cara-merawat-lovebird

Cara Merawat Lovebird Harian Dan Ke Arah Kontes Lomba

cara merawat lovebird – dalam memelihara burung kicauan khususnya jenis love bird ini, dapat diklasifikasikan menjadi 3 tahapan, perlakuan awal ketika burung baru saja anda dapatkan atau anda beli dari si pemilik lamanya ataupun di pasar ombyokan, rawatan rutin yang harus dilakukan, serta berujung nantinya kepada persiapan menuju kontes.

Berikan waktu untuk burung dapat beradaptasi terlebih dahulu pada lingkungan baru disekitar rumah anda, serta menyesuaikan settingan baru yang anda berikan dan pasti berbeda dengan rawatan setingan atau burung itu tidak terurus dari pemilik lamanya, kondisikan di tempat yang tenang, aman dan nyaman. Tidak disarankan untuk memandikan atau menjemur burung love bird tersebut, jika masih dalam proses pengadaptasian.

Karakter burung lovebird untuk dapat beradaptasi berbeda-beda dari setiap jenisnya, tergantung dari mental burung itu, apakah berkualitas ataukah standar pada umumnya, biasa normal waktu pengadaptasian sekitar 2 sampai 3 hari, jika siburung sudah terlihat nyaman dan sering berkicau, mengeluarkan suara ngekek, lebih cenderung tidak lagi grabak-grubuk berarti burung bisa dikategorikan sudah mulai beradaptasi dengan baik dan boleh langsung anda lanjutkan kepada rawatan harian.

jenis-lovebird-berkualitas

Tips perawatan harian burung love bird


Perawatan harian yan baik dan konsisten setiap harinya, adalah modal dasar untuk membentuk karakter si burung tersebut lebih terlatih, dan mudah dipahami untuk memaksimalkan durasi kerja, dan kualitas suara kicauan yang dimilikinya sesuai dengan keinginan kita sebagai pemiliknya, baik hanya untuk dijadikan bunyi-bunyian dirumah saja, ataupun sampai kita setting menjadi juara di arena kontes nantinya.

Berikut langkah-langkah perawatan lovebird pada umumnya :

– Mandi

Khusus untuk jenis burung lovebird ini sendiri sangat menyukai yang namanya mandi, dan sangat senang bermain-main dengan air. Jadi anda sebagai pemiliknya wajib memandikan burung paruh bengkok ini rutin setiap hari disesuaikan dengan rawatan setingan jadwal pemandian yang tepat dan sudah terbiasa.

Cara yang baik dalam memandikan burung lovebird ini harus di semprot halus menggunakan semprotan sprayer hingga bulu tubuh lovebird ini basah kuyup dari kepala hingga ujung kakinya. Ada baiknya anda juga boleh menggunakan shampo untuk merawat bulu lovebird ini agar terlihat bersih, segar, dan terhindar dari serangan kutu atau parasit yang dapat merusak bulu burung lovebird tersebut, anjuran disarankan gunakan pemakaian shampo burung maksimal seminggu 1 sampai 2 kali saja.

Baca Selengkapnya :  Mengetahui Mitos Burung Srigunting, Karakter, Habitat, Makanan

– Penjemuran

Dalam melakukan penjemuran untuk burung lovebird ini sangat dianjurkan setiap hari, asalkan kondisi burung tidak lagi sedang mabung ya, waktu maksimal durasi penjemuran burung lovebird sekitar 1 sampai 2 jam.

Teknik penjemuran burung lovebird ini ada baiknya posisi kandang harus berada dibawah , di dasar lantai. Tidak disarankan untuk menggantung kandang burung ketika dijemur, karena dengan penjemuran yang diletakkan di bawah ini bertujuan untuk melatih mental burung agar biasa di keramaian, dan lebih menikmati proses penjemurannya dengan sempurna. Namun harus diawasi dari ganguan hewan seperti kucing yang bisa mengganggu dan membuat stres burung tersebut.

– Pakan Dan Minum Berkualitas

Makanan pokok burung love bird ini yang wajib anda berikan setiap harinya adalah milet putih, atau biji-bijian. Disarankan beli saja milet yang kiloan di kios burung terdekat, kemudian milet yang baru anda beli jangan langsung diberikan kepada burung lovebird anda, melainkan harus di bersihkan atau direndam terlebih dahulu di air / di ember, fungsinya untuk memilih pakan milit yang berkualitas yang tenggelam didasar dan tidak mengapung, jika ada yang mengapung di bersihkan karena itu hanya kulit dari milet saja yang kosong.

perawatan-harian-lovebird

Jika sudah di sortir dan dipastikan milet harus kering terlebih dahulu, jemur milet di bawah terik sinar matahari sampai kering, baru anda dapat memberikannya kepada burung lovebird anda untuk dapat dikonsumi dengan baik dan aman. Boleh anda seling dengan menggunakan cannary seed seminggu sekali yang dimana kandungan canary seed ini sangat baik untuk memupuk birahi burung tersebut dan menyeimbangkan hormon dari burung lovebird agar bisa bisa mengeluarkan suara khas ngekeknya.

Selain biji-bijian bisa anda variasikan menggunakan jagung muda yang manis, sayur kangkung, dan hanya batangnya saja yang diberikan kepada burung lovebird.

Baca Selengkapnya :  Inilah Rahasia Makanan Burung Kapas Tembak Supaya Gacor

Minum yang memiliki kualitas baik dan layak diberikan kepada burung lovebird setiap hari adalah air putih biasa, namun harus dalam keadaan yang bersih, fresh dan sudah dimasak dengan matang. Tidak disarankan memberi air minum yang masih mentah ya.

– Kebersihan Kandang

Burung paruh bengkok seperti lovebird ini rata-rata memiliki kebiasaan yang tidak tertib dalam hal makanan yang di pakannya pasti berantakan kemana-mana sisa-sisa kulit yang berceceran dibawah dasar tatakan kotorannya, dan pastinya anda juga harus rajin untuk membersihkan kotoran kandangnya setiap hari maksimal 2 kali sehari.

Kebersihan tentunya menjadi faktor kenyamanan dari setiap jenis burung kicauan, khususnya untuk jenis burung lovebird itu sendiri, logikanya jika burung nyaman dan sehat otomatis bisa rajin berkicau pastinya, dan kita yang menempatkan posisi si kandang juga lebih nyaman dan tidak bau kotoran.

– Pemberian Multivitamin

Untuk mengantisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan pada burung kesayangan kita, tentunya dalam pemberian vitamin burung kicau perlu dilakukan, akan tetapi tidak boleh terlalu sering-sering memberinya, gunakanlah sesuai aturan kemasan vitamin yang anda gunakan, agar tidak menyalahi aturan dan salah dalam penggunaannya.

Tips perawatan ke arah kontes


Dalam memelihara burung lovebird yang siap untuk dikonteskan memang bukanlah hal yang mudah, semua butuh pengorbanan, baik modal, waktu, tenaga dan pikiran. Akan tetapi yang namanya hobi sudah melekat didalam jiwa para lovebird mania, tidak menjadi penghalang untuk terus mencoba dan bereksperimen mengutak-atik setelan, setingan agar dapat memaksimalkan gacoannya agar bisa moncer dilapangan dan mendapatkan prestasi tentunya.

lovebird-kontes

Intinya dalam melakukan perawatan yang mengarah ke kontes ini, tidak lepas dengan rawatan harian yang anda berikan, karena saling terkait dan berpengaruh besar terhadap pembentukan karakter burung tersebut. Berikut beberapa hal yang harus anda lakukan untuk dapat mencetak burung lovebird juara di arena kontes.

– Settingan Pemberian EF (Extra Fooding)

Dalam memberikan pakan tambahan ektrafooding untuk gacoan burung lovebird kontes tidak boleh asal-asalan, melainkan anda harus mengetahui persis atau kiranya pakan tambahan mana yang cocok, aman dan disukainya untuk bertujuan mengatur tingkat birahi si burung lovebird tersebut ketika sebelum, saat dan sesudah digantang agar mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.

Baca Selengkapnya :  Download Suara Kenari Gacor Mp3 Ngerol Panjang Jernih

Anda butuh waktu proses yang panjang pastinya untuk menemukan setingan EF yang tepat untuk burung gacoan anda. Baiknya anda tidak usah takut dalam mencoba dan menganalisa bagaimana setingan pakan yang telah diberikan, maka amati kinerja dilapangannya seperti apa ?. Begitu seterusnya hingga mendapatkan setingan yang pas. Jika anda sudah menemukan setingan yang pas untuk burung lovebird anda sendiri, setidaknya anda sudah memiliki modal awal mencetak burung jawara yang berprestasi.

– Memaster burung

Pemasteran wajib dilakukan setiap harinya, diusahakan 24 jam nonstop baik menggunakan burung asli (hidup) yang sudah gacor mapan, ataupun menggunakan suara audio mp3 yang dapat anda setel dan disesuaikan dengan materi yang anda inginkan.

Untuk kualitas suara isian pada burung lovebird ini memang mendapatkan point penilaian yang tidak terlalu besar, hanya point tambahan untuk pelengkap agar si burung tersebut tidak terlalu monoton membawakan irama lagunya, yang menajdi dasar penilaian tertinggi yang dipantau oleh juri adalah durasi ngekek yang dibawakan berirama dengan mengkombinasikan dengan materi isian yang dimiliki burung lovebird anda.

Jadi baiknya dalam memaster burung lovebird diselang seling dengan persentase suara ekeke panjang 80% serta 20% sisanya burung ocehan jenis lainnya, seperti ngerol kenari, kapas tembak, tengkek buto yang nantinya jika burung anda mampu menangkap persentase suara yang diberikan dan dimasteri secara rutin setiap harinya, maka burung lovebird gacoan anda sudah pasti memiliki percaya diri yang tinggi untuk memboyong piala, tropi, sertifikat yang disediakan oleh sang juri.

Demikian ulasan yang dapat kami berikan sesuai dengan pengamatan, dan pengalaman pribadi dan temen-temen pemain lovebird mania di nusantara kita indonesia, semoga dapat menambah wawasan dan dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.

Baca juga artikel lainnya seputar burung love bird :