kolibri

Jenis Kolibri Beserta Gambar, Makanan, Harga dan Suara

Kolibri – untuk pecinta burung kicauan, keberadaan burung satu ini pun sudah tak asing lagi. Pasalnya, burung kolibri merupakan salah satu jenis burung yang terkenal dikarenakan mempunyai berbagai macam ragam jenis.

Selain itu, corak warna dan suaranya pun tergolong sangat indah. Sehingga tidak heran jika kepopuleran dari burung satu ini pun telah dikenal hingga ke penjuru dunia. Untuk lebih jelasnya, simak berbagai macam jenis burung satu ini.

Mengenal Berbagai Macam Burung Dengan Warna Yang Indah Ini


Jenis Ninja atau Konin

Burung dnegan jenis satu ini memiliki nama latin yakni Kleptocoma Sperata. Untuk habitat dari burung satu ini berada di pinggir hutan. Dimana hutan tersebut memiliki ketinggian yakni hingga mencapai 200 mdpl.

Selain itu, burung ini pun juga akan sering ditemukan di daerah pesisir pantai dan juga hutan karet. Burung ini pun memiliki ciri khas yakni dengan tubuh yang sangat kecil yakni hanya berkisar 10 cm saja.

Untuk makanannya sendiri, burung ini biasanya akan senang jika diberi madu. Madu sendiri merupakan makanan terbaik untuk burung kolibri dengan jenis ini. Hal ini dikarenakan kaya akan nutrisi dan juga merupakan sumber vitamin yang baik untuk tubuh.

kolibri-ninja

Selain itu, anda pun juga bisa memberikan nektar, yakni berupa cairan manis yang terdapat di dalam madu ataupun di dalam bunga. Anda pun juga bisa memberikan makanan ekstra untuk burung satu ini.

Burung ini pun juga memiliki suara yang merdu dengan gacoran yang sangat khas sekali. Untuk anda yang tertarik dalam memeliharanya, maka anda pun bisa merogoh kocek yang agak dalam.

Baca Selengkapnya :  Suara Burung Cililin Tembakan Panjang Baik Untuk Isian

Hal ini dikarenakan burung satu ini memiliki harga yang cukup mahal yakni dibanderol dengan harga mulai dari 500 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah.

Suara Kolibri Ninja

Link | Download

Jenis Sepah Raja

Untuk burung kolibri sepah raja ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh burung lain. Dimana burung satu ini pun mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sangat kuat.

Meskipun ukuran tubuhnya cenderung lebih kecil yakni hanya sekitar 13 cm, akan tetapi burung ini pun mempunyai warna yang sangat cantik. Untuk yang jantan biasanya akan ditemuia dengan warna merah yang terang.

kolibri-sepah-raja

Untuk habitatnya sendiri, burung ini pun menghuni kawasan hutan tropis dan juga anda pun akan sering menjumpainya di pohon cerry ataupun di perkebunan. Makanan yang biasa dimakan oleh burung ini adalah dengan menghisap sari bunga ceri sehingga anda pun tak perlu heran jika sering menjumpainya di pohon cerry.

Burung yang memiliki suara merdu ini pun juga bisa anda beli dengan merogoh kocek yakni sekitar 150 ribu hingga 250 ribu rupiah.

Suara Kolibri Sepah Raja

Link | Download

Jenis Kelapa atau Manggar

Untuk jenis burung satu ini merupakan jenis burung yang memiliki ukuran tubuh yakni berkisar 13 cm. Akan tetapi, burung ini mempunyai jenis paruh yang cukup besar jika dibandingkan dengan jenis yang lain. Untuk suaranya sendiri, jenis satu ini pun tak jauh berbeda dengan jenis yang lain.

Hanya saja yang membedakan adalah memiliki suara khas besetan yang rapat. Selain itu, juga melengking dan cukup lantang. Sehingga tak mengherankan jika jenis kolibri satu ini pun kerap kali dijadikan sebagai master kicau untuk jenis burung yang lain.

Burung yang mempunyai nama latin yakni Anthreptes Malacensis ini dapat dengan mudah untuk anda jumpai di tempat seperti hutan mangrove, daerah tepi pantai dan juga perkebuanan kelapa.

