Cara Perawatan Jalak Suren Mabung

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Perawatan Jalak Suren Mabung – Seperti yang kita ketahui dimana mabung merupakan salah satu proses alamiah yang terjadi pada burung jenis apapun. Kondisi ini merupakan bergantinya bulu yang sudah lama ke bulu yang lebih baru.

Mabung pertama dialami burung ketika usianya menginjak dewasa dimana bulu yang masih mudah berganti dengan bulu yang lebih kokoh dan kuat serta helaiannya pun menjadi lebih besar.

Pada masa mabung burung berada dalam kondisi yang terburuk dimana dia memerlukan asupan protein yang banyak dan istirahat yang cukup supaya kondisinya kembali stabil pasca mabung nanti.

Begitu pula dengan burung jalak suren dimana ketika kalian mendapati rontoknya bulu kemungkinan itu tahap awal mabung dan apa yang harus kalian lakukan supaya mabungnya sempurna dan perawatan yang baik

sampai dia kembali ke kondisi terbaiknya. Berikut beberapa tahapan yang harus kalian lakukan dan yang kalian perhatikan pada masa mabung mulai dari awal sampai selesai.

gambar-jalak-suren-mabung

Cara Merawat Burung Jalak Suren Mabung

Perawatan Mabung Dari Awal Proses

1. Perhatikan burung yang mabung dengan menyediakan asupan amkanan yang cukup dengan kandungan protein tinggi serta multivitamin khusus untuk burung sedang mabung yang banyak dijual dipasaran.

2. Tempatkan kandang burung di area yang bersuhu lembab, karena di suhu ini bisa membantu mempercepat proses perontokan bulu. jangan diletakan ditempat bersuhu terlalu panas dan kering yang akan menghambat perontokan bulu.

Baca Selengkapnya :  Ciri Cucak Ijo Prospek Juara

3. Pada masa ini jauhkan burung dari burung lain yang sudah gacor apalagi yang bersuara nyaring karena mental si jalak mabung akan menjadi tertekan sehingga mudah stres.

4. Jangan mandikan burung selama dia merontokan bulu cukup bersihkan kandang 2 kali dalam seminggu supaya tetap terjaga dan terhindar dari parasit yang mengundang banyak penyakit.

5. Tambahkan asupan EF seperti jangkrik dan kroto karena dia sangat membutuhkan asupan makanan yang mengandung sumber protein tinggi. saat itu juga kalian bisa sambil memaster dengan materi kicauan supaya hasilnya lebih baik.

6. Jangan berikan suplemen untuk meningkatkan birahi burung. dan tutup kerodong supaya dia bisa beristirahat semaksimal mungkin dan juga jemur burung selama 10 menit perhari.

berapa-lama-jalak-suren-mabung

Penyebab dan Akibat Kegagalan Mabung

1. Burung jalak suren akan gagal mabung atau moltingnya tidak semputna apabila masih sering dimandikan sehingga pori-porinya akan tersumbat dan bulu yang tadinya akan rontok kembali mengencang karena pori-pori kulit tertutup.

2. Kalau gagal performa terbaik yang dimiliki si burung tentunya tidak akan kembali dengan sempurna karena di masa molting ini merupakan masa restart ulang burung kalau perawatan kurang optimal akan membuat burung menjadi hancur kualitasnya.

3. Kurangnya asupan makanan yang mengandung protein dan juga tidak diperhatikan mulai dari suhu nya dan lain sebagainya sehingga hasil dari proses molting ini juga tidak akan maksimal.

Perawatan Jalak Suren Setelah Mabung

Seletah proses mabung berakhir tentunya kalian harus kembali melakukan pola perawatan rutin seperti sedia kala dan juga terus melatih kemampuan burung dengan sesekali membawanya ke arena gantangan untuk

sekedar melatihnya bukan untuk kontes perlombaan. tentunya mentalitas yang tadinya dimiliki siburung sebelum mabung harus dilatih kembali dan juga asupan makanan dan vitamin harus tetap menjadi perhatian kalian.

Baca Selengkapnya :  Tips Cara Merawat Cucak Rowo Agar Rajin Bunyi

Nah sobat omkicau semoga informasi tentang perawatan jalak suren mabung ini bermanfaat untuk kalian dan kami ucapkan terimakasih banyak sudah selalu setia membaca setiap artikel yang kami sajikan.

baca juga : pasaran harga burung jalak suren

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari