Cara Merawat Burung Siri Siri

cara merawat burung siri siri – Sebagai penggemar burung kicau, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis burung yang dinamakan siri siri ini. Tapi, apakah Anda telah memahami tentang Cara Mudah Merawat Burung Siri Siri Supaya rajin bunyi Siang Malam?

Kebanyakan untuk perawat burung siri siri yang masih pemula masih bingung akan hal ini. Karena takut akan salah dalam perawatan bukannya burung menjadi rajin bunyi, malah menjadi lemas dan tidak mau untuk berkicau.

Hal seperti ini tentunya tidak Anda inginkan. Karena efek yang paling fatal dari perawatan yang salah adalah mengakibatkan burung siri siri Anda akan mati. Untuk itu silahkan Anda simak ulasan mengenai Cara Mudah Merawat Burung Siri Siri Supaya rajin bunyi Siang Malam berikut ini:

harga-burung-siri-siri

Trik Gampang Memelihara Burung Siri Siri Agar Rajin Berkicau

Cara Merawat Burung Siri Siri

Dalam perawatannya burung siri siri ini juga termasuk metode yang mudah untuk dilakukan oleh Anda yang ingin mencoba memeliharanya. Burung siri siri ini dapat dengan cepat untuk rajin bunyi jika Anda melakukan perawatan seperti berikut ini:

• Setiap pagi sekitar jam 5 sam pai jam 6 Anda bisa mengembunkan burung siri siri rawatan Anda secara rutin.

• Setelah itu sekira pukul 7 sampai jam 8 pagi Anda mandikan saja burung siri siri dengan metode semprotan halus.

• Lanjutkan dengan menjemur burung siri siri Anda dari jam 8 sampai jam 10 pagi saja.

• Setelah itu pindahkan burung siri siri ketempat yang sejuk dan teduh untuk diangin anginkan.

• Jangan lupa untuk memberikan pakan utama yang sesuai dengan kegemaran siburung, pakan bisa berbentuk Voer.

• Tambahkan makanan burung cucak rawis berupa extra food pada burung siri siri agar naluri alaminya semakin baik. EF berupa buah seperti jangkrik yang telah dipotong potong kedalam cup makan burung.

• Anda dapat membersihkan kandang siburung siri siri dengan waktu 2 atau 3 hari sekali disesuaikan saja.

• Setelah pembersihan kandang Anda lakukan, maka lanjutkan dengan memasang kerodong pada sangkar burung siri siri Anda disore harinya.

• Letakkan kandang ditempat yang aman dari berbagai gangguan termasuk hewan seperti kucing.

• Kemudian saat burung siri siri beristirahat pada waktu malam, Anda bisa memutar mp3 suara burung menggunakan ponsel Anda.

• Letakkan pemutar suara kicau mp3 tadi disekitar kandangnya untuk memasteri siburung.

• Lakukan pemasteran selama 2 sampai 3 jam saja setiap harinya.

• Setelah itu biarkan burung beristirahat hingga menjelang pagi hari.

• Lakukan dan ulangi metode diatas sampai burung siri siri Anda menjadi rajin bunyi siang dan malam.

• Selesai

burung-pleret

Karakteristik Burung Siri Siri

Burung siri siri termasuk kedalam jenis burung cucak yang memiliki ukuran tubuh sedang. Habitat asli dari burung ini adalah hutan belantara memang ada kemiripan dengan jenis burung cucak rawis atau yang sering disebut dengan burung sunda bul bul, burung bayeman dan burung pleret akan tetapi burung siri siri memang sedikit lebih besar ukurannya.

Kicauan dari burung siri siri ini cukup menarik dan unik. Ia mampu mengeluarkan volume kicau yang keras dan lantang serta ngeroll dengan rapat dan tajam. Jadi tidak heran jika burung kicau yang satu ini kerap dijadikan masteran burung cucak rawis untuk jenis burung lainnya seperti kacer, murai, cucak ijo, dan lain lain.

Perbedaan Burung Siri Siri Dengan Cucak Rawis

Menurut analisa yang pernah dilakukan oleh beberapa orang pengamat burung kicau, bahwa burung siri siri ini masuk kedalam jenis burung bangsa cucak atau “Pycnonotidae”.

Nah apa perbedaan burung siri siri dan cucak rawis ?. Jika diperhatikan dengan seksama pada burung siri siri ini memang terdapat warna bulu yang bergaris garis kecokelatan hanya dileher sampai dada saja. Berbeda dengan burung cucak rawis yang memiliki garis bulu kecoklatan namun sampai pada bagian belakangnya.

perbedaan-burung-siri-siri-dan-cucak-rawis

Sementara untuk membedakan burung siri siri yang jantan dan yang betina adalah dengan cara yang amat gampang. Salah satunya dari harga burung siri siri suda pasti berbeda ya, namun jika jantan burung siri siri ini akan memiliki jambul yang tegak, berbeda dengan betinanya yang memiliki jambul pendek dan tidak tegak.

Cara yang kami share diatas memang terbukti ampuh untuk menjinakkan burung siri siri yang masih bakalan dan membuatnya menjadi rajin berkicau. Seperti yang Anda ketahui bahwa burung yang baru saja didapat atau dibeli dari penjual akan dalam kondisi yang masih giras dan liar.

Namun dengan perawatan yang seperti diatas, maka tidak butuh waktu terlalu lama siburung siri siri akan menjadi jinak. Soal kicauan dari burung kicau, selain dengan perawatan yang benar, waktu dalam memasterinya juga sangat berpengaruh.

Untuk itu konsisten saja jika sedang memasteri siburung sampai terbiasa dan berubah menjadi lebih rajin ngicau. Jangan lupa multivitamin dan kandang yang bersih menjadi faktor kesehatan siburung agar rajin bunyi setiap harinya.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai bagaimana Cara Merawat Burung Siri Siri Supaya rajin bunyi Siang Malam. Ikuti terus artikel kami, dan selamat mencoba!

Related Posts
Cara Perawatan Burung Parkit Mabung

Perawatan Burung Parkit Mabung memang sangat penting dan pastinya perawatannya juga berbeda dengan rawatan harian biasa. Tak hanya pada parkit Read more

Cara Merawat Cucak Keling Agar Rajin Bunyi
cara-merawat-cucak-keling

cara merawat cucak keling - Burung cucak keling ini juga dikenal dengan panggilan perling yang telah kita kenali personalitasnya benar-benar Read more