Cara Membuat Kacer Konslet

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

cara membuat kacer konslet – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, hai sahabat kicau, masih berjumpa lagi bersama situs OmKicau.ID yg dimana pada pembahasan kali ini kami akan berbagi pengalaman seputar cara menaikan emosi kacer agar konslet di gantangan, main enak, kerja maksimal dan mau bongkar isian.

Khusus bagi para pecinta burung kacer tentunya bagi pemain lapangan atau yang sering mengikuti kontes, baik latberan ataupun latpres tentu sudah banyak asam garamnya dan kerasnya mencari setingan burung fighter yang satu ini.

Nah untuk yang masih awam, atau yang baru memulai hobinya dalam merawat burung kacer tentu harus mengetahui ya cara dan tipsnya, oke tanpa harus berlama-lama lagi, langsung aja kita masuk ke pembahasannya :

Cara Membuat Burung Kacer Konslet


Nah bagi temen-temen tentu harus tahu dulu apakah itu kacer konslet ?. Jadi gini ya ! Kacer yang konslet ini adalah suatu keadaan di mana seekor burung kacer dalam kondisi yang on fire (prima) atau istilahnya sudah ngeplay lah ya yang sudah mengunci bunyi nonstop tiada henti, sembari dibarengin suara tembakan, besetan dan bongkar materi lagu yang dimilikinya, artinya dengan kondisi seperti ini sudah tidak ada yang ditakutin lagi, dan siap untuk digantangkan pastinya.

Contoh disini pada saat ada juri yang mendekat seakan bodo amat hanya menikmati kicauannya dengan pembawaan materi-materi nya. Nah lalu bagaimana caranya agar kita bisa konslet ?. Semua pasti butuh proses tentunya tetapi disini saya akan menjelaskan ada tiga Aspek penting yang harus diperhatikan agar kita bisa konslet pada saat di lombakan.

Yang pertama yaitu harus paham dengan karakter-karakternya, kedua yaitu pemberian rawatan harian harus sesuai dengan kebutuhan kacernya dan yg ketiga yaitu pengkondisian dan eksekusi lomba harus disesuaikan dengan kondisi kacer dan faktor cuaca.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Kecil Yang Rajin Bunyi

Pahami Karakter Kacer Kalian Terlebih Dahulu

Oke yuk langsung aja kita bahas satu persatu ya, untuk yang pertama yaitu harus paham dengan karakter kacer kalian masing-masing ya, jadi pemahaman karakter kacer ini butuh proses tergantung tingkat kecepatan nalar serta pemahaman si perawatnya ya, tentang karakter-karakternya semakin cepat teman-teman memahami karakter kacernya semakin cepat juga kalian paham akan kebutuhan yang di inginkan oleh si kacer tersebut, yang nanti akan sangat mudah untuk diaplikasikan di rawatan sehari-hari.

Sebagai contoh (umpanya) : Seperti halnya saat kita mempunyai teman baru tentunya kita pasti butuh proses pemahaman tidak cukup sehari dua hari saja ya, bahkan bisa seminggu bisa juga berbulan-bulan kita baru memahami karakter teman kita itu, nah saat kita sudah sering mengobrol dan berinteraksi dengannya tentu kita bisa lebih mengimbangi dong apa yang di inginkan dan lebih mengerti maksud dan tujuannya, bener nggak ?.

Pemahaman karakteristik serta pendekatan agar kita lebih paham dengan sifat aslinya ini, karakter dari burung kacer pasti berbeda-beda satu dengan yang lainnya ya, ada yang pemarah, ada juga yang pendiam, manja dan Kolokan yang pasti sudah dibagi berdasarkan tipe panas ataupun dingin.

cara-membuat-kacer-ngeplay-sendiri

Rawatan Hariannya Sesuai Kebutuhan Si Kacernya

Jika sudah mengenali karakternya tentu sangat mudah untuk melakukan perawatan yang pas, dengan kebutuhan kacernya dan yg penting harus sesuai dengan kebutuhan kacernya.

Maksud dari pemberian rawatan harian sesuai dengan kebutuhan kacernya disini adalah dalam memberikan rawatan harian kacer nya harus pas dengan kebutuhan kacernya ya, ingat !. Bukan kemauan si kacer Jangan Salah Karena ada kacer yang suka jemur setiap kali dijemur pasti miring-miring, melebarkan sayap menikmati penjemuran tapi faktanya setelah diturutin maunya si kacer ini malahan mengalami over penjemuran deh akhirnya terlalu over emosinya.

Dan ada lagi kacer yang suka mandi misalnya, mau diberikan mandi sehari dua sampai tiga kali aja pasti mau ya, akan tetapi faktanya setelah dituruti pola mandi sesuai dengan keinginannya eh mahalan si kacer ini menunjukan prilaku over birahi, hmm, ini yang kadang membuat kita di php-in oleh si kacer nya.

