Inilah Keistimewaan Burung Jalak Nias, Makanan, Harga, Suara

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Burung Jalak Nias meski diberi nama Nias burung ini tidak datang dari pulau Nias. Jenis burung ini tersebar merata di Afrika, Amerika, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di negeri ini, jalak jenis ini lebih menyukai habitat yang berada pada ketinggian sekitar 3.000 meter di atas permukaan laut di daerah pegunungan.

Burung Jalak Nias juga dikenal sebagai Jalak Tengahan karena popularitasnya di antara dua burung, yaitu Jalak Suren dan Jalak Kebo. Burung Jalak Nias ini bahkan kalah populer dibandingkan dengan Suren, namun lebih populer daripada jalak Kebo. Burung Jalak Nias bernama ilmiah Acridotheres Tristis ini sangat populer di kalangan burung kicau. Banyak peminat yang memburunya baik sebagai hewan peliharaan di rumah maupun dengan mengikuti lomba kicau.

Burung Jalak Nias dikenal karena kemampuannya menirukan suara burung lain. Jadi suara dengungan yang dihasilkan sangat bervariasi, bahkan ada yang meniru suara manusia. Inilah mengapa burung ini kemudian memiliki keistimewaan tersendiri.

harga-jalak-nias

Ciri khas Burung Jalak Nias


keistimewaan jalak nias sangat ahli dalam menirukan berbagai suara yang berbeda-beda dari burung lain, bahkan suara manusia. Hampir mirip dengan burung beo, tapi tidak persis sama. Meski burung jalak tidak sebagus burung beo, tetapi burung ini kerap diikutkan kontes.

Alasan inilah yang menjadi faktor terpenting bagi mereka yang berburu spesies Burung Jalak Nias. Pelatihan intensif dan teratur akan meningkatkan kemampuan burung mengingat lebih banyak suara kicau burung lainnya.

Baca Selengkapnya :  Tips Cara Ternak Ciblek Sukses Bagi Pemula

Bentuk tubuh Burung Jalak Nias jantan dan betina terlihat sangat berbeda, pada jantan sedikit lebih besar dari betina. Burung jantan memiliki kepala biasanya datar dan persegi, dihiasi dengan jambul di atas kepalanya.

Cara Membedakan Jenis Jalak Nias Jantan Dan Betina

Warna bulu Burung Jalak Nias jantan lebih cerah dari pada bulu betina. Betina Burung Jalak Nias memiliki kepala yang biasanya lonjong dan bulat, paruh lebih kecil, dan warna bulu kecoklatan.

Burung jalak nias jantan memiliki kualitas suara yang kuat dan nyaring dibandingkan dengan betina yang suaranya lebih monoton dan tidak memiliki variasi melengking. Saat kicauan dilepaskan, baik kelamin jantan atau betinanya mengangguk dengan jambul sedikit mengembang.

Perbedaannya adalah Burung Jalak Nias betina tidak meluas jambulnya. Jika Burung Jalak Nias jantan sering dilatih dengan baik, maka suara yang dikicaukannya akan terdengar lebih nyaman.

Harga Burung Jalak Nias

Burung Jalak Nias senang sekali bertengger di dahan pohon di habitat aslinya. Jika ingin merawatnya, pastikan kandangnya ditaruh ranting kecil untuk penyesuaian. Berikan kandang yang cukup besar agar burung bisa leluasa bergerak di dalamnya. Atur jadwal mandi sebelum memberi makan, cara ini akan membuat burung lebih sejuk dan tenang saat makan. Berikan suplemen secara rutin untuk mendukung keagresifan burung jalak jenis Nias ini.

harga jalak nias dibagi menjadi tiga bagian yaitu anakan, bakalan dan burung dewasa. Khusus untuk harga anakan dimungkinkan untuk membelinya mulai dari 100 ribu hingga 500 ribu rupiah tergantung nego dengan penjualnya. Untuk harga burung dewasa dan jadi, Anda harus merogoh kocek antara 500.000 dan 1,5 juta rupiah per ekornya, untuk kelebihan dan kekurangan jalak nias tergantung dari penilaian kalian yang memiliharanya.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Pelatuk Bawang Agar Gacor

Suara Burung Jalak Nias

Burung Jalak Nias ini tergolong dalam kelas burung beo karena kecerdasannya dengan meniru suara yang berbeda sampai ke suara burung lain, hewan lain bahkan manusia. Ini juga salah satu alasan utama orang memburu Jalak Nias.

suara-jalak-nias

Burung Jalak Nias ini belajar meniru suara yang berbeda untuk bertahan hidup. Apalagi jika dilatih dengan baik, suara dan nada yang dihasilkan lebih variatif dan menarik. Jika pelatihan dilakukan secara rutin akan memberikan suara yang lebih enak didengar.

Latihan pada Burung Jalak Nias juga dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan mendengarkan audio mp3 dari perangkat Android Anda. Jika Anda seorang pemula, Anda dapat mendengarkan file mp3 kicau jalak nias gacor sehingga suaranya dapat bervariasi. Selain itu, Anda bisa membiarkan burung berinteraksi sehingga lebih ekspresif dan aktif.

dowload suara jalak nias gacor mp3 full isian

link | unduh

Cara Merawat Dan Memberi Makan Burung Jalak Nias

Burung Jalak Nias ini termasuk jenis burung pecinta air. Jadi melakukan pembersihan cukup mudah, yang harus anda lakukan adalah menyediakan tempat yang penuh dengan air, burung tersebut akan mandi dan basah dengan sendirinya. Selain itu, jika ingin lebih bersih tentunya Burung Jalak Nias ini bisa dimandikan secara rutin. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan kandangnya agar burung cantik ini tidak terserang penyakit yang bisa tentu saja membuatnya sakit.

Setelah Burung Jalak Nias dimandikan maka keringkan di bawah sinar matahari, pagi atau sore hari. Cara ini diyakini mampu menjinakkan burung ini. Setelah itu, jangan lupa untuk memindahkan burung ke tempat yang lebih teduh setelah beberapa lama berjemur.

makanan-jalak-nias

Berikan makanan Voer burung kicau dan air minum secukupnya pada cup yang ditaruh dalam kandang Burung Jalak Nias. Ini pastinya untuk menjaga stabilitas kesehatan dan porsi makan jalak nias.

Baca Selengkapnya :  8 Jenis Burung Kecil Dengan Suara Merdu Yang Banyak Diminati

Demikianlah pembahasan kali ini tentang jalak nias yang dapat Anda jadikan rujukan jika ingin memelihara jenis burung ini. Jangan lupa ikuti terus artikel menarik kami yang lainnya seputar info burung kicau disini. Semoga dapat bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari