Cara Mengatasi Burung Murai Batu Cabut Bulu Saat Mabung

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

murai batu cabut bulu – Assalamualaikum wr, wb. Selamat siang ya sahabat kicaumania di manapun Anda berada mudah-mudahan Kalian semua pada sehat serta dalam lindungan Allah SWT. Amin ya Allah ya Rabbal Alamin. Nah berjumpa lagi di website Resmi Om Kicau yang membahas dan memberikan tips seputar perawatan murai batu yang apa adanya berdasarkan pengalaman pastinya ya.

Nah pada kesempatan siang kali ini saya akan sedikit membagikan pengalaman atau ilmu pengetahuan yang saya jalanin atau yang sudah saya terapkan ya ini khusus Murai Batu yang cabul pada saat kondisi murah atau mau ya Jadi intinya perawatan khusus Murai Batu yang cabut bulu saat kondisi mabung ya.

Perawatan Khusus Murai Batu Cabut Bulu Saat Kondisi Mabung


Proses Mempercepat Rontok Bulu

Untuk langkah yang pertama khusus Murai Batu yang cabul ya dalam kondisi mabung tentu berbeda dengan artikel sebelumnya yang saya bagikan sebelumnya yaitu di rawatan Murai Batu yang mabung dengan cara yang set nya berbeda ya.

Karena di sini yang kita terapkan ulat Hongkong ya fungsinya untuk mempercepat perontokan bulu yg kita kasihkan kepada burung murai batu, nah lalu gimana untuk murai yang cabul atau kondisinya mematuk atau gigitin bulu sayap atau cabut ekor ya cabut gembur dan macam-macam untuk melewati cabul memang seperti itu ya, jadi kalian tidak perlu khawatir saat si burung ini begitu masuk kondisi mabung atau sudah mulai jatuh bulu halus atau sayap lalu kita pengaturan mabung ya.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Memberikan Perawatan Burung Pleci Yang Tepat

cara-mengatasi-burung-kanibal

Pengaturan Pemberian Pakan Hariannya

Jika EF hariannya biasa tinggi, Senin akan ada yang seperti yang di pilih saya ikan ada yang memberikannya sekitar 30 ekor lah ya yg dijedah antara Pagi siang sore pada saat kondisi mabung ini biasanya saya tetap ya memangkas itu pagi 3 sore 3 ya serta berikan voer kasar yg biasa hariannya, selalu tersedia penuh ya, untuk yg sudah mau makan Pur akan tetapi Tidak memakai ulat hongkong sementara di stop terlebih dahulu. Nah lalu kenapa harus dipangkas EF nya, karena bertujuan untuk membuat siburung ini drop ya, supaya si burung jarang bunyi dan tidak gacor.

Kondisi sangkar di full kerodong dan biarkan jangan diganggu atau sering dibuka-buka ya, nah untuk pengecekan air minum dan voer nya itu 3 hari sekali ya, maka dari itu wadah tempat minum dan pakan tempat makanan murai batu voernya harus berukuran agak besar dan harus tersedia penuh dan cukup dalam kurun waktu tiga hari kira-kiranya. Jadi kita tidak begitu sering membuka dan memberikan pakan dan minumnya, yg bisa mengganggu si burung dalam masa perontokan bulunya.

Cara Pemasteran Yg Tepat

Untuk burung seperti ini jangan di Master dulu atau si burung ini harus di isolasikan di tempat yg sunyi terlebih dahulu ya, namun bagaimana kalau memang jika ruangan dan kapasitas tempatnya yang terbatas ada burung-burung lain ya tidak masalah ya, namun kondisi sangkar harus tetap dalam keadaan di full kerodong ya temen-temen.

Nah namun kapan saat pemasteran nanti setelah murai batu sudah mulai dokor atau dorong ekor ya, baru kita memulai memberikan lagu materi suara masteran yg kiranya menurut kalian bagus, baik itu karakter yang tembakan seperti cililin ataupun mbeset speed rapat seperti kapas tembak dan cucak jenggot, cucak cungkok dan lainnya.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor Dor, dan Ngeplong

Mudai Tidak Boleh Dimandikan Dan Dijemur

Nah ini merupakan salah satu rawatan yg harus dihindari untuk sementara waktu ya, baik itu menjemur ataupun memandikannya jika kondisi simurai batu ini masih dalam keadaan mabung / rontok bulu. Karena jika kalian memaksakannya maka yg ada nantinya si burung akan stress, mabungnya akan mentas atau gagal serta bulu yg tumbuh nanti tidak tertata dengan rapi.

Jika kondisi sudah seperti ini, maka burung tentu akan tidak tampil baik dan mengalami penurunan performa karena salah rawatan di masa mabungnya. Jadi hal penting yg harus temen-temen hindari dan jangan dimandikan ataupun dijemur ya murainya.

Terima kasih sudah mengikuti informasi yg sudah kami jabarkan secara lengkap berdasarkan pengalaman seputar tips seputar perawatan murai batu cabut bulu saat kondisinya sedang mengalami masa mabungnya, semoga dapat kiranya bermanfaat bagi para murai batu mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari