Mengenal Jenis Burung Cucak Rante, Makanan Dan Harganya

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Tentu saja jenis burung yang satu ini salah satu yang dicari dan dapat dikatakan menjadi primadona oleh hobiis burung ocehan, burung Cucak Rante atau dengan nama lain Cucak Ranting sebenarnya tergolong kedalam jenis unggas Familia Chloropseidae. Pastinya burung yang satu ini memiliki keistimewaan pada kicauannya yang merdu dan mampu menirukan suara dari burung jenis lainnya.

Seperti halnya jenis burung lainnya, Cucak Rante juga banyak diminati dipasaran karena selain suara merdu burung ini juga memiliki warna bulu yang indah dengan dominan warna hijau dan hampir mirip dengan Cucak Ijo. Untuk Kicau Lovers semua yang ingin memiliki Burung Cucak Rante ini, namun masih bingung mencari referensi tenang jenis, bahkan harga, maka kali ini kami akan berbagi tips dan trik memilih dan membedakan kelamin dari burung ini. Simak penjelasannya berikut ini:

Memahami Tipe Cucak Ranting Yang Perlu Kalian Ketahui


Jika Anda ingin memiliki dan memelihara Burung Cucak Rante, tentu saja Anda harus mengetahui jenisnya terlebih dahulu. Ini diperlukan untuk menghindari kesalahan dalam pemilihan jenis bahkan kelaminnya, untuk itu ada beberapa metode yang perlu Anda perhatikan seperti berikut:

Karakteristik Burung Cucak Rante

Burung Cucak Rante memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dan berparuh kecil dengan penampilan yang garang. Paruh dari burung ini meskipun kecil namun mampu mencabik cabik makanannya saat dialam liarnya. Selain itu Burung Cucak Rante juga mempunyai bentuk kaki yang relatif kecil dan dilengkapi dengan kuku kuku yang pendek. Inilah yang membuat burung ini menjadi lincah dan gesit diwaktu terbang menggunakan sayapnya yang lebar dan panjang sesuai dengan ukurannya.

Sementara warna dari Burung Cucak Rante adalah berwarna hijau, meskipun terdapat warna lainnya ditubuh burung ini, tetapi hijau merupakan warna yang paling mendominasi pada bagian tubuh burung lincah ini.

Baca Selengkapnya :  Ciri Dan Karakter Lovebird Lutino Prospek Kualitas Terbaik

Kebiasaan Burung Cucak Rante Dan Habitat

Burung jenis Cucak Rante ini memang belum banyak dikembang biakkan secara tangkaran. Burung ini masih banyak terdapat dialam liar, sehingga banyak pecinta burung yang memilih untuk membelinya dipenjual atau bahkan memikat sendiri dihutan. Sementara habitat dari Burung Cucak Rante ini masih banyak ditemukan hutan perbukitan dan pegunungan dengan ketinggian terbangnya antara 45 hingga 55 meter saja dikaki bukit atau gunung.

Dihabitatnya Burung Cucak Rante ini memang memiliki kebiasaan lebih senang bertengger didahan pepohonan rindang dan ranting ranting, inilah mengapa burung ini sering disebut dengan nama Cucak Ranting. Jika Anda ingin memikat burung ini, metode yang paling baik adalah dengan menggunakan pikat sejenis Burung Cucak Rante betina didalam sangkar yang telah dirancang khusus. Hal ini untuk menghindari kerusakan bulu pada siburung yang akan dipikat.

Tempat yang paling sering dikunjungi oleh Burung Cucak Rante ini adalah dipepohonan yang dekat dengan sumber air seperti sungai, atau lembah untuk mencari minum dan yang jarang dilewati oleh manusia.

Perbedaan Betina Dan Jantan Burung Cucak Rante

Jika Anda ingin mengetahui jenis kelamin dari Burung Cucak Rante ini, ada beberapa metode yang harus Anda ketahui agar tidak salah memilih pada waktu membeli dipasar atau memikat dihutan. Anda harus melihat warna dari Burung Cucak Rante ini untuk membedakannya. Jika burung yang jantan maka akan memiliki bulu dibawah dagu dengan warna mencolok hitam yang melingkari pipi dan lehernya.

Namun berbeda dengan cucak rante betina. Anda akan melihat warna biru yang terdapat dibagian pipi burung ini yang mempertega bahwa ini adalah jenis kelamin betina. Kemudian untuk jenis Burung Cucak Rante yang jantan maka Anda akan melihat warna bagian atas dari matanya adalah berwarna kuning tegas. Warna ini tidak akan Anda lihat pada jenis kelamin yang betina.

