burung-gelatik

Mengenal Jenis Burung Gelatik (Makanan, Suara dan Harganya)

burung gelatik – Memelihara burung kicau menjadi salah atu kegiatan yang mulai banyak dilakukan oleh masyarakat. Selain karena menjadi sebuah hobi, memelihara burung juga menjadi salah satu hal yang cukup menguntungkan.

Apalagi jika burung tersebut memiliki kicauan yag merdu dan gacor sehingga dapat diikutkan kontes kicau. Salah satu burung yang cukup banyak diminati adalah burung gelatik. Agar lebih mengetahui tentang burung dari genus Padda tersebut, yuk simak ulasan di bawah ini.

Jenis Jenis Burung dari Genus Padda yang ada di Indonesia

Terdapat beberapa jenis burung dari genus ini yang tersebar di wilayah Indonesia, diantaranya jenis batu, jawa, silver, putih dan coklat. Tentunya setiap jenis burung tersebut memiliki perbedaan fisik dan warna bulu dan suara kicauan.

Seperti halnya burung batu yang memiliki panjang rata rata sekitar 13 cm. Adapun warna bulu dari burung ini merupakan kombinasi dari tiga warna yaitu hitam, putih dan abu abu.

Burung ini lebih banyak didominasi oleh warna hitam dengan suara kicauan yang merdu dan bervariasi. Umumya, jenis burung ini sangat aktif bergerak saat berada di atas pohon. Bahkan burung ini seringkali naik turun pohon dengan cepat dan lincah. Sedangkan ketika memasuki musim berkembang biak, burung ini biasanya dapat mengeluarkan telur sekitar 4-5 butir.

gambar-gelatik

Burung gelatik yang cukup populer di kalangan kicau mania adalah burung jawa. Burung ini memiliki warna perut coklat yang sedikit kemerahan. Terdapat lingkaran merah di sekitar matanya. Kicauan burung ini tergolong cukup menarik dan merdu, apalagi dengan suara tembakannya. Maka tak heran jika burung ini memiliki banyak penggemar di luar negeri.

Baca Selengkapnya :  Harga Burung Bultok Beserta Mitos Dan Suara Kicauannya

Ada juga burung silver yang memiliki paruh dengan warna cerah. Namun, bagian tepinya berwarna sedikit kekuningan. Sebagian besar warna bulunya adalah abu abu dengan bagian samping bodi berwarna putih. Panjang kaki dari burung jenis ini bisa mencapai 15 cm. Terdapat dua variasi warna dari burung gelatik jawa antara lain light silver java dan dark silver java.

Suara Burung Gelatik Gacor

Link | Download

Makanan yang Tepat untuk Burung dari Genus Padda Agar Cepat Gacor

Bagi anda yang merawat burung ini, tentunya memerlukan informasi mengenai jenis makanan yang tepat agar burung mudah gacor. Kebanyakan jenis burung ini sangat menyukai serangka kecil ketika hidup di alam liar. Tentunya, ketika anda sedang merawatnya, maka perlu memberikan jenis makanan yang sama saat burung gelatik ketika hidup di alam liar.

makanan burung gelatik yang alami bisa anda berikan antara lain adalah jangktik, ulat hongkong dan kroto. Jangkrik memiliki manfaat yang sangat penting bagi burung ini karena dapat memenuhi asupan protein, asam lemak, dan hormon. Tentunya hal ini sangat mendukung kesehatan burung sehingga dia lebih rajin untuk berkicau.

suara-burung-gelatik

Anda juga bisa memberikan makanan berupa ulat sebagai pakan tambahan. Namun, dalam catatan memberikannya dengan jumlah yang tepat dan seimbang. Tentunya pakan tambahan ini sangat mudah anda dapatkan, yaitu dengan membelinya di pasar unggas. Selain memberikan pakan alami, anda juga bisa memberikan pakan buatan untuk burung gelatik dengan meraciknya sendiri di rumah.

Burung dari genus Padda ini memang cukup banyak diminati oleh para pecinta burung, baik hanya untuk didengarkan kicauannya di rumah, maupun diikutkan kontes kicau. Ada beberapa jenis burung ini diantaranya batu, Jawa dan silver.

Baca Selengkapnya :  Tips Cara Merawat Cucak Rowo Agar Rajin Bunyi

harga burung gelatik ini berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu, sedangkan yang anakan biasanya dipatok mulai dari Rp 80 ribu. Harga yang paling mahal berasal dari jenis putih yang panda gacor yaitu sekitar Rp 1 juta.