Cara Mudah Merawat Burung Serindit Untuk Lomba

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

cara merawat serindit untuk lomba – Serindit ini tidak boleh dipandang sebelah mata, karena saat ini sudah mulai dibuka kelas digantangan yang tidak kalah dan mampu meramaikan event perlombaan burung kicauan, nah untuk Anda yang baru saja mengenal burung serindit ini dan memiliki minat untuk memeliharanya sebagai burung lomba. Kami akan berbagi sedikit tips tentang ciri dan jenis serta Cara Mudah Merawat Burung Serindit Untuk Lomba dnegan benar. Simak ulasannya dibawah ini:

Ciri-ciri Burung Serindit Prospekan Yang Bagus

Keunikan dari burung kecil yang ini ialah warna bulunya yang menguasai hijau diperlengkapi oleh ekor yang pendek. Burung Serindit ini kerap diketemukan dalam barisan dihutan dan mempunyai kemempuan untuk terbang dengan tempo yang cukup cepat. Menariknya burung yang ini bila sedang tidur maka lakukan status tergantung dengan ke-2 kakinya dan kepala menghadap kebawah.

Nah serindit untuk lomba jantan atau betina ?.Dianjurkan bila kalian pilih burung serindit yang bahan untuk yang jadi sebagai burung lomba : pilih burung serindit yang sejenis kelamin jantan dan mempunyai kaki warna kuning terang, sebab dengan watak beginilah burung yang bermental baja dan nantinya dapat jadi sebagai burung kontes lapangan.

ciri-ciri-burung-serindit-yang-bagus

Tipe Burung Seridit

Spesies yang pertama ada burung Serindit Melayu. Burung ini mempunyai ukuran badan kecil seputar 12 cm saja. Sisi ekor burung ini mempunyai warna merah dan sisi badannya mempunyai warna hijau dan menyebar di Asia tenggara terhitung Indonesia. Selanjutnya ada spesies burung Serindit Sulawesi (Loriculus Stigmatus). Burung ini berawal dari pulau Sulawesi Indonesia dengan penebaran diwilayah Bangka, Butung, Muna, Pulau Lembeh, Manterawu, Dan Togian. Burung ini cukup semakin besar dari tipe yang lain dengan warna paruh hitam dan hijau.

Baca Selengkapnya :  Makanan Burung Prenjak

Selanjutnya ada Burung Serindit Maluku. Burung ini berawal dari daerah pulau Maluku dan suka mengonsumsi biji bijian. Beberapa ciri dari burung kecil yang ini ialah dikuasai oleh warna hijau dengan paruh merah dan panjang tubuhnya kira-kira 12 cm.

Seterusnya ada tipe burung Serindit Sangihe. Dengan panjang tubuhnya seputar 12 cm yang dari pulau sangihe Sulawesi. Seperti burung serindit yang lain dia mempunyai waran menguasai hijau diperlengkapi dengan warna merah pada kerongkongannya sampai ekor.

Lalu ada Burung Serindit Jawa atau bernama latinnya. Burung ini menyebar banyak dipulau Jawa Indonesia dengan ciri-ciri semua badannya warna hijau diperlengkapi paruh leher kuning dan merah.

Trick Mudah Memiara Burung Serindit Untuk Kontes

Sesungguhnya untuk tipe burung serindit kelamin jantan dan betinanya keduanya sama berkicau. Jadi tidak ada permasalahan untuk masalah penyeleksian tipe kelaminnya, supaya burung ini memenangi lomba Anda harus lakukan perawatan seperti berikut:

serindit-untuk-lomba-jantan-atau-betina

Pengembunan Rutin

Embunkan burung serindit setiap subuh dimulai dari jam 5 sampai jam 6 setiap hari pada waktu subuh. Ini akan bemanfaat sekali untuk menjaga kesegaran dari tubuh siburung agar selalu fresh dalam kesehariannya.

Pemandian

Kemudian mandikan burung serindit Anda setelah diembun embunkan dengan metode semprot atau alami saja. Biasanya burung ini akan madi dengan sendirinya, untuk itu Anda hanya perlu menaruh wadah berisi air dilantai sangkar dan biarkan burung mandi dengan sendirinya. Setelah dimandikan silahkan angin ainginkan terlebih dulu burung serindit Anda. Proses menganginkan burung serindit ini berfungsi untuk membantu mengeringkan bulu burung yang basah agar kering.

Penjemuran

Kemudian baru dijemur dibawah sinar matahari pagi dengan lama waktu sekitar 1 hingga 2 jam dipagi hari saja. Jangan menjemur burung diatas jam 10 pagi, karena terik matahari yang panas akan membuat burung menjadi dehidrasi.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Kecil Yang Rajin Bunyi

Pemberian Makanan

Setelah dijemur Anda wajib untuk memberikan pakan pada burung serindit Anda dengan biji bijian jenis milet. Pemilihan milet bisa Anda tentukan sendiri, ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dikios yang menjual berbagai jenis burung disekitar Anda. Tambahkan Ekstra Food atau EF seperti buah buahan jenis pisang untuk burung serindit Anda minimal seminggu 3 sampai 4 kali saja. Biasanya pisang yang sering dipakai adalah pisang Ambon atau pisang kepok yang sudah matang.

Selain itu Anda juga bisa memberinya larutan gula atau nextar yang bisa Anda dapatkan dikios penjual burung. Nextar dan air gula ini diberikan pada burung dengan takaran yang cukup jangan berebihan.

Lakukan Pemasteran

Kemudian gantungkan sangkar burung serindit Anda pada tempat yang sejuk dan nyaman. Serta hindari menggantung ditempat yang banyak pengganggunya seperti kucing atau lainnya yang bisa membuat burung ketakutan dan stress.

Lakukan pemasteran dengan menggunakan suara burung kicau lain menggunakan Hp. Durasi pemasteran harus dijadwalkan dengan benar, misalnya pukul 3 sore sampai pukul 4 sore saja diwaktu burung dalam keadaan santai. Lakukan cara iniberulang ulang hingga burung serindit Anda siap untuk diadu dalam perlombaan.

Demikianlah info tentang Cara Mudah Merawat Burung Serindit Untuk Lomba yang bisa Anda pelajari dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari