kutilang-emas

Ciri Burung Kutilang Emas (Makanan, Mitos, Dan Suara)

Meski tergolong sebagai burung kicauan, sayangnya burung Kutilang Emas jarang dipelihara lantaran suaranya yang dianggap monoton dan tidak begitu menarik.

Padahal burung cantik satu ini memiliki potensial terpendam, mengingat suaranya yang terdengar jernih nan merdu dirasa bisa dijadikan sebagai burung masteran. Sebelum mengenalnya lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Mengenal Sekilas Tentang Si Burung Cantik

Burung cantik satu ini, memiliki warna tubuh berwarna hijau zaitun di bagian atas tubuhnya. Sedangkan warna tubuh bagian bawahnya cenderung berwarna kuning terang yang membuatnya semakin menarik perhatian.

Jika dilihat dengan seksama, bagian iris matanya terlihat tegas dengan adanya warna putih. Biasa ditemukan di kawasan hutan hujan, namun daerah yang begitu disenanginya yaitu di area ujung hutan.

jenis-kutilang-emas

Pakan Terbaik yang Bisa diberikan

Nampaknya pakan terbaik bagi si burung cantik ini, hampir serupa dengan burung pada umumnya. Dimana dirinya sangat senang mengkonsumsi berbagai buah segar seperti pisang dan pepaya, untuk mengembalikan tenaganya kembali.

Namun anda juga bisa memberikan voer kasar, apabila tidak ingin repot memeliharanya. Dijamin Kutilang Emas akan senang ketika diberikan beberapa pakan tersebut secara rutin.

Selain pakan utama, jangan lupa untuk memberikan makanan ekstra seperti jangkrik, ulat hongkong, dan masih banyak lagi serangga lainnya. Mengapa pemberian makanan tambahan ini begitu penting ? Sebab ada beberapa kandungan gizi yang bisa didapatkan, yang mungkin tidak ada di dalam makanan utamanya. Apabila kebutuhan gizinya terpenuhi, dijamin burung kicauan ini tidak akan mudah sakit.

Mitos yang Beredar

Beberapa orang masih percaya bila siapapun yang memelihara burung satu ini akan mendapakan banyak rejeki. Ternyata kepercayaan tersebut didasari dari warna tubuhnya yang mengandung kata emas.

Baca Selengkapnya :  Tips Cara Merawat Cucak Rowo Agar Rajin Bunyi

Bahkan ada yang mempercayai bila Kutilang Emas bisa menjadi pelindung sang pemiliknya. Yang mana hal tersebut dikarenakan emas dinilai sebagai barang berharga, yang menandakan bahwapemiliknya akan tentram dan bahagia.

Karena dianggap sebagai barang yang benilai tinggi, masyarakat pun mempercayai bila seseorang yang memilikinya akan disegani di lingkungan tempat tinggalnya. Tak jarang mereka yang percaya pada mitos ini mengatakan, jika sang pemilik akan mendapatkan keberuntungan yang berlipat lipat. Selain itu, masyarakat juga mempercayai bila burung ini dapat memberikan kesehatan kepada sang pemiliknya.

Mitos lainnya yang tak kalah menarik untuk diketahui, yaitu sang pemilik akan mendapatkan sanjungan dan pujian dari orang sekitarnya. Tak hanya mendapatkan sanjungan semata, namun sang pemilik juga akan merasa dirinya selalu dicintai oleh orang yang berharga baginya.

Meski demikian, sebagian orang lainnya percaya bahwa kepercayaan tersebut hanyalah mitos semata. Entah bagaimana kebenarannya, hal itu tergantung dari kepercayaan setiap orang.

gambar-burung-kutilang-emas

Suara Kicauan

Banyak pecinta burung kicauan yang merasa tidak tertarik untuk memiliki Kutilang Emas, dengan alasan suaranya yang cenderung monoton dan membosankan.

Padahal suara yang dimilikinya terdengar kristal nan merdu, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan sebagai masteran bagi burung lainnya. Bahkan jika dipelihara oleh orang yang tepat, kemungkinan dapat mencetak burung kicauan dengan suara merdu.

Burung cantik satu ini dijuluki sebagai black crested bulbul, lantaran warna jambulnya yang berwarna hitam pekat. Mudah untuk menemukan si burung cantik ini, lantaran dirinya termasuk burung penetap yang tidak akan pernah melakukan migrasi ke daerah lainnya.

Bahkan di habitat aslinya, hewan ini disebut sebagai burung pemalu yang cenderung bersembunyi di balik rimbunan daun dan pepohonan yang tinggi.

Baca Selengkapnya :  Harga Burung Jalak Putih Beserta Suaranya

Demikian informasi singkat yang dapat kami berikan tentang jenis kutilang emas, yang kiranya dapat menambah pengetahuan temen-temen kicau semuanya ya, semoga bermanfaat.