Mengenal Burung Frigate Yang Unik dan Menawan

Burung Frigate – Sobat omkicau, masih membahas tentang fauna unik yang ada di dunia yang tentunya menarik untuk kita simak. Cikalang atau frigatebird merupakan salah satu unggas pemakan

ikan. Tak heran mengapa dia sangat suka hidup di tepi pantai dan bisa terbang dalam ketinggian. Yang menjadi salah satu keunikan yang memang seunik – uniknya ialah kalau kalian tahu burung

nokturnal yang aktif di malam hari tapi siangnya tidur dan sebaliknya diurnal yant tidur malam hari, siangnya aktif beraktifitas. Tapi untuk frigate ini bisa tidur sambil aktif terbang

baik di siang dan malam hari. Loh kok bisa begitu? menurut tim peneliti dari Jerman, mereka ingin tahu bagaimana cara membedakan mana frigate yang sedang tidur dan tidak.

Mereka menggunakan peralatan yang bisa membaca gelombang otak pada burung dimana ketika tidur gelombangnya menjadi lemah dan ketika tidak tidur menjadi cepat. Lalu apa sih burung

frigate itu dan bagaimana bentuk fisik dan karakternya ? jangan khawatir karena di artikel ini akan kita kupas tuntas sampai habis jangan lupa dibaca ya sobat omkicau.

burung-frigate

Ulasan Mengenai Burung Frigate Si Perompak

Ciri – Ciri Fisik Burung Frigate

1. Kalau kalian perhatikan pada bagian paruhnya panjang dan besar diujungnya sedikit bengkok dan juga ketika membuka paruh terdapat kantong untuk menyimpan makanannya seperti

halnya pada burung pelikan. pada frigate dewasa bagian paruh berwarna hitam sedangkan yang masih anakan berwarna putih dan lebih tipis karena memang masih muda usianya.

2. Memiliki bulu yang berwarna hitam metalik di seluruh tubuhnya, pada pejantan lebih pekat lagi dibandingkan yang berkelamin betina masih terlihat kusam.

3. Ekornya tidak rata dibagian kedua ujungnya runcing dan bagian tengahnya membentuk sudut segitiga seperti burung walet.

4. Untuk Frigate jantan memiliki kantong tenggorokan berwarna merah yang bisa menggembung. bukan untuk menyimpan makanan melainkan untuk menarik perhatian si betina.

Konon semakin besar menggelembung maka semakin menawan karena betinanya tidak memiliki kantong tenggorokan seperti itu.

4. Sayapnya panjang sehingga membuat dia dengan mudah terbang tinggi, bahkan ketika dia merentangkan sayapnya bisa mencapai 2 meter.

jenis burung

Habitat dan Penyebarannya

Karena merupakan burung pemangsa ikan, tentunya habitatnya berada di tepi pantai supaya lebih mudah dalam mencari makanan. dia tidak bersarang dipohon karena para musim kawin

dia akan membuat sarang di tepi pantai untuk meletakkan telurnya yang nantinya akan di tutupi oleh pasir sedangkan para indukannya baik pejantan maupun betinanya akan mencari makanan.

Penyebarannya cukup luas bahkan sampai ke benua eropa dan samudra pasifik menjadi salah satu tepi pantai yang strategis dan mudah dalam mencari makanan.

burung cakalang

Karakteristiknya Di Alam Bebas

Burung ini disebut burung perompak atau perampok yang doyan mencuri, karena dia kerap kali merebut makanan satu sama lainnya meskipun sudah berhasil ditangkap individu lainnya.

Dia memiliki kekerabatan dengan burung pelikan atau biasa disebut pelikan berbulu hitam. Dia dapat ditemukan di kawasan pantai barat eropa. Meskipun garang dalam keseharian

dalam musim kawin mereka akan sangat lembut seperti halnya pasangan yang sangat romantis.

Makanan Kesukaan Burung Frigate

Tentunya sudah dipastikan ketika kalian melihat paruhnya sudah tahu bahwa dia merupakan burung pemakan ikan – ikan kecil seperti burng pelikan.

Nah sobat omkicau, itulah tadi ulasan lengkap mengenai burung frigate semoga bisa kalian baca dan bermanfaat menambah pengetahuan kalian. Terus update informasi lainnya

bersama omkicau. Terimakasih banyak untuk kalian yang sudah setia bersama kami dan semoga kita dalam keadaan sehat serta sukses selalu ya manteman. salam kicay mania.