cara-merawat-cucak-ijo-bakalan

6 Cara Mudah Merawat Cucak Ijo Bakalan Agar Rajin Berkicau

cara merawat cucak ijo bakalan, banyak sekali para penghobi burung kicau yang masih pemula dan masih bingung caranya untuk memberikan perawatan yang tepat untuk jenis burung cucak ijo. Burung cucak ijo atau sering disingkat dengan CI sangatlah unik dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya.

Dengan fisik yang ideal, warna khas nopeng hitam pada wajahnya yang gagah dan bulu yang mendominasi warna hijau ini banyak dijadikan sebagai burung peliharaan ataupun sengaja dilatih untuk dijadikan sebagai burung kontes nantinya. Akan tetapi buat memperoleh cucak ijo yang telah mapan serta gacor dor, pasti memerlukan modal serta bajet yang cukup besar.

Bagaiana cara menyiasatinya jika anggaran modal anda pas-pasan ?. Solusinya jika kalian sabar dan berani menempuh proses panjang dalam merawat burung cucak ijo ini, maka carilah yang masih mudah bakalan atau bahan.

Sehabis kalian membeli burung bakalan, sudah pasti hendak dihadapkan mengenai gimana metode menjaga cucak ijo bakalan yang pas, supaya nanti dikala berusia jadi burung yang mempunyai mental serta karakter yang amat bagus.

burung-cucak-ijo-muda

Trik Sederhana Perawatan Cucak Ijo Bahan Agar  Cepat Gacor


1. Memilih Cucak Ijo Bahan Yang Memiliki Kualitas Bagus

Saat sebelum memilihara cucok ijo, hingga diperlukan metode memilah cucok ijo yang baik buat adu dan dicetak sebagai burung lapangan (kontes). Maksudnya temen- temen kicaumnia wajib memilah tipe cucok ijo yang mempunyai suara yang keras, nyaring, speed rapet, berdurasi. Otomatis pilihlah cucak ijo yang jantan, sebab suaranya lebih keras serta baik buat di turut lombakan.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Serindit (Makanan, Harga, Sangkar, dan Suara)

Selain itu ciri-cirinya : pada pangkal paruh terlihat besar, dan tebal. Bola mata terlihat melotot dengan sorot mata yang tajam, gerakan lincah beraktifitas didalam kandang, fisik sempurna tidak cacat, bulu terlihat rapih dan bersih.

Ada pengujian lainnya yang sangat terbukti apakah cucak ijo itu nantinya memiliki kualitas baik atau tidaknya, cukup sederhana caranya : dekati burung cucak ijo yang akan kalian pilih, dan berikanlah 1 sampai 3 ekor jangkrik menggunakan tangan secara langsung, perhatikan juga saat memakan jangkrik tersebut burung terlihat lahap langsung menyantapnya atau terkadang hanya menggapit diparuhnya dimain-mainkan sambil berkicau.

2. Menyesuaikan diri Area Terkini Dan Penempatan Yang Nyaman

Proses adaptasi saat ketika baru membeli burung jenis apapun tentu harus dilakukan, dan jangan disepelekan karena jika salah memberikan perlakuan awal maka akan sulit dan bisa membuat burung malah bisa stress nantinya.

Pastikan tempat penyimpanan, ataupun menggantung kandang dalam perawatan hariannya aman dari gangguan hewan predator yang bisa membahayakan si burung, seperti kucing, anjing, tikus, semut dan lain-lain. Hingga dari itu cermati kenyamanan burung ini supaya senantiasa aman tiap harinya, supaya tingkatkan keyakinan dirinya serta buatnya giat buat bernyanyi.

3. Langkah Penjinakkan burung Cucak Ijo Bahan

Jika burung sudah terlihat beradaptasi langkah selanjutnya boleh kalian lakukan penjinakkan, seluruhnya butuh lewat langkah ini bila Kamu membeli burung bakalan. Tata cara juga wajib dicocokkan dengan kepribadian burungnya semacam apa.

