Ciri Cucak Ijo Kalimantan Yang Bagus

Cucak Ijo Kalimantan – Sobat kicau di edisi hari ini kita akan mengulas informasi tentang salah satu spesies burung yang banyak diminati oleh kicau mania dan juga dia memiliki warna yang unik.

Yap cucak ijo dikenal dengan suara kicauannya yang merdu bahkan lebih merdu dari burung kacer yang memang garang, dia juga memiliki sifat fighter yang secara alami terbentuk didalam karakternya.

Ada beberapa jenis cucak ijo mulai dari banyuwangi, cucak ijo mini dan ini CI kalimantan. Pasti kalian belum tahu kan, karena biasanya terutama para pemula hanya tahu burung cucak ijo saja cukup

tanpa mengenal spesies dan apa saja perbedaannya. dari pada kalian bingung dan semakin penasaran dengan unggas pengicau yang satu ini langsung saja kita akan ulas informasi selengkapnya…

harga-cucak-ijo-kalimantan

Mengenal Burung Cucak Ijo Kalimantan

Ciri Fisik CI Kalimantan

Berdasarkan postur tubuhnya Cucak ijo kalimantan lebih kecil dibanding yang banyuwangi, dan warna tubuhnya tidak terlalu pekat hijaunya. Kalau cucak ijo banyuwangi ijo daun yang gelap.

Untuk yang kalimantan ijonya terang bahkan terlihat kekuningan. Ci kalimantan juga memiliki ekor yang lebih pendek dibanding yang lainnya. meskipun kalah panjang ekornya terdapat warna kebiruan yang terlihat melengkung.

Keistimewaan lain dari CI kalimantan ini ialah kicauannya yang volumenya nyaring dan suara nya sangat variatif termasuk yang mudah dilatih karena memiliki kecerdasan yang lebih dari jenis lainnya

sehingga kalau kalian masteri dia tak menunggu waktu lama dia akan mudah sekali merekam dan mengikutinya. Untuk harga sebenarnya sama saja dengan yang banyuwangi tidak berbeda jauh tergantung kualitas si burung.

Habitat Asli

Sesuai namanya, Cucak ijo kalimantan ini banyak ditemukan di kawasan Pulau Kalimantan dia menempati pepohonan tinggi di hutan tropis dan dia membuat sarang di sekitar pohon dan juga mencari makan dari satu

pohon ke pohon lain. Di alam bebas dia memakan serangga kecil seperti jangkrik, semut dan juga ulat. tetapi dia juga sangat menyukai buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan airnya karena cukup jarang minum.

Tips Perawatan Harian CI Kalimantan

Perawatan harian Cucak Ijo kalimantan terbilang mudah kalian tidak perlu susah – susah melatihnya sedemikian rupa dengan terapi-terapi khusus yang membuatnya menjadi jinak dan gacor.

Karena mentalnya yang bagus dia tidak takut sama orang meskipun berada ditempat yang baru mungkin adaptasinya cepat gitu sobat. seperti biasa burung memerlupan tahapan perawatan mulai dari waktu

cucak-ijo-kalimantan-jantan

terbit fajar sampai terbenamnya matahari yang teratur secara perawatan dan juga waktunya. selain itu asupan makanan dan minuman juga diperhatikan supaya dia menjadi lebih sehat. Urutannya sebagai berikut :

1. Pengembunan pukul 5.30
2. Mandikan burung dipukul 7.00 – 8.30
3. Setelah dimandikan kalian bisa membersihkan kandang dan mencuci cepuk makan dan minumnya.
4. Ganti makanan dengan voer baru dan air minum di ganti setiap hari
5. Jemur dibawah sinar matahari pagi di pukul 8.00 sampai 9.00
6. setelah dijemur berikan dia EF berupa jangkrik dan buahan segar di gantung di ujung kandang seperti pepaya atau pisang kepok.
7. Pindahkan ditempat yang adem anginkan sambil dimaster
8. DI waktu senja tutup krodong kandang dan biarkan dia beristirahat.

Bagaimana sobat kicau menarik bukan cucak ijo kalimantan ini ? kalau tertarik untuk memeliharanya pastikan kalian merawatnya dengan baik ya karena itulah tanggung jawab kita sebagai pecinta burung bukan hanya kepuasan semata.