Cara Mudah Memilih Burung Cucak Ijo Untuk Lomba

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Bicara tentang cara memilih cucak ijo lomba, sebenarnya bukan perkara yang sulit untuk dilakukan. Namun ini juga tidak bisa disepelekan karena ada beberapa faktor utama yang menjadi patokan agar burung pilihan Anda kelak bisa menjadi juara dalam berbagai lomba.

Dalam artikel kami kali ini, kami akan berbagi sedikit ilmu bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara memilih burung cucak ijo untuk lomba. Sebagai jawaban dari rasa penasaran Anda, langsung saja simak ulasannya berikut ini:

Trik Memilih Burung Cucak Ijo Yang Bagus Untuk Diadu


Bagi Anda yang sama sekali belum pernah membeli burung cucak ijo namun ingin memilikinya sebagai aduan. Maka anda harus mengetahui ciri ciri cucak ijo yang bagus lakukan hal sebagai berikut:

Kesehatan burung

Perhatikan kesehatan pada burung cucak ijo yang ingin Anda beli. Anda dapat menyentuh burung secara langsung dengan izin dari sang penjual tentunya. Atau bisa secara tidak langsung dengan memperhatikan gerak gerik burung lincah atau tidak. Jika burung tersebut selalu berdiam diri, bisa jadi sedang sakit.

Kemudian setelah memastikan burung cucak ijo tersebut sehat, maka hal berikutnya adalah menentukan jenis kelamin dari burung apakah jantan atau betina. Jika jantan maka pada pupil mata burung akan terlihat hitam jernih, kemudian garis lingkar matanya berwarna kuning tegas, dan paruhnya agak kecoklatan.

umur-ideal-cucak-ijo-untuk-lomba

Bentuk fisik

Lalu lihat pada bagian paruhnya yang memanjang dan tebal, serta diikuti dengan warna mask/ topengnya hitam merupakan salah satu cara mengetahui umur cucak ijo sudah mapan atau belumnya. Kemudian lihat juga warna bulu dari cucak ijo yang akan Anda pilih tadi. Jika yang bagus maka akan memiliki warna hijau yang mengkilap. Serta memiliki ukuran badan yang mantap dan tegas.

Baca Selengkapnya :  Tips Perawatan Kacer Giras Untuk Lomba

Jangan luputkan pada bagian sayapnya yang pastinya harus menggapit pertada burung cucak ijo tersebut siap bertarung. Artinya saat sudah siap diadu kelak burung ini tidak akan takut dengan burung lainnya dan siap berkicau dengan lantang. Berikutnya Anda dapat beralih pada bagian mata dari burung cucak ijo ini. Pilihlah burung dengan bentuk mata yang lebih besar, dan memandang dengan tatapan yang tajam sebagai tanda bahwa burung ini berjiwa tarung yang aktif.

Kualitas Suara Kicauan

Jika benar benar ingin memebeli maka anda dapat meminta izin dari penjualnya untuk membuka mulut dari burung cucak ijo ini untuk memastikan warna pada lidah dan bagian dalam mulutnya berwarna hitam. Lalu perhatikan juga bagian dari kepala burung cucak ijo ini yang harus lebih besar dan cepak, serta dilengkapi pada bagian kukunya yang runcing.

Untuk melengkapi proses pemilihan Anda, lakukan pancingan suara burng kicau menggunakan Hp untuk mengetahui bagaimana kelantangan dari suara burung yang akan Anda beli tersebut. Dari situ Anda bisa melihat burung cucak ijo yang akan dibeli menyahut atau tidak. Karena jika sudah dipancing siburung agak susah untuk bersuara maka batalkan saja pilihan Anda, dan pilih yang lain. Faktor usia juga sangat mempengaruhi mental tempurnya ya, umur ideal cucak ijo untuk lomba kurang lebih sekitar 3 tahun ke atas ya.

Trik Memilih Burung Cucak Ijo Yang Prospek

Berbeda caranya jika Anda ingin memilih burun cucak ijo yang prospek, nah cara memilih cucak ijo yang bagus buat lomba. Hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan bulu kepala dari burung cucak ijo tersebut apakah mempunyai jambul yang jeprak atau tidak. Karena salah satu ciri burung cucak ijo prosperk adalah dengan mempunyai jambul yang jeprak atau dengan kata lain jambul yang mengembang.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Jenis Murai Batu Yang Ada Di Indonesia

2. Kemudian trik berikutnya adalah anda bisa melihat pada bagian sayap dari burung cucak ijo tersebut. Jika burung cucak ijo yang prospek maka akan menggetarkan sayapnya saat diadu (ngentrok). Ini akan berpengaruh saat mengikuti lomba, karena dengan ngentrok maka burung cucak ijo ini bisa mengeluarkan kicauan yang lantang bahkan bongkar suara.

ciri-ciri-cucak-ijo-yang-bagus

Setelah Anda mengtahui beberapa metode yang telah kami bagikan diatas untuk memilih burung cucak ijo yang bagus, maka selanjutnya keputusan ada ditangan Anda. Perlu Anda ingat meskipun burung yang Anda beli adalah burung juara, namun jika tidak dirawat dengan cara yang tepat maka itu akan sama saja. Artinya burung Anda akan mengalami kekalahan saat diadu.

Tips Dan Saran Memilah Burung Cucak Hijau

Sebagi pecinta burung kicau seperti cucak ijo, Anda memang harus lebih jeli dalam menentukan pilihan pada burung yang akan dipinang untuk dijadikan peliharaan. Karena jika Anda salah memilih maka, kekecewaan pasti akan terjadi.

Selain itu Anda juga harus memahami bagaimana proses proses yang kerap terjadi pada burung dewasa. Seperti cucak ijo juga sering mengalami hal ini, misalnya saat burung sedang dalam keadaam mabung atau murap, burung sedang stress, burung sedang birahi, bahkan burung yang sakit.

Ini tentunuya akan sangat berpengaruh untuk pilihan Anda. Lebih dari itu Anda juga mesti tahu bagaimana cara memilih antara burung cucak ijo yang jantan atau yang berjenis kelamin betina. Terkecuali jika Anda berniat untuk beternak maka kedua pilihan tersebut dapat Anda ambil. Baca juga artikel yang lain seputar : budidaya burung cucak hijau

Soal harga dari burung cucak ijo yang ingin Anda beli, tergantung pada negoisasi dengan sipenjual burung. Sebisa mungkin Anda beli saja burung cucak ijo yang sudah siap untuk diadu dari penjual yang jujur dan dapat dipercaya. Nah itu saja yang dapat kami bagikan tentang tips cara memilih cucak ijo lomba semoga dapat bermanfaat ya untuk temen-temen semua. Selamat mencoba!

Baca Selengkapnya :  Tips Cara Merawat Burung Kolibri Agar Rajin Berkicau, Gacor