belum ya. Untuk melihat perbandingan pola rawatan kenari ini sangat mudah, jika burung sudah mau gacor dor dirumah sudah pasti perawatan temen-temen sudah baik tentunya. Perkiraan umur kenari ini memang tidak sepanjang love bird ya, paling maksimal antara 10 – 17 tahun.

burung-murah-bersuara-bagus

3. Serindit

Burung serindit ini terkenal sebagai burung masteran yg cukup handal bagi tipe burung fighter seperti murai, kacer dan yg lainnya, sangat digemari oleh para kicau mania ya. Dikarenakan rawatannya yg mudah tidak neko-neko serta memiliki daya tahan tubuh yg jauh lebih kuat dari burung lovebird ya.

Baca Selengkapnya :  Suara Burung Cipoh Beserta Harga di Pasaran

Kenapa bisa dibilang perawatan hariannya sangat gampang ?. Untuk makanan nya saja jika tidak ada biji-bijian kalian bisa juga memberikan nasi hangat ataupun air gula yg mudah kalian buat sendiri tentunya. Cocok jika kalian memiliki jam terbang tinggi diluar (sibuk aktifitas) jika kalian memelihara burung serindit ini ya. Dan usianya juga tergolong panjang ya bisa hidup sampai 20 sampai 35 tahunan.

Baca juga artikel terkait : cara merawat serindit untuk lomba

4. Cucak Keling

Burung cucak keling memang terlihat menyeramkan tentunya, dengan bentuk fisik yg memiliki corak gelap dan matanya berwarna merah menyala-nyala wajar saja sesuai nama yang sering disebut-sebut ya. Dalam hal perawatan harian tentu termasuk gampang ya temen-temen.

Cucak keling ini tergolong jenis burung pemakan buah-buahan dan kurang begitu menyukai serangga, ya tergantung dari karakter burung tersebut ya, ada yg dominan lebih suka buah ataupun jenis serangga seperti jangkrik.

Nah pengalaman saya dalam memelihara cucak keling ini tidak menyukai jangkrik, hariannya cukup dikasihkan voer dan pisang, ataupun pepaya yg divariasikan ya. Burung ini juga sangat mudah untuk gacor hariannya, jika si burung sudah nyaman dengan perawatan yg kalian berikan sudah pasti lebih cepat untuk mengeluarkan ciri khas suara telernya ya. Untuk usianya diprediksikan bisa mencapai 15 – 30 tahun.

5. Cikrok Kutub / Kerak Basi

Salah satu burung murah bersuara bagus untuk isian tentu ada dimiliki oleh si cikrok kutub ini ya temen-temen, burung ini dikenal dg sebutan kerak basi ya, dan memiliki suara nyekrak kasar jika sudah gacor bisa meramaikan rumah anda baik pada waktu pagi, siang ataupun malam hari burung ini kapan saja bisa berkicau.

Maka dari itu sangat cocok untuk dijadikan sebagai burung isian ya, ada sekitar dua jenis burung kerak basi ini, tergantung dari daerah asalnya, ada yg alis hitam ataupun putih yg disering disebut-sebut kerak basi ramai ya. Untuk harga burung bahannya cukup murah ya hanya 50 rb sampai 100 ribu per ekornya, namun jika burung sudah mapan dan gacor dor tentu harganya jualnya akan melejit drastis bisa mencapai ratusan bahkan jutaan rupiah sob. Mantap.

Baca juga : cara merawat burung kerak basi

6. Ciblek

Bagi temen-temen yg tidak terlalu menyukai sangkar yg berukuran besar maka kalian tidak perlu khawatir ya, burung yang cocok untuk kandang kecil ini sangat pas jika dipelihara burung ciblek. Karena memang tubuhnya nya yg kecil ya ?. Namun jangan salah tafsir, walaupun memiliki body yg mini ini memiliki suara kristal dan tembakan yg sangat kencang lho..

Baca Selengkapnya :  Harga Jual Burung SamHo Terbaru 2020

Terlebih jika burung ciblek ini sudah mapan dan gacor ya, maka suara yg dihasilkannya sangat rapat hampir tidak berjeda, karakter kicauannya adalah tipe tembakan, jadi sangat bagus jika disesuaikan dengan burung gacoan kalian untuk sebagai guru vokal spesial nembak dengan speed rapat. Usia burung ciblek dari bahan sampai gacor membutuhkan rawatan 1 sampai 2 tahun, namun untuk umur maksimal burung tersebut bisa mencapai 7 – 13 tahunan ya. Baca juga : perawatan burung ciblek

7 Kacer

Nah bagi kalian yg ingin memiliki burung peliharaan murah namun siap untuk dilatih dan dimainkan ke arena gantangan, sudah pasti banyak sekali yg menyarankan untuk merawat burung kacer ya sob. Karena sifat burung yg satu ini adalah petarung yg memiliki mental tinggi.

