poksay-hitam

Ciri Poksay Jambul Hitam Beserta Suara Dan Harganya

poksay hitam, salah satu jenis yang paling diminati oleh banyak orang adalah jenis burung poksay yang jambul hitam dan juga jambul poksay berjambul putih.

Poksay berjambul putih memiliki wara bulu yang dominan dengan warna coklat dan warna putih. Sedangkan poksay jambul hitam memiliki warna dominan hitam. Maka dari itu jenis burung poksay satu ini sering disebut dengan burung poksay hitam. Poksay jambul hitam sendiri adalah jenis burung yang memiliki sifat penetap dan mudah ditemmui di hutan yang ada di daerah pegunungan sumatera.

Nama latin dari burung poksay hitam ini adalah Black Garrulax leucolophus. Suara kicauan dari poksay jambul hitam ini juga sangat unik dan hampir sama dengan poksay jambul sumatera karena memang habitatnya yang sama. Untuk lebih mengenal dengan jenis burung poksay satu ini, yuk simak ulasannya berikut ini.

Mengetahui karakter burung poksay hitam


Ciri Khas dan Harga Burung Poksay Berwarna Hitam

Ciri khas dari burung poksay hitam yang sangat menonjol dan bisa dilihat dari jauh adalah bulunya yang berwarna hitam di sekujur tubuhnya dan warna kuning kemerahan atau menyerupai warna orange yang berada di paruh burung tersebut.

Poksay warna hitam yang bukan merupakan burung endemik, mudah ditemui dan memiliki harga murah di kisaran 150 ribu sampai 300 ribuan saja.

burung-poksay-hitam

Kombinasi warna yang sangat simple antara gelap dan terang yang tidak terlalu kontras membuat tampilan dari burung poksay satu ini terlihat keren dan menawan. Ukuran tubuh dari burung poksay berwarna hitam ini juga cukup besar, kurang lebih sekitar 25 cm. Kakinya yang kokoh pun juga berwarna hitam pekat.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Trucuk (Makanan, Harga, Suara)

Suara Khas Dari Burung Poksay Jambul Hitam

Burung poksay hitam satu ini juga memiliki sauara kicauan yang unik dan mempunyai fungsi masing-masing yang berguna untuk berkomunikasi dan mempertahankan diri. Poksay juga dikenal dengan burung yang aktif dan rajin berkicau. Poksai warna hitam ini memiliki sauara khas yang sama dengan poksai jambul lainnyayakni suara ringkihan atau suara tertawa histeris.

Saat berada dalam ancaman atau merasa tertekan, burung poksay hitam ini akan mengeluarkan suara kicauan seperti teriakan. Suara kicauannya pendek, berulang-ulang dan sangat keras.

gambar-burung-poksay-hitam

Selain itu saat memanggil burung lainnya, sauara yang dikeluarkan memiliki nada yang jelas serta keras dan suaranya terdengar seperti “hup”. Kicauan yang dihasilkan oleh poksay jantan lebih bervariasi ketimbang burung poksay betina.

Mengenal Kebiasaan Hidup Dari Poksay Warna Hitam

Dalam hal makanan, burung satu ini tergolong burung yang rajin makan dan berburu. Pada saat berburu, burung poksay berwarna hitam akan terbang rendah untuk berburu mangsa yang ada di alam liar.

Burung poksay berwarna hitam ini terbang rendah karena kebiasaan mereka yang mencari makanan yang berada di bawah tumpukan dedaunan dan jika tidak mendapatkan hasil, barulah mereka akan mencari di antara pepohonan yang tinggi.

Suara yang khas dari poksay berwarna hitam ini membuat burung ini banyak diminati dan dipelihara. Untuk memelihara burung satu ini, kamu harus menyiapkan sangkar burung yang berukuran besar agar burung poksay tidak mudah stres.

Hal itu disebabkan karena burung poksay yang memang dikenal sebagai burung yang aktif bergerak. Jangan lupa untuk memberikan pakan tambahan berupa buah-buahan segar.