Pada umumnya ketika pagi jangan langsung menggantung kandang di tempat yang tinggi, biasakan kandang saat penjemuran diletakkan di bawah lantai seta di tempat keramaian yang sering dilalui orang banyak.

memandikan-cucak-ijo-bakalan

4. Memandikan Serta Menjemur burung Cucak Ijo Bahan

Semacam pada tipe burung yang lain, khasiat dari memandikan burung secara tepat mempunyai khasiat yang bisa membuat burung jadi fresh serta esoknya lebih aktif serta pula segar.

Baca Selengkapnya :  Ciri Khas Suara Burung Parkit Beserta Makanan Dan Harganya

Buat memandikannya, dapat dengan dicoba pagi hari sehabis di anging- anginkan dekat 30 menit di tempat yang terbuka, pada jam 70. 30, hingga mandikan cucok ijo dengan metode meyemprotkan air ke cucok ijo tetap di dalam kandangnya, atau lebih baiknya lagi mengajarkan untuk mandi di dalam bak keramba khusus yang sudah disiapkan sebelumnya. Jika burung sudah beres mandi maka dilanjutkan dengan menjemur setelahnya sampai jam 10 siang.

5. Pemberian Pakan Yang Bermutu Dan Multivitamin

Cucak ijo merupakan burung pemangsa serangga, tetapi dapat diserahkan santapan buah semacam papaya serta yang lain. Buat santapan serangga, EF yang bagus buat cucak ijo merupakan kroto, jangkrik, serta cacing tanah. Jangkrik diserahkan tiap hari serta dengan cara teratur.

Dapat ditambahkan dengan cacing tanah dalam kondisi khusus semacam saat sebelum adu supaya birahinya naik ataupun bagaikan pengganti jangkrik yang kurang. Buat pagi hari, bagikan voer seperlunya.

Pemberian makan pada siang hari pula dapat dicoba tetapi bukan santapan voer serta EF semacam jangkrik serta yang lain. Tetapi bagikan lah pisang kepok yang amat baik buat perkembangan badan cucak ijo.

pemberian-pakan-burung-cucak-ijo-bahan

Buat burung bakalan yang sedang belum terbiasa menyantap voer, pisang kepok dapat dijadikan penggantinya ataupun buah- buahan yang lain. Tetapi bila bakalan Kamu telah makan voer, pisak kepok ataupun buah- buahan cuma diserahkan 1 ataupun 2 kali dalam sepekan.

Pemberian merek voer yang baik dapat disesuaikan dengan kesukaan si burung tersebut, dan jangan lupa untuk memberikan asupan multivitamin agar dapat menjaga daya tahan serta imunitas dalam tubuh si burung agar tidak mudah sakit. Berikan vitamin tambahan yang bisa mudah kalian dapatkan di kios-kios burung terdengan dengan berbagai macam merk, gunakanlah kiranya jenis vitamin yang cocok untuk si burung cucak ijo kesayangan kalian.

Baca Selengkapnya :  7 Jenis Burung Langka Hampir Punah Yang Ada Di Indonesia

6. Metode Pemasteran Yang Tepat

Dengan mendengarkan suara kicauan burung lainnya atau sering disebut dengan mastering, merupakan salah satu bentuk perawatan untuk melatih si burung agar pandai menirukan suara dengan materi yang sudah dilatih secara berkesinambungan setiap harinya, baik dalam keadaan istirahat terutama jika siburung sedang mengalami masa mabungnya, tentu akan lebih maksimal.

Burung cucak ijo tergolong jenis burung pintar yang dapat dengan cepat menirukan suara yang kita perdengarkan, akan tetapi mudah sekali lupa. Maka dari itu kita sebagai pemiliknya wajib memasternya setiap hari secara rutin, terlebih burung yang masih muda bahan ini sudah pasti lebih mudah menangkap apa yang kita perdengarkan kepada si burung tersebut.

Baca juga : Suara Cucak Ijo Ngetrok Mewah Beserta Harganya