Suara kacer sangatlah merdu ya, namun jika sudah bongkar isiannya maka siap-siap saja kuping kalian bisa pedas dan pengang ya, karena apabila kacer sudah ngeplong dan on maka siap meramaikan rumah dan gantangan intinya. Oh ya untuk masa usia burung kacer ini juga relatif cukup panjang ya, bisa mencapai 15 – 20 tahunan, waktu yg cukup lamanya juga jika kalian mampu untuk merawatnya dengan baik dan benar.

Karena burung kacer ini jika semakin tua, dan memiliki jam terbang yg tinggi, serta pas dalam memberikan rawatannya maka burung semakin TOP performanya. Baca juga artikel lainnya : cara mengatasi burung kacer stres

8. Murai Batu

Burung murai yg saat ini menjadi TOP dan banyak memiliki fans di berbagai kalangan, walaupun harga jual dan belinya masih stabil, bahkan naik terus, maka para pecintanya tidak merasa gelisah ya, karena mamang hal yang wajar jika burung ini memiliki harga mewah dipasarannya.

Burung papan atas yg bergelar kasta tertinggi dibandingkan jenis burung ocehan lainnya tentu dalam hal rawatan harian ataupun setingan tidak boleh sembarangan ya temen-temen. Jika dalam merawat burung murai kalian salah maka sudah pasti performanya akan menurun baik tingkat kegacorannya dirumah ataupun ketika saat digantangkan. Untuk usia burung ini juga tergolong lumayan panjang umur ya; bisa mencapai 15 – 30 tahunan jika burung ini dirawat dengan pola yg wajar-wajar saja ya.

Baca juga : Cara Mengatasi Burung Murai Batu Cabut Bulu Saat Mabung

9. Jalak Suren

Semua orang pasti tahu ya yg namanya jalak suren ini, yg merupakan jenis burung yang mudah jinak dengan manusia, serta memiliki suara yg keras, ngerol, nembak yg berdurasi sangat baik. Jika terlebih kalian merawat burung ini dari anakan maka sangat gampang sekali untuk jinaknya.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri, Burung Betet Makanan Beserta Harganya

Selain bisa dijadikan sebagai burung peramai rumahan, namun bisa juga untuk di jadikan sebagai bel atau isyarat, karena burung ini akan pasti gacor jika ada tamu yg datang kerumah kalian. Maka dari itu disarankan penempatan kandang burung jalak suren ini baiknya di depan teras rumah ya. Usia jenis jalak suren ini bisa mencapai 15 – 18 tahun lah lumayan lam juga jika kita merawatnya untuk burung rumahan. Baca juga : harga burung jalak suren

10. Jalak Nias

Burung jalak nias ini memiliki keistimewaan tersendiri ya, dan salah satu burung yang bisa dilatih untuk dapat berbicara dan mengikuti sepatah , satu sampai dua kalimat si pemiliknya, namun semua itu burung proses kesabaran si perawatnya. Tipe burung ini memiliki tingkat kecerdasan yg diatas standart rata-rata.

Banyak memiliki variasi kicauan, serta memiliki bentuk fisik yg ideal ya. Menawan dan enak dilihat, sangat disarankan bagi penghobi burung kicau untuk dapat memiliki burung jalak nias ini dirumah untuk menemani suasa sepi. Untuk usia dari jalak nias ini tidak terlalu panjang biasanya sampai 10 – 15 tahunan saja.

11. Cucak Ijo

Nah untuk jenis burung yang tidak mudah stres salah satunya si hijau kicau ini ya temen-temen, wajarnya saja karena burung pemakan buah-buahan ini memiliki tingkat stres yg lebih rendah ya, ketimbang burung yg full EF serangga, ya tergolong burung cucak hijau ini.

Untuk perawatan harian dan setingan lombanya burung ini juga termasuk mudah ya, hanya saja jika kalian merawatnya dari bahan memang butuh waktu yg cukup lama dan perlu kesabaran tingkat dewa.

Menurut riset berdaskan kenyataan dan pengalaman, burung cucak ijo ini tergolong burung yg memiliki umur panjang ya, bisa mencapai 30 – 50 tahun jika burung tersebut mendapatkan perawatan yg baik ya. Dan burung ini juga jika semakin tua maka semakin menjadi pastinya. Baca juga : cara memilih cucak ijo lomba

Jadi demikianlah info dari beberapa burung yang tidak mudah mati menurut hasil penelitian versi nya Om Kicau, jadi tidak menutup kemungkinan prediksi tersebut bisa pas ataupun meleset, semuanya lagi tergantung dari takdir dan ikhtiar kalian dalam merawat burung kesayangannya. Semoga dapat bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari