Cara Merawat Burung Rambatan Agar Cepat Bunyi

Masih bersama kami situs resmi omkicau, nah di kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara merawat burung rambatan ya temen-temen, burung rambatan ini atau sering disebut burung bledu adalah termasuk salah satu burung masteran yang unik,

yg sering di pelihara oleh para kicau mania ya, dengan ciri khas suara yang monoton berkarakter tembakan / nembak-nembak gitu ya dengan durasi yg rapat yg sering di gunakan untuk masteran burung murai ataupun kacer ya temen-temen.

Jenis burung rambatan ini memiliki ciri khas dengan warna bulu bagian atas biru gelap keabuan pada bagian jidatnya berwarna hitam kemudian matanya berwarna kuning untuk paruhnya bisa berwarna oranye atau merah dan pada bagian dada berwarna abu-abu

Dan ada pertanyaan dari temen-temen kicau, yang menanyakan apakah pola rawatan harian untuk rambatan paruh merah dan rambatan doraemon itu sama atau berbeda ?.

Nah dalam memberikan perawatan burung rambatan doraemon loreng ataupun yang paruh merah tentu pada dasarnya sama saja ya, hanya saja yg membedakan adalah bentuk fisiknya burung rambatan tersebut karena ada 2 jenis / tipe dari burung rambatan namun karakter dan habitat di alam liarnya sama, masih satu keluarga. Oke tanpa harus banyak basa – basi lagi yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

cara-merawat-burung-rambatan-paruh-merah

Tips Rawatan Harian Burung Rambatan Agar Rajin Bunyi


Cara Menjinakan Burung Rambatan

Jika temen-temen baru saja membeli burung rambatan ini dari kios ataupun ombyokan tentu kondisi burung masih belum stabil dan tidak akan bunyi ya, jadi langkah awal kalian harus melakukan proses penjinakkan terlebih dahulu ya agar burung bisa cepat beradaptasi baik dengan si pemilik ataupun lingkungan sekitarnya ya,

jika kondisi burung masih grabakan giras, dan kalian belum melakukan proses penjinakkan tentu sangatlah sulit untuk membuatnya menjadi rajin ngicau ya temen-temen. Lalu seperti apa sih cara menjinakan rambatan paruh merah ataupun rambatan loreng ?.

Kalian harus menyiapkan kandang yang berukuran bulat yg sering digunakan burung lovebird ya, dan untuk model tangkringan burung rambatan tentu harus kalian pikirkan, dan tentu berbeda ya dengan jenis tangkringan pada burung kicauan pada umumnya,

karena di habitat alamnya burung jenis ini sering merambat karakternya, jadi kalian bisa membuat gaya tangkringan ke atas atau juga bisa menggunakan batang pohon dari bawah ke atas ya, sama seperti tangkringan model burung pelatuk bawang ya, dengan tangkringan model seperti itu tentu akan membuat burung lebih nyaman, jika sudah nyaman tentu akan membuatnya rajin bunyi nantinya.

Selain itu temen-temen bisa menerapkan terapi lapar ya yang tentu sangat ampuh jika diterapkan secara rutin, misalkan pada saat malam hari kalian cabut wadah pakannya, sampai ke esokan pagi nya burung di embun lalu dimandikan sekitar jam 8 pagi ya, setelah itu di anginkan kemudian kalian goda-goda dengan tangan secara langsung serta pemberian EF berupa jangkrik / ulat hongkong biasakan langsung dengan menggunakan tangan, dan tidak lupa sesering mungkin kalian taruh kandang di atas tanah atau di lantai ya, agar lebih cepat untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

poto-burung-rambatan

Pakan Harian Burung Rambatan

Nah untuk jenis makanan harian yang wajib diberikan adalah voer halus ya temen-temen, lalu voer untuk burung rambatan itu bisa kalian gunakan leopard atau jenis merk lainnya asalkan si burung tersebut lahap / doyan untuk mengkonsumsinya ya.

Selain pakan voer kalian juga wajib memberikan EF seperti jangkrik dan ulat hongkong setiap harinya ya, untuk menambah energi dan asupan protein hewani asli yang baik untuk membuat daya tahan tubuh si burung rambatan selalu terjaga ya, untuk keroto bisa diberikan 1 minggu sekali saja sudah cukup ya.

Pemandian Dan Penjemuran

Untuk cara memandikan burung rambatan kalian bisa menggunakan sprayer yang berukuran 1 – 2 liter ya, kalia semprot secara halus dengan volume kecil semprot embun saja ya, agar burung tidak kaget dan menjadi stres nantinya jika kalian salah dalam hal menyemprot saat memandikannya.

Lebih sering memandikan burung ini di pagi dan malam hari secara rutin tentu lebih bagus yang untuk mendongkrak birahi si burung rambatan ini agar rajin bunyi. Setiap atau ketika kalian memandikan burung rambatan ini jangan lupa kotoran harus selalu kalian bersihkan ya, agar burung rambatan selalu sehat dan terbebas dari penyakit yang berasal dari kotorannya sendiri.

Untuk pola penjemuran wajib dilakukan setiap hari, jika cuaca mendung sebaiknya penjemuran dilakukan pada sore hari dan seketemunya ada panas langsung saja jemur ya.

Intinya dalam hal rawatan hariannya kalian diwajibkan konsisten ya temen-temen agar burung merasa nyaman dan selalu sehat serta rajin bunyi.

Dan untuk informasi harga burung rambatan dipasarannya tentu sangat terjangkau ya temen-temen paling berkisar antara 200 – 250 ribuan untuk yang jantan bahan.

baca juga : suara burung rambatan pikat mp3

Dan jika usia / umur burung rambatan temen-temen masih muda tentu akan lebih mudah lagi melatihnya agar cepat jinak dan sangat gampang masuk isian lainnya jika kalian masterin setiap harinya.

Demikianlah tips cara merawat burung rambatan yg bisa kami bagikan kepada temen-temen kicau mania semua, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat ya.

Related Posts
Perawatan Burung Blackthroat Agar Rajin Bunyi
perawatan-burung-blackthroat

Apa kabar sobat kicau semua ?. Pada kesempatan kali ini, Om Kicau akan memberikan tips perawatan burung blackthroat hariannya yang Read more

Panduan Lengkap: Contoh Dialog Negosiasi untuk Keberhasilan Bisnis Anda
Contoh Dialog Negosiasi

Pada artikel ini, Om Kicau akan membahas contoh dialog negosiasi yang dapat membimbing Anda menuju keberhasilan bisnis melalui negosiasi yang Read more