Baca Selengkapnya :  6 Jenis Burung Penuh Mitos Yang Ada Di Indonesia

Jadi maksud saya dalam mencari rawatan harian haruslah disesuaikan dengan kebutuhan nya disini, mudahnya adalah Jangan melihat maunya tetapi ciri-ciri dari keseharian dan respon saat dilombakan.

Berikut disini saya akan sedikit memberikan tips perawatan harian sesuai dengan kebutuhannya yang pertama :

Contoh Rawatan Yg Pertama

Jika kacer harian yang gak gacor banyak ngeriwik tetapi pada saat digantang nggak respon dan gak ada fighternya, lalu untuk perawatan hariannya untuk minggu pertama mandikan pagi seminggu dua kali, berikan jangkrik setiap hari maksimal 5 pagi 5 sore sampai 10 pagi 10 sore lanjut jemur tiap hari selama 2 jam saja.

Umbar seminggu dua kali maksimal 2 jam dan harian di full krodong saja selain jadwal rawatan, lalu untuk minggu kedua si kacer dimandikan pagi seminggu dua kali jangkrik dipangkas separuhnya misal tadinya 10 pagi 10 sore berarti menjadi 5 pagi 5, pada waktu sore jemur dikurangi seminggu dua sampai tiga kali saja maksimal hanya 2 jam.

Umbar tetap seminggu dua kali maksimal 2 jam hari andi full krodong saja selain jadwal rawat dan setelah itu 2 minggu boleh dites, tetapi sebelum di trek dilapangan sebaiknya kacer dimandikan di pastikan dulu cuacanya panas terik setelah dimandikan berikan jangkrik 2 ekor lalu jemur sebentar kurang lebih 10 sampai 15 menit lalu 1 sesi sebelum Gantang berikan kroto sedikit saja.

Tetapi jika cuaca hujan atau mendung tanpa mandi berikan jangkrik 2 ekor lalu kerodong kembali, dan kurang satu sesi sebelum Gantang berikan ulat Hongkong 3 sampai 5 ekor.

Contoh Rawatan Yg Kedua

Dan untuk contoh yang kedua jika seekor kacer hariannya gacor saat digantang atau pada saat dites enggak ada fighternya hanya ngeriwik isian lalu untuk perawatannya kalian bisa memberikan mandikan pagi seminggu 1 kali jemur seminggu tiga kali maksimal 2 jam.

Lanjut umbar seminggu tiga kali jangkrik berikan dua pagi 2 sore dan di full krodong selain jadwal rawatan dan pada saat mau tes tanpa mandi langsung gantang saja tanpa ada tambahan ekstra puding lain.

Contoh Rawatan Yg Ketiga

Lalu ada contoh lagi yang ketiga : Misalnya ada Seekor kacer jika pada saat hariannya gacor dor dirumah bongkar-bongkar, rajin sekali bunyi dan mentalnya Fighter banget, tetapi pada saat digantang pada saat pada saat dites mbagong.

Lalu untuk perawatannya mandikan 2 hari sekali, pada waktu sore hari, tanpa jemur tanpa umbar dan 0 extra fooding saja.

Setelah 2 minggu boleh dites tapi sebelum di-test mandikan dan langsung gantang saja tanpa ada pemberian extra fooding apa-apa.

Baca juga artikel lainnya : cara merawat kacer setelah dilombakan

Baca Selengkapnya :  Harga Burung Kepodang Emas 2021

Pengkondisian Kacer Dilapangan Lomba

Pembahasan yang ketiga yaitu pada saat pengkondisian dan eksekusi lomba harus disesuaikan dengan kondisi karakter, jadi untuk mengkondisikannya di sini harus disesuaikan juga dengan kondisi kacer dan cuaca.

Misalkan ada seekor kacer yang basic-nya tipe panas jelas pengkondisian tempatnya saat di area lomba cari tempat yang sejuk dan dingin, saat cuaca panas terik usahakan krodong alas karpet tangkringan selalu lembab agar kacer tidak kepanasan pahami juga fungsi dan dampak EF yang akan kita berikan misal jika cuaca panas kacer tipe panas jangan diberikan ulat Hongkong karena akan menambah panas suhu tubuh jika kalian paksakan maka yang ada nanti si kacer bisa terlalu over emosinya.

Kecuali kondisi kacernya lagi kurang emosinya, baru bisa diberikan ulat Hongkong tetapi minim (sedikit) saja, jadi pahami selalu setiap gerak-gerik kacer saat di area lomba agar memudahkan kita untuk mengeksekusi dan memberikan extra fooding Apa yang cocok dan yang akan kita berikan saat masih di persiapan sebelum si kacer ini diGantang.

Oke jadi itu saja penjabaran lengkap dari kami sesuai pengalaman yang sudah dibuktikan di lapangan, tentang cara membuat kacer konslet, semoga dapat menambah wawasan baru bagi temen-temen kacer mania semuanya, semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari