ternak-jalak-suren

Panduan Lengkap Ternak Jalak Suren Untuk Pemula

Pada kesempatan kali ini situs resmi OmKicau.ID akan memberikan informasi seputar budidaya burung kicau khususnya untuk jenis burung jalak-jalakan, tentunya untuk ternak jalak suren. Bagi temen-temen yang ingin mencoba belajar atau yang memiliki modal dan ingin breding tangkaran jalak suren ini !. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Tutorial Mudah Budidaya Burung Jalak Suren Agar Cepat Sukses


1. Perencanaan Kandang Ternak

Perihal awal yang wajib dicoba dalam merancang atau membuat kandang produksi untuk burung Jalak Suren, buat dimensi dengan ukuran yang sedang saja, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Buat sebagian kandang yang sama- sama terpisahkan dengan kawat ram dan yakinkan sedang terdapat cahaya mentari yang bisa masuk dari asbes. Lihat contoh desain gambar dibawah ini :

kandang-reproduksi-jalak-suren

2. Pemberian Pakan Berkualitas

Buat tipe santapan yang dikasihkan tiap harinya pada indukan burung Jalak Suren yang lagi di tangkar pula bakal memastikan tingkatan kesuksesan dari cara peternakan yang dicoba. Terlebih mutu pakan yang terbaik tentunya yang teratur diberikan.

Santapan penting setiap hari yang hendaknya diserahkan pada burung Jalak Suren merupakan voer dengan santapan bonus semacam larva hongkong, jangkrik, kroto serta pisang kepok. Pemberian santapan yang layak serta bernutrisi bagus ialah salah satu panduan peliharaan burung Jalak Suren yang berarti.

Tidak itu saja, pemberian multivitamin yang digabungkan ke dalam media minumnya pula butuh dicoba minimun sepekan 2 kali. Supaya bisa memberikan penyeimbang konsumsi vitamin serta mineral santapan yang telah dikonsumsinya supaya gampang diserap oleh tubuh dengan bagus. Serta yang tentu membuat burung pula lebih segar pastinya.

Baca Selengkapnya :  Tips Mencari Setingan Burung Kenari Lomba Agar Menjadi Juara

3. Penyeleksian Indukan Jantina Yang Berkualitas

Calon indukan burung jalak suren ini yang telah( mapan) dan siap buat ditangkar dengan umur produktif jalak suren dekat 12 bulan buat jalak suren betina, tetapi buat indukan yang jantan dekat 2– 3 tahun. Langkah berikutnya buat peliharaan jalak suren merupakan memilah calon indukan yang pas serta bermutu.

Metode membedakan indukan jalak suren jantan serta betina:

Saat sebelum masuk dalam jenjang penentuan indukan yang hendak dipakai dalam cara peliharaan hingga hal burung Jalak Suren betina ataupun jantan butuh dicoba. Burung Jalak Suren jantan mempunyai wujud badan yang jauh dan lebih besar, kepala yang mengarah berupa bundar dengan catok jauh, serta bulu- bulu pada kepala nampak lebih panjang.

Sebaliknya burung Jalak Suren betina mempunyai karakteristik wujud kepala langsing dengan dimensi badan yang lebih pendek ataupun kecil serta catok yang pendek, bulu- bulu kepala yang pendek, dan mempunyai corak yang lebih suram.

jalak-suren-bakalan

4. Cara Penjodohan Serta Reproduksi

Sesudah memperoleh indukan yang berkulitas serta telah pantas untuk pendamping calon indukan ini buat ditangkar, hingga tahap berikutnya merupakan cara penjodohan atau pernikahan. Dengan memakai metode yang pas hingga tujuan kita burung yang telah diseleksi pendamping calon indukan ini supaya bisa berjodoh.

Terdapat 2 tata cara serta metode memasangkan burung jalak suren ini, yang awal dengan metode koloni serta penjodohan langsung. Bila memakai metode koloni ini memanglah bukanlah susah buat mencari pendamping mana yang cocok serta pas bagi mereka( burung jalak suren) yang memastikan, hendak namun modal kalian membeli banyak pendamping calon indukan ini sangatlah memerlukan bajet yang cukup besar.

Tetapi pada biasanya para penangkar burung yang satu ini banyak memakai tata cara metode yang kedua dengan menjodohkannya dengan cara langsung. Buat melaksanakan cara penjodohan dengan cara langsung kamu bisa menaruh pendamping calon indukan burung jalak suren di dalam kandang reproduksi yang sudah disiapkan.

Baca Selengkapnya :  Suara Cucak Ijo Ngetrok Mewah Beserta Harganya

Tetapi dengan metode bersebelahan serta tengah terpisah di dalam jebakan tiap- tiap supaya burung sama- sama tahu terlebih dulu. Cara identifikasi ini kurang lebih menginginkan durasi sepanjang 3 hingga 9 hari.

Burung Jalak Suren yang telah berjodoh hendak nampak bersama bernyanyi serta bersautan. Bila burung telah berjodoh hingga sekat pembatas bisa dipinggirkan.

Dalam perkawinan itu, cermati senantiasa supaya burung tidak menyerang satu sama lain sebab dapat jadi burung yang telah harmonis dikala kandang sedang terpisah jadi brutal kembali kala disatukan. Bila burung berjodoh hingga pindahkan dalam kandang yang ada pada kandang buat melaksanakan cara pernikahan dengan cara natural.

5. Penetasan Dan Pemeliharaan Piyikan Jalak Suren

Ada 2 cara merawat telur yang baru meretas, yang pertama dengan cara langsung memisahkan anakan yang baru lahir dan yang kedua dibiarkan agar diloloh oleh indukannya terlebih dahulu untuk sementara.

Sesudah 14 hari hingga telur hendak meretas serta segeralah ambil totalitas telur bagus yang telah meretas ataupun tidak. Anakan yang telah meretas bisa diletakkan pada tempat penghangat serta dapat diberi makan 3– 4 jam sehabis meretas.

Bila telur telah meretas indukan burung hendak meloloh piyikan atau anakannya sepanjang 1 minggu lamanya, setelah itu anakannya terkini bisa dipisahkan ke dalam kandang pelebaran, serta esoknya hendak jadi aktivitas tradisi penangkar buat meneruskan cara meloloh burung anakan jalak suren itu hingga umur kurang lebih 2 bulan.

Patokannya bila anakan burung jalak suren telah sanggup buat makan dengan sendiri tanpa dorongan kita bagaikan penangkar, hingga terkini bisa buat dipindahkan ke dalam kandang pelebaran.

Langkah pemasteran anakan burung jalak suren ini amatlah bagus serta wajib jadi aktivitas tradisi kamu bagaikan penangkar, tidak hanya meloloh anakan, kamu pula bisa membagikan suara masteran buat burung yang sedang anakan ini.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Cucak Thailand

Sebab ingatan yang sedang anakan amat bagus buat merekam lagu isian burung celotehan yang lain supaya pada dikala besar nanti. Untuk tata cara pemasteran bisa memakai audio mp3 ataupun suara isian burung hidup( asli).

Demikian tips ternak jalak suren yang kiranya dapat menambah wawasan temen-temen yang ingin belajar membudidaya burung jalak suren ini tentunya, semoga bermanfaat dan semoga berhasil.

Baca juga : Cara Merawat Jalak Suren Agar Cepat Gacor Bongkar Isian