Baca Selengkapnya :  Harga Burung Sirtu Beserta Gambar Dan Suara Kicauannya

Selain itu, burung ini pun termasuk jenis burung yang dilindungi. Hal ini dikarenakan memiliki peranan dalam penyerbukan bunga secara alami.

Untuk makanannya sendiri burung dengan jenis kelapa ini pun bisa anda beri makan berupa buah pisang. Hal ini dikarenakan burung ini cenderung mneyukai makanan yang manis, sehingga anda pun bisa memberikan makanan berupa pisang.

Selain itu, anda pun juga bisa memberikan air gula yang bisa anda jadikan alternatif makanan yang cukup disukai oleh burung ini. Bagi anda yang tertarik untuk memeliharanya, maka anda pun bisa merogoh kocek 100 hingga 300 ribu rupiah.

Suara Kolibri Kelapa

Link | Download

Jenis Sriganti atau Sogok Ontong

Untuk burung satu ini cenderung memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, dimana hanya berukuran 8 hingga 10 cm saja. Untuk warnanya sendiri, jenis dari burung satu ini yang pejantan adalah memiliki warna tubuh berwarna kuning pada bagian bawah.

kolibri-sriganti

Sedangkan untuk dagu dan juga bagian atas mempunyai warna ungu yang agak mengkilat dan juga berwarna hijau pada bagian punggung. Untuk habitatnya sendiri, burung dengan jenis satu ini biasanya tinggal di perkebunan, hutan mangrove dan juga pekarangan.

Jenis makanan dari burung sriganti ini pun tak hanya nektar ataupun sari bunga saja melainkan juga beragam buah buahan yang mengandung banyak gula, seperti pepaya. Untuk anda yang tertarik untuk membelinya maka anda pun bisa merogoh kocek yakni 100 ribu hingga 400 ribu rupiah.

Suara Kolibri Sogon (Sogok Ontong)

Link | Download

Jenis Wulung Atau Muncang

Burung kolibri satu ini memiliki nama latin yakni Antreptes Singalensis ini dikenal sebagai salah satu burung dengan jenis petarung. Hal ini dikarenakan burung satu ini mempunyai mental yang cukup bagus. Untuk ukuran tubuh dari burung satu ini pun juga memiliki ukuran yang tergolong kecil, yakni hanya berkisar 10 cm saja. Burung satu ini mempunyai ciri khas yakni memiliki mahkota.

Baca Selengkapnya :  4 Jenis Burung Cucak Ijo Terbaik Beserta Harga Pasarannya

kolibri-wulung

Untuk mahkotanya sendiri terdapat pada jenis wulung jantan dan bagian atasnya mempunyai warna tubuh yakni hijau tua dan mengkilap. Sedangkan untuk warna pipinya, memiliki warna merah dan untuk bagian leher dan dadanya mempunyai warna coklat.

Sedangkan untuk yang betina, burung ini mempunyai warna tubuh hijau zaitun dan juga mempunyai warna yang lebih pucat jika dibandingkan dengan warna tubuh dari burung yang jantan.

Untuk habitatnya sendiri dari burung satu ini adalah berada di kaki gunung. Dimana burung dengan jenis wulung ini pun akan lebih suka untuk berpindah pindah tempat dengan menuju tempat yang lebih tinggi.

Untuk hidupnya sendiri pun, burung kolibri dengan jenis wulung ini pun kerap kali bergerombol. Sedangkan, burung satu ini juga menyukai jenis makanan yakni seperti serangga kecil, ulat dan juga madu, dimana burung lain pun juga menyukainya.

Untuk suaranya sendiri, burung dengan jenis wulung atau muncang ini pun juga memiliki suara yang merdu. Sehingga kerap kali jenis ini pun juga dijadikan sebagai burung masteran. Untuk anda yang berminat memeliharanya di rumah, maka anda pun bisa membelinya dengan merogoh kocek yakni sekitar 300 ribu rupiah.

Suara Kolibri Muncang

Link | Download

Dengan mengetahui ciri ciri dan jenis dari burung satu ini, maka anda pun nantinya akan lebih mudah untuk mengenalinya. Selain itu, anda pun nantinya juga akan lebih gampang untuk memilih jenis burung yang sesuai dengan keinginan anda. Serta anda pun juga bisa menyesuaikan dengan budget yang anda miliki untuk membeli burung satu ini.