Makanan Burung Prenjak

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

makanan burung prenjak – Assalamualaikum wr, wb. selamat pagi sobat kicau, berjumpa lagi bersama situs resmi OmKicau.ID yang selalu konsisten memberikan informasi tentang burung kicau, tentu berkualitas, relevansi, serta ber isi !. Nah pada kesempatan kami akan mengulas jenis makanan burung prenjak agar sehat dan gacor dor.

Burung prenjak ini merupakan jenis burung kecil yang memiliki suara yang monoton berkarakter tembakan, dan masih satu kerabat dengan jenis burung ciblek, habitat aslinya burung prenjak ini biasa sering dijumpai di ladang terbuka, seperti di area pesawahan ataupun perkebunan ya.

Nah untuk makanan burung prenjak liar sangat menyukai serangga kecil dan buah-buahan ya temen-temen, nah untuk lebih jelasnya yuk kita simak pembahasan selengkapnya dibawah ini :

Apa Saja Makanan Burung Prenjak ?


Kroto

Nah pakan kroto atau telur semut rangrang terkenal karena kandungan proteinnya yang tinggi dan banyak memiliki kandungan air di dalamnya, dengan memberikan pakan yang banyak mengandung protein ini tentu memberikan efek kinerja dan performa si burung ketika menjaga kondisi kesehatan bagi si burung prenjak tersebut ya temen-temen.

Selain itu nutrisi didalam kroto ini juga bisa meningkatkan stamina burung prenjak sehingga burung prenjak bisa bersuara lantang dan tidak mudah lelah dalam aktifitasnya serta suara kicauannya. Untuk pemberian kroto cukup 3 kali saja dalam seminggu ya.

jenis-makanan-burung-prenjak

Ulat Hongkong

Selain kroto, ulat Hongkong merupakan salah satu pakan tambahan (ekstra fooding) yang sering digunakan untuk menghasilkan stamina yang baik dan dipercaya sebagai sumber protein yang bagus untuk burung prenjak.

Baca Selengkapnya :  Ciri Burung Anis Merah

Karena kandungan protein yang tinggi ini akan membuat burung prenjak Anda menjadi lebih gacor, meningkatkan kualitas suaranya, namun hal yang harus kalian ketahui,untuk takaran pemberian ulat Hongkong yang berlebihan akan mengakibatkan burung prenjak bisa birahi berujung pada rontok bulu ya,

dan yg lebih parahnya lagi bisa terkena sakit mata (katarak) ya temen-temen. Intinya saat memberikan pakan ulat hongkong ini cukup kasihkan sewajarnya saja minimal seminggu sekali saja dengan jumlah 2 – 3 ekor saja.

makanan-anak-burung-prenjak-sawah

Ulat Kandang

Untuk makan yang ketiga ini adalah ulat kandang, yg dimana salah satu jenis Larva frementasi yang sangat baik jika dikonsumsi bagi setiap jenis burung ya, nah untuk ukuran ulat kandang ini memanglah lebih kecil dan lebih pendek daripada ulat Hongkong.

Walaupun ukuran lebih kecil akan tetapi setelah ini memiliki banyak manfaat untuk burung prenjak seperti membuat burung lebih rajin berkicau, dan mampu memenuhi asupan gizi yang kurang dan dibutuhkan oleh si burung ya.

Selain itu ulat kandang ini sangat aman untuk pakan harian burung prenjak karena ulat kandang ini memiliki tekstur kulit yang lunak dan mudah untuk dicerna oleh si burung tersebut ya.

makanan-alami-burung-prenjak

Voer

Selain ulat kandang yang kita jadikan sebagai makanan pokok pakan harian, saran saya juga kalian juga harus menyediakan selalu voer halus ya. Hal ini wajib dilakukan untuk jaga-jaga suatu saat pakan ulat kandang ini kehabisan dan kita lupa atau telat memberikannya, maka kesalahan itu tidak akan terlalu fatal terhadap burung prenjak masih bisa makan voer yang ada di dalam sangarnya ya.

Voer yg disarankan dan bagus bagi burung prenjank ini, saya pribadi biasanya menggunakan voer merk leopard yang hijau (rasa rumput laut) ya temen-temen, karena lebih disukai oleh burung prenjak.

Baca Selengkapnya :  Download Suara Cucak Keling Gacor Mp3 Full Isian Mewah

makanan-burung-prenjak-tamu

Cara Mudah Melatih Burung Prenjak Ngepur Total

Apa makanan burung prenjak kepala merah ?, yang sudah kami ulas diatas, baik pakan alami serangga sampai pakan buatan instan seperti voer ya, nah jika temen-temen memiliki burung prenjak yang baru saja di dapat, membelinya dari ombyokan hasil tangkapan liar, tentu burung masih sulit dan tidak mau makan voer ya pastinya.

Ada beberapa langkah dan metode yang harus kalian terapkan untuk mengajarinya si burung prenjak ini agar terbiasa dengan rasa makanan voer ya. Oke langsung aja kita ke proses tahapan pelatihan ngepurin burung prenjak ini ya :

Untuk yang pertama yaitu pagi hari kita keluarkan si burung prenjak nya kemudian kita ambil wadah pakannya ini bertujuan untuk memicu si prenjak ini agar menjadi lapar ya, Setelah itu kita jemur si burung prenjak kurang lebih 10 menitan lah ya, fungsinya untuk menghangatkan suhu tubuh nya.

pur-makanan-burung-prenjak

Selanjutnya adalah kita mandi kan si burung prenjak tersebut, di saat ini kalian juga harus membersihkan kotoran pada sangkarnya agar sangkar selalu bersih dan jangan lupa untuk mengambil air minumnya untuk diganti dengan yang baru, agar si burung terjaga selalu kesehatannya ya. tapi inget ya, air minum yg diberikan kepada burung di usahakan dengan memakai air yang sudah kita masak matang ya, bukan menggunakan air keran / sumur ataupun air galon !.

Lagu mandikan burung prenjak menggunakan semprotan halus sampai dengan basah kuyup ini bertujuan untuk membangkitkan burung prenjak agar lebih lapar dan memudahkan kita dalam mengajarinya makan Pur,

nah jika pemandian sudah cukup memadai setelah itu saatnya kita melakukannya penjemuran ya sampai bulunya benar-benar kering.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Menjinakkan Burung Gelatik Yang Giras Dijamin Ampuh

Sambil kita tunggu si panjangnya kering sekarang kita siapkan bahan-bahannya untuk melatihnya makan voer Yang Pertama menyediakan cepuk pakan, kemudian menyiapkan bahan dasar voer yg halus ya bebas bisa menggunakan untuk apa saja bisa Leopard halus atau mungkin krotosari (SKM) kemudian bahan yang kedua adalah kroto segar, yg nantinya akan kita campurkan dengan voer tadi ya.

Lakukan metode pelatihan ngepur ini selama kurang lebih 1 minggu berturut-turut, agar si burung bisa lebih terbiasa dengan rasa pakan voer, alhasil prenjak kesayangan kalian akan ngepur total nantinya.

Oke demikianlah tips makanan burung prenjak yg bisa kami share untuk temen-temen kicau mania, semoga dapat bermanfaat ya. Terima kasih.

Baca juga : Cara Merawat Burung Prenjak

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari