Mengenal Lebih Jauh Tentang Ikan Guppy

Mengenal Lebih Jauh Tentang Ikan Guppy – Pernahkah kalian melihat ikan cere? yang biasanya ada di kali atau sungai, bahkan ada di siring rumah kalian. Dulu ketika masih kecil memang mudah sekali menemukan ikan ini namun sekarang cukup sulit menemukannya sobat.

Selain ikan cere, ikan ini juga disebut ikan seribu bahkan suwadakar di sebagian wilayah di Indonesia. Tetapi tahukah kalian sebenarnya ikan ini merupakan fauna asli dari Amerika Selatan loh. Memiliki nama latin Poecilia reticulata.

Guppy sendiri merupakan salah satu ikan hias air tawar paling populer di hampir seluruh dunia. Memiliki warna-warna yang cantik yang sesuai dengan jenisnya dan juga harga yang fantastis ternyata. Padahal dulu menjadi mainan kita disungai ya sobat akuarium. hehe

Kalau kalian tertarik untuk mengenal jenis ikan guppy ini sekaligus nostalgia masa kecil langsung saja baca artikel dibawah ini dan kita akan bahas tuntas mengenai habitat, taksonomi dan lainnya disini, pastikan kalian membacanya sampai habis.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Ikan Guppy

Mengenal Lebih Jauh Tentang Ikan Guppy

Taksonomi Ikan Guppy

Ikan memiliki tubuh kecil ini awalannya diketemukan oleh Robert John Lechmere Guppy di Trinidad pada 1866. Disamping itu, penemu lain namanya Albert C. L. G. Gunther memberikan nama ikan ini dengan panggilan Girardinus guppii untuk menghargai penemu pertama.

Tetapi rupanya ikan ini sudah terdeteksi sebagai Poecilia reticulata oleh Wilhelm Peters pada 1859, hingga nama Girardinus guppii cuma dipakai untuk persamaan kata. Namun karena sudah terkenal, pemberian nama umum ikan ini masih tetap memakai istilah gupi (guppy).

Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Cyprinodontiformes
Kerabat Poeciliidae
Genus Poecilia
Spesies Poecilia reticulata

ikan guppy jantan dan betina

Habitat Asli dan Daerah Penebarannya

Ikan guppy datang dari Amerika Selatan sisi timur laut, yakni daerah perairan air tawar Barbados, Brasil, Jamaika, Antigua dan Barbuda, Trinidad dan Tobago, Guyana, Venezuela, dan Kepulauan Virginia.

Tetapi sekarang ini, ikan gupi sudah menyebar ke beragam negara, terkecuali Antartika. Hal itu disokong oleh kekuatan adaptasinya yang baik sekali, hingga sanggup hidup di teritori perairan semua dunia.

Salah satunya faedah ikan guppy ialah memberantas jentik nyamuk. Ikan gupi sebagai pemangsa larva dan nyamuk, hingga dipakai sebagai predator alami untuk tekan perkembangan nyamuk malaria.

Tetapi ikan ini rupanya berpengaruh buruk untuk komunitas ikan asli pada ekosistem tertent, karena perkembangan komunitasnya yang cepat. Selainnya di air tawar, di sejumlah perairan lain diketemukan spesies guppy yang dapat bertahan hidup di air payau.

Ciri-ciri dan Morfologi

Ikan memiliki ukuran kecil yang kadang disetarakan dengan ikan cupang ini mempunyai ciri-ciri seperti berikut:

badan guppy betina liar umumnya memiliki warna abu-abu
ikan gupi jantan bermotif di badannya, yakni berbentuk bercak-bercak, garis-garis, atau pola tidak teratur dengan warna bermacam
ukuran guppy betina condong lebih panjang, yakni sekitaran 3 sampai 6 cm
ukuran guppy jantan umumnya lebih kecil atau sekitaran 1/2 ukuran betina, yakni sekitaran 1,5 sampai 3,5 cm
Beberapa spesies guppy sebagai hasil budidaya hingga mempunyai sirip dan ekor memiliki ukuran besar, berkibar, dan pola benar-benar cantik

Pakan Ikan Guppy

Guppy terhitung tipe ikan pemakan omnivora atau semua. Ikan ini bertahan hidup dengan memakan serangga, larva, dan tumbuhan di perairan komunitasnya.

Transisi Hidup

Komunitas ikan guppy cepat bertambah karena ikan ini gampang mereproduksi dan menyesuaikan dengan lingkungannya. Guppy berumur muda akan bertahan hidup secara bergerombol dan lakukan aktivitas cari makan dan belajar mengindari predator secara bersama-sama.

Guppy betina sudah capai kematangan reproduksi pada umur 10 sampai 20 minggu. Guppy betina terus mereproduksi sampai umur 20 sampai 34 bulan.

Pada guppy jantan kematangan seksualnya bisa lebih cepat, yakni umur 7 minggu, bahkan juga kurang dari umur itu. Umur optimal guppy bermacam, bergantung dari lingkungannya dan tipe. Tetapi biasanya, ikan ini bisa hidup sampai umur 2 tahun.

Nah sobat akuarium, itulah tadi ulasan mengenal lebih jauh tentang ikan guppy, cukup menarik bukan. Semoga setelah membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian dan ikan guppy mana yang akan kalian pilih sebagai koleksi kalian?

Related Posts
Mendulang Keuntungan dari Budidaya Ikan Bawal di Lahan Terbatas
Budidaya Ikan Bawal

Budidaya ikan bawal: panduan praktis dan langkah-langkah sukses dalam mengembangkan usaha budidaya ikan bawal. Budidaya ikan bawal telah menjadi kegiatan Read more

Musicallydown.Com Mp3
musicallydown com mp3 download

omkicau.id : MusicallyDown Com IG YouTube TikTok FB Unduh MP3, serta Musicallydown.Com Mp3 keunggulan nya, Banyak aplikasi unduh video tiktok Read more