jalak-hitam

Burung Jalak Hitam, Suara Beserta Harganya

Orang Indonesia mempunyai kebiasaan dalam memberikan nama hewan atau benda yang sesuai dengan ciri khas atau keunikannya. Salah satunya dengan menamainya sebagai jenis burung jalak.

Burung jalak hitam sendiri sering disebut dengan burung jalak kerbau karena bulunya yang dominan hitam seperti warna kerbau. Nama ilmiah dari jenis burung satu ini adalah Acridotheres Javanicus.

Burung jalak pun memiliki beberapa spesies dan memiliki perbedaan masing-masing. Burung jalak berwarna hitam ini punm masih mudah ditemui keberadaannya di pasar burung yang tersebar di seluruh daerah.

Agar kamu bisa mengidentifikasi burung jalak berwarna hitam ini dengan baik, Yuk simak info lebih lengkapnya.

Kelebihan dan Harga Jalak Berwarna Dominan Hitam

Burung jalak berwarna hitam ini masih mudah ditemui dan populasinya masih banyak. Harga yang dibanderol di pasaran pun menjadi murah daripada jenis burung jalak lainnya yakni hanya sekitar 50 ribu sampai 100 ribuan saja.
Harganya tidak akan lebih dari 100 ribu. Dalammembellinya, kamu juga harus pintar menawar dan mencari temooat yang menjual burung ini dengan harga yang murah.

burung-jalak

Suara dari burung jalak hitam ini tidak terlalu merdu, tetapi burung jalak berwarna hitam ini tergolong burung yang pintar karena bisa menirukan suara manusia jika dilatih dengan baik dan benar.

Kemampuan spesial tersebut jarang dimiliki oleh seekor burung, hal itu yang membuat burung ini masih diminati oleh banyak orang. Burung ini juga rajin bersuara setiap harinya dan mudah dijinakkan.

Meskipun dapat menirukan suara manusia, suaranya terkadang tidak terdengar begitu jelas. Tidak seperti burung beo yang benar – benar bisa menirukan suara manusia secara jelas dan lantang.

Baca Selengkapnya :  4 Jenis Burung Lomba Yang Paling Banyak Penggemar Kicau Mania

Selain itu, burung jalak satu ini akan membuka sayapnya ketika berkicau seperti jenis burung jalak putih dan jalak suren. Tetapi jalak berwarna hitam ini tidak memiliki umur yang panjang, jadi kamu harus pintar dan rajin juga dalam merawatnya.

Cara Merawat Burung Jalak Berwarna Hitam

Agar burung jalak hitam memiliki umur yang lebih panjang dan tetap bersih, kamu harus memberishkannya setiap hari dengan cara memandikannya. Kamu bisa memandikannya dengan menyemprotnya ataupun memberikan wadah sendiri bagi burung agar bisa mandi saat terkena terik matahari yang menyengat.

Jangan lupa untuk selalu menjemurnya setelah memandikan dengan durasi kurang lebih sekitar 1 sampai 2 jam. Tidak hanya saat pagi, kamu juga harus memandikannya saat sore hari agar burung jalak berwarna hitam ini kembali bersih dan tidak mudah terserang penyakit. Karena daya tahan dari burung satu ini pun kurang baik atau bisa dibilang lemah.

gambar-burung-jalak-hitam

Selain memandikannya, kamu juga harus mengganti air minumnya di sore hari secara rutin karena burung jalak satu ini dikenal suka mengotori airnya sendiri.

Untuk makanan yang diberikan, kamu bisa memberikan voer sebagai makanan utama burung jalak hitam. Selain itu, kamu harus melengkapinya dengan buah-buahan yang segar, serangga kecil, dan juga biji-bijian.

Jika burung sudah terbiasa untuk memakan voer, kamu bisa mengurangi pemberian makanan ekstra atau makanan pelengkap yang sudah disebutkan tadi.

Itu adalah sedikit ulasan tentang salah satu spesies burung jalak hitam yang banyak beredar di pasaran. Dengan membeli dan memelihara burung, secara tidak langsung kamu sudah berjanji untuk merawat dan menjaga burung tersebut.

Jadi jangan pernah bertindak gegabah saat ingin memelihara burung hanya dengan alasan suka lalu ada burung lain yang bagus dan kamu tidak merawatnya dengan baik dan rutin.

Baca Selengkapnya :  Jenis Kakatua (Habitat, Makanan Beserta Gambarnya)