Namun berbeda jika Anda mendapati Burung Cucak Rante ini yang masih usia muda atau sering disebut dengan istilah trotolan. Burung muda akan mempunyai warna kuning cerah dan setelah itu hitam trotol pada bagian kepala. Berbeda dengan jenis Burung Cucak Rante yang betina masih muda. Anda akan melihat terdapat warna kehijau hijauan dibagian kepalanya. Meskipun agak sulit tetapi dengan kejelian Anda maka akan dapat membedakan mana yang jantan dan betina.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Tledekan Biar Cepet Gacor

cucak-rante-betina

Makanan Yang Sesuai Untuk Burung Cucak Rante

Untuk pemeberian makanan pada Burung Cucak Rante yang Anda miliki harus sesuai dengan usia dan kebiasaanya. Jika Anda mendapatkan burung ini dengan cara memikat, tentu saja Anda harus lebih slelektif dalam hal ini. Anda dapat memberikan Buah Pisang atau bahkan Pepaya sebagai makanannya.

Kemudian taruh makanan jenis Voer didalam sangkar Burung Cucak Rante Anda. Jangan lupa untuk membiasakan burung ini menkonsumsi Voer maka campurkan dengan kroto atau jangkrik diwadahnya. Berbeda jika Anda mendapatkan burung Burung Cucak Rante ini sedari usia muda. Anda dapat memberikan pakan berupa voer cucak rante yang sesuai dan berkwalitas baik secara rutin setiap harinya.

Kekurangan Dan Keunggulan Burung Cucak Rante

Dalam pemeliharaan Burung Cucak Rante, Anda harus mengetahui apa kekurangan dan keunggulannya. Sebenarnya ini sangat mudah jika Anda teliti, kelebihan cucak ranting ini adalah dapat merekam suara dari burung lain disekitarnya dengan sangat cepat menirukannya.

Untuk itu Anda wajib memelihara jenis burung lain yang ditaruh dekat dengan Burung Cucak Rante ini. Semakin banyak burung masteran Anda maka semakin banyak pula suara yang dihasilkan oleh burung Cucak ranting ini.

Sementara kekurangan pada Burung Cucak Rante ini adalah bulunya yang sangat mudah rontok atau dengan kata lain nyulam. Selain itu burung ini juga sangat sulit beradaptasi pada lingkungan baru, namun dengan metode yang tepat maka kalian harus menjinakkannya terlebih dahulu, agar nantinya dalam memberikan rawatan harian burung ini akan lebih mudah.

Harga Burung Cucak Rante Dipasaran

Tentang harga dipasaran Burung Cucak Rante ini sangat beragam. Ini dtentukan oleh jenis dan usia dari burung itu sendiri, agar lebih faham silahkan Anda simak daftar harga cucak rante dibawah ini:

cucak-ranting-jantan

Daftar harga rata rata Burung Cucak Rante dipasaran.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Derkuku (Mitos dan Suaranya)

Harga Rata Rata Jenis Burung Cucak Rante

Rp 300.000,- Cucak Rante Dari Jakarta Barat

Rp 550.000,- Cucak Rante Super Trotol

Rp 225.000,- Cucak Rante Burung Siri2 Emas

Rp 300.000,- Cucak Rante Jakarta Barat Rajin

Rp 400.000,- Cucak Rante Jenis Burja

Rp 230.000,- Cucak Rante Sehat Ekor Yang Panjang

Rp 220.000,- Cucak Rante Jantan Muda Emas

Rp 250.000,- Cucak Rante Yang Mulus

Rp 280.000,- Cucak Rante Berikut Kandang

Rp 750.000,- Cucak Rante Yang Sudah Isian

Rp 300.000,- Cucak Rante Yang Sudah Gacor

Perlu Anda perhatikan bahwa haga yang ada diatas merupakan harga rata rata yang ada dipasaran. Namun harga tersebut dapat berubah ubah sesuai dengan tawar menawar antara penjual dan pembeli.

Tips Dan Trik Perawatan Burung Cucak Rante

Jika Anda ingin memelihara Burung Cucak Rante ini dirumah untuk dijadikan burung gacor yang dapat digantangkan. Caranya dangat mudah dan tidak sulit, sama halnya seperti burung lainnya yang mungkin pernah Anda rawat sebelumnya. Hal yang wajib menjadi perhatian Anda jika merawat Burung Cucak Rante ini adalah pemberian pakan dan air dalam sangkar yang mesti Anda cek secara rutin setiap harinya. Tentunya dengan berbagai penambahan makanan dan vitamin.

Anda dapat menjadwalkan perawatan Burung Cucak Rante ini seperti memandikannya dalam waktu 3 hari sekali. Kemudian jemur burung disinar matahari pagi dengan waktu kurang lebih satu jam saja. Untuk makanannya Anda bisa memberi tambahan pada Voer yang ada disangkarnya menggunakan EF jangkrik. Selain itu Anda juga bisa menambahkan kroto dengan konsisten pada waktu yang ditentukan misalnya sekali dalam seminggu.

Anda juga perlu melatih burung ini menggunakan kandang umbaran agar lebih lincah dan segar dalam pergerakannya. Tetapi jangan setiap hari, Anda cukup melatihnya seminggu 2 saja dengan lama waktunya kurang lebih 3 jam. Nah itulah informasi seputar jenis cucak rante yang telah kami bagikan secara lengkap untuk Anda kicau mania indonesia, semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari