10 Jenis Lovebird Terbaik Untuk Lomba

Di Indonesia burung Jenis Lovebird masih menjadi primadona di kalangan para kicau mania, selain dikenal memiliki warna bulu yang cantik dan suara kicau yang unik atau di kenal dengan ngekek, semakin panjang durasi ngekek semakin mahal pula harga seekor burung lovebird. Perlombaan kicau di gantangan menjadi ajang unjuk gigi bagi para pemilik burung, selain itu juga mereka bisa saling berbagi informasi seputar perawatan yang terbaik untuk menghasilkan burung juara.

Selain dari perawatan yang terbaik, jenis burung lovebird yang beragam juga ikut menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi bagus tidakya performa burung di arena perlombaan. Perlombaan Lovebird biasanya di bagi menjadi dua, ada kontes kicauan yang menilai durasi ngekek hingga volume suara burung dan juga kontes kecantikan burung yang menilai kesehatan bulu-bulu hingga menilai kecantikan corak dan kecerahan warna yang dimilikinya.

Tetapi kali ini kami akan membahas burung lovebird yang menjadi juara kontes kicau. Ada kurang lebih 25 jenis burung lovebird dikenal di dunia tetapi semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini omkicau.id hanya mengulas 10 jenis burung lovebird saya yang sering menjadi juara di lapangan.

Klasifikasi Burung Love Bird Berkualitas Juara


Lovebird Blorok

lovebird-blorok

Ciri love bird blorok memiliki variasi warna di sekitar daerah sayanpnya dengan pola jarang, Lovebird jenis ini pun memiliki kicauan burung yang menarik dengan suara yang lebih nyaring dan rata-rata memiliki durasi panjang sehingga sangat pas untuk dijadikan burung lombaan untuk mendapatkan gelar juara di lapangan.

Blorok memiliki beberapa jenis warna yaitu Lovebird Blorok Hijau, Lovebird Blorok Biru dan Lovebird Blorok Hitam. Dengan keistimewaan warna serta unik yang jarang dimiliki oleh jenis lovebird pada umumnya yang akhirnya membuat harga burung ini melambung dan mahal.

Lovebird Parblue

lovebird-parblue

Salah satu jenis parblue ini merupakan hasil silangan dari lovebird warna cobalt (hijau toska) dengan lutino, yang menjadi warna kombinasi yang sangat menarik, cantik dilihat. Namuntidak hanya itu saja, kualitas suara ngekeknya juga sangat baik dan layak untuk dijadikan sebagai amunisi burung lapangan.

Baca Selengkapnya :  Download Kumpulan Suara Kacer Gacor Ngeplong Full Isian Mp3

Jika dilihat dari fisik warna secara seksama, ada 3 jenis warna gabungan angar biru muda pada area bulu dada bagian depan, hijau tua untuk warna punggung sampai sayapnya serta warna kuning muda dari leher sampai bulu kepalanya.

Lovebird Violet

lovebird-violet

Warna indah dan cantik yang dimiliki oleh jenis love bird violet ini mendominasi warna biru tua kegelap-gelapan (dongker) yang menutupi daerah sayap belakangnyahingga bulu dada bagian bawah.

Serta dada atas sampi leher bagian belakang berwarna putih kotor, dan dibagian kepala biasanya terlihat gelap keabu-abuan samar hampir mirip dengan palgos ya. Bentuk paruh yang besar, dan berwarna putih susu kemerahan. Burung lovebird violet ini juga memiliki kemampuan untuk bersaing dari jenis lainnya, suara patah, ngetik yang keras dan ngekek dengan durasi yang lumayan panjang.

Lovebird Batman

lovebird-batman

Ciri warna yang sangat unik yang dimiliki oleh lovebird batman ini adalah warna yang mendomniasi hitam, kenapa bisa disebut dengan batman ?, ya memang sekilas dilihat memang mirip dari segi warna yang gelap seperti kekelawar.

Namun ada sedikit gabungan warna pada bagian leher dan dada dibagian bawah sampai lehernya berwarna putih bersih, akan tetapi warna pada bagian kepalanya berwarna hitam juga. Ada beberapa dari para hobiis lovebird mania pemain gantangan dilapangan yang terkadang sering terlihat membawa gacoannya ini adalah lovebird batman. Dilihat dari karakter petarungnya sangat baik dan memiliki mental yang kuat tidak mudah stres, serta ngekek nya patah-patah akan tetapi durasi stabil.

Lovebird Lutino

lovebird-lutino

Ada dua jenis lovebird lutnio, ada yang memiliki mata merah, dan ada juga yang hitam. Namun kedua jenis ini memiliki kualitas dan harga yang berbeda tentunya, untuk lovebird mata merah memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri yang sering banyak dicari oleh para hobiis peternak, namun untuk yang lutinem (mata hitam) biasanya sering dijadikan sebagai jawara lapangan dan sering di ikutsertakan dalam arena kontes.

