10 Jenis Burung Peliharaan Untuk Pemula

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

jenis burung peliharaan pemula, halo sahabat kicau nusantara, kembali lagi masih tetap konsisten bersama situs resmi kami omkicau.id, nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit informasi seputar dunia burung kicauan yang ada di indonesia.

Ada banyak macamnya tipe burung di alam liar khususnya wilayah di dalam negri kita ini ya temen-temen, baik itu jenis kicauan yang merdu,

dan ukuran yang berbeda-beda itulah keindahan alam yang menyajikan untuk kita semua, agar selalu dijaga dan dirawat dengan baik ya.

Nah bagi temen-temen yang baru saja ingin mencoba terjun di dunia perburungan dan ingin belajar, memelihara burung yang mudah, kira-kira burung apa saja sih ?. yang mudah untuk para newbi (pemula) ini !.

Berikut jenis burung peliharaan dan harganya :

Burung Yang Mudah Dipelihara Dan Jinak


Lovebird

Burung lovebird ini sangat banyak yang menyukainya ya, tentu dari bentuk keindahan tubuh yang imut, jika dilihat dari bentuk paruh, mata, postur tubuhnya, hingga suara ngekeknya yang sangat istimewa yang menjadikan burung primadona ini sempat populer di tahun 2017 – 2019.

Nah di masa-masa itulah burung ini sempat berjaya-jayanya, sedan meroket dan naik daun lah istilahnya, baik dari para penghobi baru hingga harga jualnya yg sangat fantastis,

namun beberapa tahun belakangan ini tepatnya pada akhir tahun 2020 harga burung lovebird saat ini sungguh sangat memprihatinkan ya temen-temen,

apa mungkin disebabkan karena terlalu banyak para penangkar atau yang membudidayakan burung tersebut ya, jadi akhirnya menurunkan harga jualnya dipasaran.

Namun walaupun keadaan harga lovebird saat ini masih anjlok, tapi tidak menyurutkan para penghobi lovebird mania yang selalu konsisten dalam memberikan hal rawatan harian ataupun setingan lombanya ya.

Baca Selengkapnya :  Pasaran Harga Kenari F1

jenis-burung-peliharaan-dan-harganya

baca juga artikel lainnya : mengenal ciri fisik burung lovebird ngekek panjang

Parkit

Nah untuk burung parkit hampir mirip dengan burung love bird ya temen-temen jika diperhatikan sekilas, ya wajar saja karena masih dalam satu keluarga burung paruh bengkok ya.

Burung parkit ini di luar negri seperti amerika banyak sekali penggemarnya atau istilah mereka menyebut dan mengenal burung ini budgie parkeet, karena tergolong jenis burung kecil, mudah dirawat dan memiliki tingkat kecerdasan yang jauh dibandingkan jenis burung ocehan lainnya.

Di negara amerika serikat harga burung parkit ini bisa mencapai puluhan, bahkan ratusan dollar ya, wow luar biasa ya!. Berbeda dengan harga yang ditawarkan di negara lokal seperti kita ini, tentu sangatlah murah ya.

baca juga : perawatan burung parkit untuk pemula

Kenari

Jenis burung kenari ini juga termasuk kategori burung kecil yang memiliki banyak fansnya di berbagai wilayah, karena bentuknya yg indah dan suara lagu kicauannya juga sangat merdu dan enak di dengar,

serta keistimewaan lainnya dari kenari ini merupakan salah satu burung yang mudah dipelihara dan jinak.

bagi para kenari mania sudah pasti sering meramaikan suasana atsmosfer gantangan yang dibuka dikelasnya, biasanya pada event latber, latpres ataupun lomba besar sekalipun.

Untuk harga jual burung kenari ini masih tergolong stabil ya, tidak turun dan juga tidak memiliki kenaikan yang terlalu signifikan ya tement-temen,

ya setidaknya jika kalian ingin membeli dan mencoba merawatnya, tidak kesulitan juga untuk masalah harganya ya, karena masih terjangkau di berbagai kalangan. Baca juga : harga kenari f1

Kolibri Ninja

Untuk tipe burung kolibri ada berbagai macam ya, contoh seperti kolibri muncang, sepah raja, king konin, sogok ontong (sriganti), dan jenis lainnya,

namun dalam hal tahapan rawatan hariannya tentu intinya sama saja ya, karena masih dalam satu keluarga burung penghisap madu.

