jenis-burung-serindit

Jenis Burung Serindit (Makanan, Harga, Sangkar, dan Suara)

Burung serindit merupakan jenis burung kicau yang memiliki paruh bengkok dan ukuran tubuh yang mungil. Burung satu ini termasuk dalam family Psittacidae dimana burung ini memiliki habitat yang tersebar di Asia tenggara dan Asia Selatan. Burung satu ini memiliki 13 Jenis atau spesies yang berbeda-beda.

Burung serindit sendiri merupakan burung yang digemari oleh banyak pecinta burung. Beberapa alasan yang membuat burung ini banyak digemari adalah suaranya yang indah dan juga bisa diikutkan dalam perlombaan dan juga sering digunakan untuk pemasteran burung-burung lainnya.

Daerah yang sering mengadakan perlombaan burung serindit adalah Kalimantan dan Sumatera. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini.

Jenis-Jenis Burung Serindit Yang Harus Kamu Tahu


Burung serindit yang termasuk dalam keluarga Psittacidae dan termasuk dalam genus Loriculus memiliki 13 jenis yang berbeda-beda dan bisa dilihat berdasarkan daerah asalnya yang berbeda-beda dengan warna yang bervariasi yang tergantung gen yang mana burung ini berasal.

Berbagai macam serindit

Burung serindit yang berasal dari Indonesia sendiri ada 5 jenis spesies yakni burung serindit jawa, maluku, sulawesi, papua, dan juga flores. Sedangkan yang lainnya bberada di luar Indonesia seperti Serindit India, serindit Filipina, Serinditt Srilangka, dan masih banyak lainnya.

Burung serindit yang termasuk dalam kategori burung endemik atau dilindungi adalah burung serindit filipina atau philiphine hanging parrot. Makanan dari burung serindit satu ini lebih ke buah-buahan dan juga biji-bijian.

burung-serindit

Jenis burung serindit satu ini juga gemar mengkonsumsi nektar dan buah ara yang menjadi makanan favoritnya. Dari banyaknya jenis burung serindit,semua serindit mempunyai suara khasnya yang sangat bisa dijadikan pemasteran untuk burung lain.

Baca Selengkapnya :  Tips Perawatan Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi

Cara Merawat dan Pakan Burung Serindit

Memelihara jenis burung kicau satu ini tidak terlalu sulit tetapi juga tidak bisa disepelekan. Untuk merawat burung kuncinya adalah sabar, telaten, dan rutin. Karena burung kicau sendiri harus dimandikan dan diberi pakan yang diganti setiap hari. Setelah dimandikan pun harus dijemur. Berikut ini adalah detail cara perawatannya.

Sebelum memandikan burung serindit, kamu harus mengembunkannya dengan cara menaruhnya di luar ruangan saat shubuh selama sekitar 1-2 jam. Setalah itu barulah kamu bisa memandikannya dengan cara disemprot air Setelah itu jemur burunng serindit, tetapi jangan terlalu lama ya, cukup 1 jam saja.

Burung serindit ini berbeda dengan jenis burung kicau lainnya, kamu bisa memandikannya 1x dalam 2 atau 3 hari sesuai kondisi dari burung. Tapi jangan sampai tidak dimandikan selama seminggu, karena hal ini akan mengakibatkan burunug akan menjadi malas berkicau.

Cara perawatan lain dari burung ini yang bisa kamu lakukan selain memandikan dan memberi pakan adalah dengan melakukan pemasteran di sore hari sekitar 10 sampai 20 menit setiap harinya dan lakukan di tempat yang teduh.

Kamu bisa memberikan pakan berupa pakan milet atau cannaryseed biji-bijian atau bisa diseling dengan nasi putih yang sudah matang dan pulen setiap harinya. Untuk makanan tambahan seperti buah-buhan dan nektar, cukup berikan 2x selama seminggu.

Selain memberikan pakan sehari-hari yang digemari dan berkualitas oleh burung ini serta anda harus rajin dan konsisten dalam memandikan dan selalu menjaga kebersihan kotoran yang ada disangkarnya, kamu juga bisa memberikan air gula dan juga tambahan vitamin agar kondisi burung tetap fit dan juga burung serindit lebih cepat gacor.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Membedakan Murai Batu Betina Dengan Jantan

suara-burung-serindit

Suara Dan Harga Burung Serindit

Burung serindit sendiri memiliki harga yang bervariasi karena memang jenisnya yang beragam. Burung serindit memiliki kisaran harga mulai dari 100 ribu sampai 1 juta 500 ribu untuk burung serindit yang gacor dengan usia yang sudah mapan dengan bulu dada yang berwarna merah untuk sang jantannya dan memiliki berbagai macam variasi yang dimana burung tersebut juga sudah dilatih dilapangan atau arena kontes.

Suara Burung Serindit

Link | Download

Namun bagi anda yang masih pemula dan ingin belajar memelihara burung yang satu ini kami menyarankan untuk memilih anakannya dan berjenis kelamin jantan yang memiliki harga 100 ribuan saja, dengan bajet yang masih terjangkau tentunya om.

Itu adalah beberapa infromasi mengenai burung serindit beserta jenis-jenisnya. Jangan lupa untuk merawatnya dengan baik dan benar ya agar burung tersebut selalu dalam kondisi prima, sehat dan rajin berkicau, terima kasih. Semoga Bermanfaat.