Cara Mudah Merawat Burung Kerak Basi Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

cara merawat burung kerak basi – Pada kesempatan kali ini om kicau akan share info terbaru masalah perawatan burung masteran !. Nah untuk temen-temen kicau mania mungkin ada sebagian yang belum mengetahui jenis burung kerak basi ?. Burung apa sih itu!.

Trick-nya terhitung mudah, Anda perlu mengikuti beberapa langkah yang akan kami buat di bawah ini secara lengkap. Simak ulasannya :

Trik Memiara Kerak Basi Supaya Rajin Berkicau


Ada banyak metode yang dapat kalian terapkan bila pengin burung yang satu ini cepat gacor dan tentu saja sehat agar bisa dijadikan sebagai burung masteran yang handal. Baca penjelasannya di bawah ini;

makanan-kerak-basi-besar

1. Persiapkan Sangkar Yang Baik

Hal pertama yang perlu Anda pastkan ialah pemberian sangkar yang bagus dan pas untuk burung kerak basi ini. Hal itu meliputi dari ukuran sangkar yang perlu disamakan sama ukuran badan siburung.

Selanjutnya Anda pun harus tentukan peletakan sangkar yang cocok. Tidak boleh begitu ramai bila menggantung kandangnya, sebab bisa memunculkan stress dan ketakutan pada siburung kerak basi itu.

2. Penjinakan Burung Kerak basi

Seperti halnya burung kicau yang lainnya, burung kerak basi yang baru saja ditangkap dengan cara mikat dari habitatnya perlu untuk Anda jinakkan terlebih dahulu. Berbagai metode penjinakan harus Anda gunakan dalam hal ini termasuk memandikan dan menjemur.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Memahami Karakter Burung Kontes Atau Rumahan

Disamping itu Anda dapat berhubungan dengan siburung kerak basi Anda. Ini dilaksanakan supaya burung itu makin terlatih dengan pemiliknya atau manusia. Hingga perlahan-lahan tempat burung akan jinak.

3. Cara Mandikan Yang Tepat

Membasuh burung salah satunya perihal yang butuh Kamu jalani apabila menjaga burung kerak basi. Membasuh burung tidak hanya diperuntukkan buat mensterilkan badan burung dari kotoran yang menempel, namun pula buat melindungi kesehatan burung itu sendiri.

Badan yang bersih bakal meminimalisir serbuan penyakit yang disebabkan oleh kuman ataupun bakteri yang melekat. Berikan pemandian di waktu pagi serta petang dari jam 7 dikala pagi hari hingga jam 3 kala petang.

4. Cara Penjemuran

Setelah membasuh burung kerak basi punya Kalian, berikutnya janganlah lupa buat menjemur burung ini dengan disiplin setiap habis mandi. Ini buat jaga kesetabilan temperatur tubuh burung biar tidak kedinginan. Jemur burung kurang lebih 1 jam saja tipa harinya.

5. Beri Pakan Burung Kerak Basi

Makanan kerak basi besar sangat gemar memakan serangga kecil jika dalam habitat liarnya. Jadi Anda perlu memberi burung ini pakan berupa serangga jenis jangkrik, belalang, atau bahkan ulat yang bisa Anda dapatkan dengan cara membelinya di kios penjualan burung.

Agar burung kerak basi ini terbiasa untuk memakan pakan voer, maka campurkan saja makanan yang berupa seranggan kedalam cup yang berisi voer. Nah voer untuk kerak basi kalian bisa menggunakan topsong kuning ataupun hijau (rumput laut).

voer-untuk-kerak-basi

6. Penempatan kandang yang tepat

Sesudah memberi pakan yang pas barusan pada burung kerak basi Anda. Karena itu Anda pun perlu untuk gantungkan sangkarnya di tempat yang nyaman dan tentunya aman dari bermacam pengganggu.

Baca Selengkapnya :  Cara Ternak Burung Kenari Untuk Pemula Agar Sukses

Seupaya kemungkinan dekatkan burung kerak basi Anda dengan burung kicau yang lain seperti pleci, kolibri, atau yang lain. Ini akan membuat burung merasa aman dan pastinya mendengar suara icauan untuk pancingan.

7. Kebersihan Kandang Terjaga

Ini menjadi sangat penting tentang kebersihan sangkar siburung kerak basi Anda. Rutinlah untuk membersihkannya agar burung aman dari serangan berbagai penyakit dan kuman yang bisa menyerang dan membuat burung sakit bahkan mati. Lakukan pembersihan secara teratur minimal 4 hari sekali.

8. Masteri Burung Dengan Suara Kicauan

Setelah pembersihan kandang Anda lakukan secara teratur untuk siburung kerak basi tadi. Maka berikutnya Anda bisa memasteri burung ini dengan berbagai kicauan burung lainnya menggunakan media digital atau dengan burung asli.

9. Tutup Sangkar Dengan Kerodong

Terakhir setelah beberapa proses diatas Anda lakuakn dengan tepat dan benar. Maka Anda bisa mengkerodong sangkar burung kerak basi Anda untuk mengistirahatkannya dari aktifitas berkicau. Ini berguna untuk menjaga fitalitas siburung agar kembali berkicau esok hari tanpa merasa lelah. Jangan lupa untuk melakukan trik yang ada diatas berulang ulang hingga burung kerak basi Anda jinak dan tentunya menjadi lebih gacor.

Itulah beberapa tips yang bisa kami bagi tentang cara merawat burung kerak basi untuk Anda semua selaku pecinta kicau burung dinusantara. Ikuti terus artikel menarik kami lainnya. Semoga ini bermanfaat!

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari