cara-menjodohkan-lovebird

Cara Menjodohkan Lovebird

Assalamualaikum wr wb, apa kabarnya sahabat kicau semua!. Mudah mudahan selalu diberikan kesehatan ya, dan tetap konsisten merawat burung gacoannya agar dapat selalu menghibur dan menemani disaat anda sedang suntuk tentuya. Okeh Pada pembahasan kali ini OmKicau.ID akan membahas dan membagikan tips bagaimana cara menjodohkan burung love bird ini dengan mudah agar semua dapat berjalan lancar ketika proses reproduksi ternak burung tersebut.

Jika anda mempunyai keinginan untuk membudidaya / ternak burung paruh bengkok ini (love bird) maka teknik dasar mengetahui jenis yang mempunyai kualitas baik atau tidaknya anda harus mengetahui juga indukan yang kalian pilih dapat serasi jodoh atau tidak, hal ini adalah modal dasar ya temen-temen harus kuasai.

Sebelum anda melakukan perjodohan, anda sebagai pelaku (peternak) setidaknya harus mempersiapkan terlebih dahulu indukan yang akan anda pilih untuk dikembangbiakan agar mendapatkan generasi yang berkualitas bagus tentunya.

ternak-lovebird

Sebelum itu anda harus mengidentifikasi dari jenis kelamin baik membedakan jantan dan betinanya yang sekiranya dapat memilih indukan yang layak untuk dijodohkan. Untuk mengidentifikasi dari jenis kelamin burung lovebird tersebut memang agak sedikit sulit ya, sehingga butuh sedikit trik-trik tertentu untuk memastikan keakuratannya.

Ada dua cara yang dapat anda gunakan untuk menjodohkan burung love bird ini yang dimana bisa anda pilih sesuai dengan kondisi, dan kemampuan anda untuk merawat burung tersebut yang kiranya menurut anda paling mudah untuk diterapkan! Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Trik menjodohkan lovebird koloni

Cara ini memang jarang sekali para pemula yang menggunakan, biasanya para peternak pemula banyak yang mengalami kesulitan dalam menentukan jenis kelamin yang dimana juga harus menyediakan tempat yang banyak memakan ruang kapasitas volume yang memadai.

Baca Selengkapnya :  5 Jenis Burung Murah Tapi Bukan Murahan

Kelebihan menggunakan cara ini memang sungguh praktis, biarkan siburung lovebird memilih pasangannya sendiri yang mana menurut insting mereka masing-masing tidak terlalu dipaksakan. Akan tetapi modal yang dibutuhkan juga pasti otomatis jauh lebih besar jika dibandingkan dengan ternak tunggul perpasangan.

Dalam ukuran kandang koloni yang baik bisa banyak menampung burung-burung lovebird ini dengan jumlah banyak minimal 10 pasang / 20 ekor burung lovebird. Namun semakin besar kandang dan jika burung yang dimasukan dapat menampung dalam jumlah yang lebih banyak maka akan semakin baik.

kandang-koloni

Trik menjodohkan lovebird soliter (tunggal)

Dengan melakukan cara penjodohan menggunakan satu kandang produksi yang berukuran sedang akan tetapi hanya untuk sepasang indukan lovebird, nah cara ini sering banyak dilakukan oleh para penghobi ternak (budidaya burung lovebird) yang sangat kecil resikonya ata modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar seperti menggunakan dengan cara koloni.

Pilihlah burung lovebird indukan baik yang jantan dan betina yang kiranya sudah memiliki usia kurang – lebih sekitar 1 sampai 2 tahunan lah. Pada usia tersebut burung dapat dikategorikan sudah siap kawin (mapan) yang memiliki reproduksi yang sedang aktif siap untuk diternak.

Namun anda juga harus mencermati / menganalisa kondisi birahi indukan yang ingin dijodohkan, apakah kira-kira sudah masuk masa birahi atau musim kawin. Yang dimana anda juga harus menspulai dengan asupan pakan yang mendongkrak birahi si burung ketika menjalani proses ini.

Sebelum burung disatukan ke dalam kandag produksi, anda harus menempuh jalur pengenalan satu sama lain indukan yang sudah ditentukan sebelumnya dengan cara mendekatkan sangkar indukan jantan dan betina bersebelahan. Ingat jangan terlalu terburu-buru untuk menyatukan ke dalam satu sangkar ya, karena yang dikhawatirkan nanti burung akan kaget (stress) dan mungkin akan berkelahi dan lebih gawatnya lagi bisa ada korban nantinya.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor Dor, dan Ngeplong

kandang-soliter

Namun apabila burung sudah terlihat akrab, dan saling saut menyaut kicauan ngekek atau mulai ngetik-ngetik. Apabila beristirahat (tidur) kedua burung ini saling berdekatan. Intinya kedua indukan jantan dan betina tidak terasa terancam dan ketakutan, baru boleh disatukan di dalam kandang yang agak lumayan besar (soliter) untuk perkawinan reproduksi di dalam kandang ini juga harus disediakan glodok tentunya.

Rawatlah burung ini selama 2 minggu yang di berikanlah pakan yang baik seperti kangkung, tauge dan biji kenari seed, ketika masih dalam masa penjodohan / reproduksi, agar dapat merangsang dan membuat birahi burung semakin tinggi dan akhirnya bisa cepat berjodoh dan langsung kawin.

Apabila sudah melewati waktu yang ditentukan berikanlah kulit jagung yang sudah kering, letakan saja di dalam kandang produksinya, apabila burung tersebut merespon dan mau mengunjal jerami kulit jagung kering berarti burung siap untuk bertelur.

Demikian informasi cara menjodohkan burung love bird yang dapat kami berikan sesuai dengan pengalaman yang dapat anda praktekan langsung untuk lovebird ternak anda dirumah. Semoga bermanfaat.