Panduan Penyiapan untuk Lele Baru Anda

Panduan Penyiapan untuk Lele Baru Anda – Sebelum Anda mencabut ikan lele yang berharga itu dari pancing Anda, waspadai risiko menangani pengumpan tulang bawah dengan tangan kosong. Sirip punggung dan dada ikan lele diperkuat dengan tonjolan berduri kecil yang seringkali cukup tajam untuk menusuk kulit.

Cara terbaik untuk menghindari “sengatan” ikan lele adalah dengan membungkus tangan Anda dengan hati-hati di sekitar tubuh bagian atas ikan di belakang sirip, di mana duri tidak mencapainya. Dengan posisi tangan yang tepat,

Anda akan dapat memasukkan tangkapan Anda ke dalam pendingin yang menunggu atau melepaskan ikan yang lebih besar kembali ke air yang aman tanpa harus khawatir dengan tusukan yang menyakitkan. Untuk panduan lengkapnya kalian bisa membaca artikel ini selengkapnya.

Panduan Penyiapan untuk Lele Baru Anda

Empat Hal yang Perlu Diketahui Tentang Ikan Lele

  • Lele dapat hidup dari tujuh hingga 15 tahun
  • Mereka bisa tumbuh hingga 1 kaki panjangnya
  • Banyak lele lebih suka hidup berkelompok tiga atau lebih
  • Ikan lele besar harus hidup dengan teman tangki yang berukuran sama; mereka mungkin makan yang lebih kecil

Mendapatkan Penempatan Tangan Kanan

1. Temukan duri sirip

Sebelum Anda mulai mengambil secara sembarangan, penting untuk mengetahui dengan tepat apa yang Anda coba hindari. Semua spesies lele memiliki duri kecil runcing yang muncul dari tepi depan sirip punggung (yang ada di belakang) dan sirip dada (yang tepat di belakang dan di kedua sisi kepala). Karena alasan ini, jauhkan tangan Anda dari bagian depan sirip setiap saat.

Duri-duri ini mengandung sejumlah kecil toksin hemolitik yang tidak mematikan, yang dapat mencegah pembekuan darah dengan baik jika ujung tajamnya berhasil menembus kulit. Berlawanan dengan kepercayaan populer, kumis lele tidak mungkin “menyengat” Anda. Mereka lembut, organ fleksibel yang digunakan untuk membantu mencari makanan, dan tidak menimbulkan ancaman bagi pemancing.

2. Kenakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda.

Jika ini pertama kalinya Anda memelihara ikan lele, atau Anda pernah mengalami terlalu banyak pengalaman buruk di masa lalu, pertimbangkan untuk membeli sepasang sarung tangan luar ruangan yang kokoh. Bahan yang tahan lama akan berfungsi sebagai penyangga antara duri dan kulit Anda.

Jika Anda dalam keadaan darurat, Anda juga bisa menutupi tangan Anda dengan handuk sebelum memegang tangkapan Anda. Salah satu kelemahan memakai sarung tangan adalah Anda tidak akan memiliki kehalusan dan kepekaan yang sama dalam hal penanganan. Pasangan yang lebih tebal juga dapat membuat ikan lebih sulit dipegang.

3. Cari pertolongan medis untuk sengatan ikan lele.

Jika Anda atau siapa pun dalam ekspedisi Anda tertusuk tulang belakang, segera bawa ke rumah sakit. Seorang dokter akan mengetahui cara terbaik untuk membersihkan dan membalut luka untuk mencegah infeksi. Sementara itu, gosok area yang terkena dengan air hangat dan sabun antibakteri dan pertahankan tekanan ringan untuk memperlambat pendarahan.

Gunakan pinset untuk mengangkat bagian tulang belakang yang patah di dalam luka. Anda tidak disarankan membiarkan sengatan ikan lele tidak diobati, meskipun tampaknya tidak terlalu parah — ini adalah salah satu skenario di mana pepatah orang tua “menggosok kotoran di dalamnya” tidak berlaku!

Pengujian Kualitas Air Dengan Mudah

cara budidaya ikan lele

Pedoman umum kesehatan akuarium dan lingkungan

  • Ikan dan hewan air dapat menularkan penyakit zoonosis ke manusia. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air sebelum dan sesudah berinteraksi dengan akuarium Anda. Anak-anak, wanita hamil, orang lanjut usia, dan mereka yang memiliki masalah sistem kekebalan harus lebih berhati-hati.
  • Jauhkan ikan dari makanan dan area di mana makanan disiapkan.
  • Jangan pernah melepaskan ikan ke alam liar.

Menambahkan lele ke akuarium Anda

  • Bawa pulang lele Anda segera setelah Anda membelinya.
  • Tempatkan mereka di akuarium Anda di dalam tas mereka selama 15 menit agar mereka terbiasa dengan suhu air yang baru.
  • Selanjutnya, gunakan jaring untuk memindahkan lele ke akuarium Anda. Cobalah untuk tidak membawa terlalu banyak air lama mereka.
  • Tambahkan hanya tiga lele sekaligus untuk memastikan filter dapat menangani semua tindakan baru di lingkungan tersebut.
  • Keseimbangan kimia di akuarium Anda akan berubah dengan setiap ikan baru yang Anda perkenalkan, jadi periksalah tingkat pH, amonia, nitrit, dan nitrat tangki secara teratur.

Menjaga kesehatan ikan lele

Jika ikan lele Anda menunjukkan salah satu dari gejala penyakit atau kesusahan ini, bicarakan dengan rekan toko PetSmart atau dokter hewan yang mengetahui kesehatan ikan:

  • Nafsu makan menurun
  • Sirip dijepit ke samping
  • Menggores tubuh di bebatuan
  • Pembengkakan perut
  • Kulit atau sirip yang meradang atau berubah warna

Apa yang harus dimasukkan ke dalam tangki ikan lele

Panduan Penyiapan untuk Lele Baru Anda

  1. Jika Anda akan menggunakan filter di bawah kerikil, tambahkan terlebih dahulu.
  2. Lapisi sekitar 3 inci kerikil di bagian bawah tangki. (Itu berarti 1½ pon kerikil per galon air.) Bilas kerikil sebelum memasukkannya ke dalam akuarium.
  3. Isi tangki sekitar setengahnya dengan air yang sudah dideklorinasi.
  4. Tambahkan termometer dan peralatan lain yang diperlukan.
  5. Saatnya menghias! Tambahkan tanaman, batu, dan furnitur ikan.
  6. Selesaikan dengan mengisi sisa tangki dengan air.

Baiklah teman-teman semua itulah ulasan artikel tentang panduan penyiapan untuk lele baru anda yang akan kalian pelihara dirumah atau di kolam ikan di sekitar rumah kalian semoga pengetahuan ini bermanfaat dan terimakasih banyak sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel kami.

Related Posts
Ulasan Lengkap Permainan House Flipper Mod
House Flipper Mod

Selamat datang di ulasan lengkap permainan House Flipper Mod! Apakah Anda penggemar desain interior, renovasi rumah, atau hanya ingin mencoba Read more

Cara Terbaru Share Lokasi Lewat WA Di Iphone
cara share lokasi lewat wa di iphone

Bagikan lokasi dengan mudah melalui WhatsApp di iPhone. Pelajari cara praktisnya untuk berbagi lokasi dengan teman-teman Anda. Hampir semua orang Read more