Untuk warna ciri dari love bird lutnio ini memiliki warna kuning terang yang terlihat menyala, dengan perpaduan warna orange kemerahan, serta di ujung sayapnya biasanya memiliki selap berwarna putih bersih. Suara yang dimilikinya juga bervariasi dan mampu mengeluarkan ekek dengan durasi yang cukup panjang.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Menjinakkan Burung Kacer Yang Masih Giras

Lovebird Dakocan

lovebird-dakocan

Kenapa nama yan dijulukinya sangat lucu sekali ?. Karena jenis lovebird dakocan ini memiliki keunikan pada warna dibagian kepala , muka yang hitam legam seperti hampir mirip dengan dakocan itu sendiri !.

Love bird dakocan atau sering disebut dengan palgos (pala gosong) ini juga memiliki karakter yang tergolong fighter petarung yang baik jika dijadikan sebagai burung kontes dilapangan, dan ada sebagaian para penangkar burung lovebird yang sering menjadikan burung ini untuk di ternak karena sangat mudah dan memiliki tingkat birahi yang tinggi.

Dari segi warna mendominasi warna hijau pada bulu sayap bagian belakang, bulu dada berwarna kunin keemasan, warna paruh yang merah menyala, namun tidak itu saja burung yang satu ini juga sangat pintar dalam merekam suara isian jenis ocehan burung kicauan lainnya, seperti paseh jika membawakan lagu kenari, ataupun jalak suren.

Lovebird Euwing

lovebird-euwing

Love bird euwing atau sering orang menyebutnya sebagai lovebird biola. Dan untuk lovebird jenis ini memang sangat jarang sekali ditemukan, akan tetapi ada juga yang mengeluarkan jika ada kontes besar, baru biasanya jenis lovebird ini diturunkan untuk mengikuti lomba.

Dengan bentuk yang terlihat lebih sempurna dari segi fisik, warna kolaborasi gabungan yang enak dilihat bagi para penghobi burung kicauan lovebird mania tentunya sangat bangga jika mampu memilikinya.

Untuk harga yang dimilikinya sangat mahal jika dibandingkan dari 9 jenis lovebird dijelaskan disini. Lovebird euwing adalah hasil persilangan genetik dari beberapa keturunan kawin silang yang sangat sulit sekali untuk dicetaknya. Wajar saja memiliki harga yang sangat fantastis.

Ada beberapa kategori lagi dari jenis warna yang dihasilkan oleh lovebird euwing ini : ada yang memiliki perpaduan hijau dan kuning, putih dan biru serta ada yang abu-abu kehitam-hitaman. Semakin langka warna yang dihasilkan semakin tinggi juga nilai jualnya yang ditawarkan.

Lovebird Biru Mangsi

lovebird-biru-mangsi

Warna yang dimiliki oleh love bird biru mangsi sudah pasti mendominasi warna biru, putih, dan abu-abu, akan tetapi burung jenis ini memiliki karakter yang sangat sulit untuk dipahami, namu tidak sedikit para hobiis yang banyak memeliharanya karena penasaran dan ingin menaklukannya, tapi jika temen-temen sudah dapat mengetahui setelan yang tepat untuk jenis love bird mangsi ini pasti sulit sekali untuk meninggalkannya.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Betet Agar Cepat Jinak Dan Gacor

Karakter suara yang dimiliki biru mangsi memang terdengar kebanyakan ngetik dan ngereceh, bagi para pemula sangat disarankan memelihara burung ini dari anakan atau baby balita dibawah lima bulan ya !. Karena jika anda membeli burung mangsi ini yang sudah dewasa sudah pasti anda akan kesulitasn sendiri mencari setelannya.

Lovebird Paskun

lovebird-paskun

Lovebird paskun ini adalah pastel kuning, yang memiliki warna bulu hampir mirip sekali dengan jenis lutino, akan tetapi love bird paskun ini jika diperhatikan dengan seksama warna bulunya cenderung lebih kotor dan gelap, dari warna kuning kurang terang karena ada perpaduan warna dengan hijau muda.

Lovebird paskun ini sangat murah, dan banyak sekali para hobiis yang merawatnya sebagai burung masteran ocehan burung kicauan lainnya, namun jangan salah dari beberapa temen kicau lainnya pun ada yang berhasil menjadikan burung paskun ini menjadi jawara lapangan ada juga.

Lovebird Ijo Standar

lovebird-ijo-standar

Love bird ijo inilah yang menjadi pelopor dan mengawali tren burung kicau sebelum lovebird lainnya keluar, lovebird perdana yang memiliki harga terjankau dari segala lapisan masyarakat umumnya.

Dengan harga yang murah, akan tetapi bukan berarti murahan ya temen-temen. Terkadang masih banyak juga di latberan, latpres ataupun kontes besar sekalipun masih banyak yang membawa gacoannya ini menggunakan jenis lovebird ijo standart, dan love bird yang fenomenal viral seperti kusumo juga salah satunya jenis love bird ijo standar sob. Maka dari itu untuk jenis lovebird ini tidak bisa diremehkan ya temen-temen kicau semuanya.

Baca juga : Ciri Dan Karakter Lovebird Lutino Prospek Kualitas Terbaik