Tanda Tanda Kucing Hamil yang Perlu Diketahui

Tanda Tanda Kucing Hamil yang Perlu Diketahui – Hai cat lovers, memelihara kucing memanglah sangat menyenangkan selain dari tingkahnya yang menggemaskan, kita juga tidak merasa kesepian kalau memelihara kucing ini. Sama halnya dengan

makhluk hidup lainnya kucing betina akan mengalami kehamilan setelah dia melewati masa perkawinan dengan kucing jantan. Bahkan saat ini ada jasa penyewaan kucing jantan berkualitas bagus untuk dikawinkan dengan kucing betina peliharaan.

Yang biasanya dititipkan secara individu maupun di pet shop yang menyediakan jasa ini. Harganya pun lumayan mahal mencapai ratusan ribu rupiah dengan periode tertentu. Setelah hamil kucing betina bisa melahirkan lebih dari 4 anak loh.

Tapi yang akan kita bahas disini tentang tanda-tanda kucing hamil yang wajib kalian ketahui sehingga kalian bisa melakukan perawatan ekstra padanya karena sepeti manusia kucing hamil juga memerlukan tambahan nutrisi loh. tandanya sebagai berikut :

tanda tanda kucing hamil yang perlu diketahui

Inilah Tanda Tanda Kucing Hamil yang Perlu Diketahui

1. Siklus Berahinya Berhenti

Kucing biasanya mengalami birahi sekitar 2 sampai 4 kali dalam setahun. Keadaan seperti ini biasanya ditandai dengan kucing yang menjadi sering mengeong, senang berguling, lebih agresif, suka kabur-kaburan dari rumah mencari perhatian kucing jantan, serta pemiliknya.

Menurut World Small Animal Veterinary Association World Congress Proceedings, siklus birahi kucing berlangsung selama 7 hingga 10 hari. Dan siklus ini akan berulang setiap 15 sampai 22 hari kemudian.

Sehingga kalau siklus birahi kucing betina kalian tiba-tiba berhenti, mungkin saja dia mengalami kehamilan. Tanda kucing hamil yang terlihat jelas adalah mereka tidak berisik ketika fase berahi seharusnya berulang atau tiga minggu sesudah kawin.

2. Tubuhnya Menjadi Lebih Gemuk dan Berat

Cat lovers, perlu kalian ketahui selama masa kehamilannya, bobot tubuh yang dimiliki kucing akan bertambah sekitar 1 sampai 2 kilogram. Hal ini tentunya akan membuat kucing terlihat menjadi lebih gemuk. oleh karena itu, jangan heran bila kucing kamu terasa sangat berat ketika digendong.

ciri-ciri kucing hamil 1 minggu

3. Puting Susu Membengkak

Tanda-tanda yang terdapat pada kucing hamil lainnya ialah ketika puting susunya membengkak. Puting kucing betina yang sedang hamil juga berubah warna menjadi merah muda. Perubahan bentuk dan warna puting adalah ciri kucing hamil yang paling mudah dikenali.

puting kucing bengkak

4. Nafsu Makan Meningkat

Awalnya, kucing hamil akan mengalami penurunan nafsu makan. Namun, pada paruh kedua kehamilan nafsu makan kucing justru meningkat. Soalnya, kucing hamil tidak hanya makan untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk beberapa janin yang dikandungnya. Maka, jangan heran bila kucingmu lebih banyak makan saat mengandung.

5. Perut Membesar

Sama seperti yang terjadi pada manusia, perut kucing yang sedang hamil juga membesar. Biasanya, perut kucing membesar sekitar minggu kelima kehamilan. Perut kucing akan semakin membesar sampai nanti waktu melahirkan datang. Kondisi ini bisa menurunkan intensitas kelincahan kucing dan kadang membuatnya sulit untuk menggapai area yang tinggi.

6. Muntah

Bukan hanya manusia yang mengalami morning sickness, beberapa kucing juga menunjukkan gejala yang sama. Gejala mual muntah selama kehamilan ini bisa terjadi sepanjang hari. Apabila muntah terus berlanjut usai kehamilan, sebaiknya segera hubungi dokter hewan agar kucingmu memperoleh penanganan yang tepat.

7. Suka Caper dan Banyak Tidur

Ciri kucing hamil juga bisa dilihat dari perubahan perilakunya. Selama kehamilan, kucing akan jadi lebih caper dan berusaha mencari perhatianmu dengan segala cara. Kucing bisa mendadak sering menggesekkan tubuhnya ke kakimu atau jadi lebih sering tidur di pangkuanmu. Kucing betina yang hamil juga memiliki waktu tidur lebih lama dibandingkan sebelum hamil.

Baiklah cat lovers itulah tadi beberapa tanda tanda kucing hamil yang perlu diketahui sehingga kalian bisa merawatnya dengan baik hingga dia melahirkan nanti dan bagi kalian yang mendapati kucing betinanya hamil selamatya karena kalian akan mendapatkan peliharaan lain.

tetapi kalau kalian merasa tidak sanggup jangan dibuang yah guys bisa kalian tawarkan ke orang terdekat kalian untuk mengadopsinya dan merawatnya dengan baik karena menjadi tugas kita untuk menyayangi sesama makhluk hidup.

baca juga :

Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Mental

Kucing Merupakan Hewan yang Ditakuti Ular

Langkah Tepat Menyembuhkan Luka Pada Kucing

Related Posts
Pengertian Sekretaris: Peran dan Tanggung Jawab dalam Dunia Bisnis
Pengertian Sekretaris

OmKicau.ID kali ini akan memberikan pembahasan tentang apa itu pengertian sekertaris, definisi, peran penting dan tanggung jawabnya serta keterampilan apa Read more

Cara Klaim DANA Kaget dengan Mudah! Simak Tips Terbaru yang Membuat Kamu Terkejut!
cara klaim dana kaget

Selamat berjumpa kembali di website resmi omkicau.id, yang dimana pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara klaim DANA Read more