Burung kolibri ninja ini atau sering disingkat konin, semakin banyak peminatnya dari tahun ke tahun, terlebih sudah dibukakan juga kelas gantangannya,

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Pelatuk Bawang Agar Gacor

otomatis para penghobi burung kecil ini pada turut meramaikan untuk dapat merawat burung konin gacoannya masing-masing, agar bisa di ikut sertakan dalam aja kontes perlombaan.

Untuk harga yg ditawarkannya juga bervariasi ya, tergantung kualitas dan kondisi harga pasarannya.

Jalak Kebo

Burung jalak kebo ini berdasarkan hasil survey dilapangan, memang jarang sekali ya atau sedikit peminatnya, jika dibandingkan dengan jenis burung kicauan yg lainnya.

Ya mungkin saja karena belum diadakan kelas gantangannya, jadi para kicau mania ini kurang tertarik untuk memelihara burung jalak, khususnya untuk jenis jalak kebo ini!.

Akan tetapi tidak masalah ya, jika burung peliharaan ukuran besar kalian masih penasaran dan ingin mencoba memelihara jalak kebo ini !.

baca juga : makanan burung jalak kebo

burung-peliharaan-ukuran-besar

Jalak Suren

Untuk jenis burung ocehan jalak suren tentu berbeda dengan jalak kebo ya temen-temen, kenapa bisa dikatakan berbeda ?. Dari segi suara kicauannya, kemudian harga yang ditawarkan jauh lebih mahal tentunya.

Jalak suren ini juga sering dijadikan sebagai burung lomba dan bisa untuk masteran atau isian burung kicauan lainnya, maka dari itu tidak heran jika harga burung jalak suren ini agak beda ya!.

Nah untuk tipe jalak suren di indonesia ini yang terkenal dan sering dirawat oleh para kicau mania ada dua yaitu, jalak suren jawa dan kalimantan.

baca juga : harga burung jalak suren

Serindit

Burung serindit ini adalah jenis burung paruh bengkok yang jika dilihat sekilas ini mirip sekali dengan burung lovebird ya, namun bedanya burung ini asli lokal di indonesia habitat asalnya,

jika temen-temen orang yg super sibuk namun ingin memelihara burung kicauan, tentu sangat pas jika kalian membeli burung serindit ini untuk bunyi-bunyian dan meramaikan suasana dirumah,

karena perawatan serindit dasarnya tidak terlalu sulit, namun walaupun rawatannya mudah kalian juga tidak boleh menggampangkan tentang masalah rawatan hariannya ya.

Baca Selengkapnya :  Harga Burung Cendet

jenis-burung-yang-gampang-berkicau

Gelatik Batu

Jenis burung gelatik di indoensia cukup banyak ya, contohnya ada gelatik batu atau istilahnya wingko dan ada juga gelatik silver, sebenarnya sama saja akan hanya memiliki perbedaan pada warna bulu dan suara kicauannya saja.

Harga burung gelatik dipasaran saat ini tergolong masih murah, nah jika orang luar negri mengenal burung gelatik ini merupakan salah satu jenis burung finch yang memiliki performa terbaik ketika mengeluarkan suara kicauannya,

walaupun tubuhnya kecil namun tembakan ngerolnya kencang dan panjang.

Ciblek

Burung ciblek tentu bukan jenis burung yang asing lagi di telingan para kicau mania, baik itu yg masih senior sampai yang masih pemula sekalipun.

Seni memelihara burung ciblek ini sangatlah menantang ya, karena banyak setingan khusus yang harus kalian pahami dari segi karakter, kualitas dan pola rawatan hariannya yang harus konsisten.

baca juga : minuman burung ciblek agar gacor

Pleci

Jenis pleci di indonesia juga termasuk banyak jumlahnya, namun yang sering kita jumpai dan dirawat oleh para pleman nusantara ini adalah jenis pleci dakun ya atau istilahnya (dada kuning) yang sangat familiar ini.

Untuk kisaran harga burung pleci saat ini dipasarannya masih sangat stabil, dan untuk diberbagai event lomba juga peminat dan partisipasi penghobi pleci ini juga semakin tahun semakin melonjak ya.

Namun bagi kalian yg masih pemula, bukan suatu halangan dan takut memelihara burung akan kegagalan ya, karena orang sukses juga harus mencoba kegagalan dan humman erorr terlebih dahulu, hingga nanti akhirnya berpengalaman dan bisa sukses.

Demikianlah informasi yg bisa kami bagikan seputar jenis burung peliharaan pemula, dan kiranya bisa menambah wawasan temen-temen semuanya ya, semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari