Cara Mudah Merawat Burung Pijantung Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Cara Merawat Burung Pijantung – Burung Pijantung, Anda pasti sudah mengenal salah satu jenis burung kicau pemakan nektar yang juga menjadi idola para kicau mania nusantara ini. Namun apakah Anda sudah mengetahui detail bagaiaman Cara Mudah Merawat Burung Pijantung Agar Cepat Gacor?.

Begitu juga dengan segi perawatan agar burung pijantung ini cepat gacor. Banyak yang belum mengetahui bagaimana cara yang baik dan tepat untuk urusan ini. Sebagai jawaban dari kebingungan Anda, silahkan disimak artikel ini sampai benar benar selesai.

Trik Gampang Memelihara Burung Pijantung Supaya Rajin Bunyi

Ada beberapa trik untuk perawatan burung pijantung yang telah kami rangkum untuk kami bagikan pada Anda sebagai pecinta burung kicau, simak ulasannya berikut ini:

1. Sangkar Yang Bersih Untuk Burung Pijantung

Burung pijantung termasuk dalam salah satu burung yang tidak suka tempat kotor. Untuk itu Anda perlu merawatnya dalam sangkar khusus yang terjaga kebersikannya. Hal ini juga dapat berguna untuk kesterilan burung agar tidak mudah sakit akibat kuman dari sangkarnya.

2. Menjinakkan Burung Pijantung

Jika Anda mendapatkan burung ini dari hasil mikat atau membelinya dari pasaran. Itu artinya Anda juga harus tahu bagaimana cara menjinakkannya. Hal ini sama seperti burng lainnya, Anda perlu secara rutin memandikan burung dan menggantungkannya pada tempat yang sering silalui oleh banyak orang agar burung ini terbiasa.

Baca Selengkapnya :  6 Macam Makanan Burung Kolibri Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Caranya pada waktu pagi hari, anda dapat memandikan burung ini menggunakan metode semprot secukupnya. Setelah itu burung dijemur dengan lama waktu sekitar satu jam. Lalu pindahkan burung ketempat yang bisa diangin anginkan dan dilalui oleh banyak orang agar burnug menjadi jinak dan tidak takut manusia.

3. Memberi Pakan Yang Tepat Untuk Burung Pijantung

Burung pijantung gemar mengkonsumsi madu dialam bebas. Untuk itu Anda harus mencari pakan Voer khusus burung pemakan madu yang biasanya berbentuk halus untuk diberikan pada burung pijantung ini. Selain itu Anda juga harus rutin memberikan racikan pakan pijantung atau EF berupa madu atau susu untuk makanan tambahan burung pijantung. Agar burung terbiasa memakan voer, maka Anda perlu mencampurkan Voernya dengan kroto secukupnya.

Selain itu Anda juga harus menaruh air minumnya dalam cup yang ada disangkar. Jangan lupa gunakan air yang bersih dan diganti setiap dua hari sekali, apabila air minumnya sudah kotor.

Burung ini gemar mengkonsumsi nextar atau madu jika berada dihabitatnya seperti hutan dan alam liar. Burung ini juga memiliki postur yang sedikit lebih besar dari burung penghisap madu jenis lainnya.

racikan-pakan-pijantung

4. Tambahkan Vitamin Dan Rutin Jemur

Penambahan vitamin pada burung pijantung juga akan mempengaruhi seberapa cepat dia dapat gacor. Selain itu Anda juga harus rutin memandikan dan menjemur burung ini dibawah sinar matahari pagi.

Ciri Burung Pijantung

Selain itu burung pijantung ini juga memiliki paruh yang panjang yang mirip dengan burung kolibri atau jenis pemakan madu laiinya. Diperkirakan ukuran dari tubuh burung ini mencapai 15 hingga 20 cm.

Jenis jantan dan betina memang hampir mirip ya, sangat sulit untuk dibedakan. Namun dengan ketelitian Anda dapat dengan mudah membedakan betina atau jantannya. Tips yang sering digunakan adalah mendengarkan suara burung pijantung yang lebih memiliki variasi kicaunya biasanya yang jantan ya.

Baca Selengkapnya :  10 Jenis Burung Peliharaan Untuk Pemula

Selain berbagi mengenai beberapa trik menjinakkan burung pijantung agar cepat gacor, kali ini kami juga akan mebahas tentang masing masing jenis dari burung ini secara rinci. Silahkan simak penjelasannya:

perawatan-pijantung-besar

Berbagai Jenis Dari Burung Pijantung

Dalam memberikan perawatan yang baik adalah faktor utama yang dapat menentukan tingkat kualitas dari burung kicau tersebut. hal ini mencakup keseluruhan pengaruh burung kicau saat bernyanyi disetiap harinya agar dapat menghasilkan kicauan yang keras dan panjang, tidak lemas, nafsu makan yang baik, dan lain sebagainya.

Tak pelak juga pada jenis burung kicau yang bernama Pijantung. Burung ini juga menjadi salah satu idola para kicau lovers karena suaranya yang merdu dan unik. Burung ini diketahui masih masuk dalam family Nectariniidae, dengan 4 macam jenisnya.

1. Burung Pijantung Kecil ( Arachnothera Longirostra )

Burung pijantung kecil merupakan jenis burung dengan ukuran tubuh yang kecil. Panjangnya sekitar 15 cm. Tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun, tenggorokan agak keputih putihan, yang berwarna kuning cerah dari dada hingga perut.

Burung ini memiliki sifat pemalu dan sering bersembunyi di rerimbunan pohon. Burung ini juga sering terlihat di pohon pisang dan jahe untuk menghisap madu. Burung pijantung jenis ini banyak dijumpai di peternakan, pekarangan belakang dan kawasan hutan di Kalimantan, Sumatera, Bali, dan Jawa.

Secara umum burung ini memiliki 13 subspesies atau keturunan yang tersebar seluruh dunia. Dimana 7 keturunan yang dapat ditemukan di wilayah Indonesia. Suaranya terdengar cukup tinggi selama burung ini terbang. Untuk harga burung pijantung kecil bisa mencapai 200 sampai 300 ribuan.

2. Burung Pijantung Besar ( Arachnothera Robusta )

Pijantung besar merupakan jenis burung dengan ukuran besar 22 cm. Namun burung ini terlihat langsing dengan paruh tebal yang begitu panjang. Tubuh bagian atas berwarna zaitun, sedangkan bagian bawah berwarna kekuningan.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Serindit Untuk Lomba

Jenis burung ini biasanya berada di kawasan hutan antara 400 dan 1.400 meter di atas permukaan laut. Burung ini sifatnya agresif dan suka mengejar burung pijantung lainnya, nah untuk makanan burung pijantung besar ini bisa kalian berikan kroto, voer halus dan nektar.

harga-burung-pijantung-kecil

3. Burung Pijantung Kampung ( Arachnothera Crassirostris )

Pijantung kampung hampir mirip dengan pijantung kecil. Panjangnya 17 cm, tetapi memiliki paruh tebal dan pendek, tenggorokan abu-abu dan juga lingkaran hitam yang cukup mencolok.

Burung ini hanya terdapat di wilayah Sumatera dan Kalimantan serta Semenanjung Malaysia. Jenis burung ini juga sering terlihat di hutan hingga 1.300 meter di atas permukaan laut. Suaranya monoton dengan volume yang relatif kecil.

Baca juga : Harga Burung Kolibri Terupdate

4. Burung Pijantung Tasmak (Arachnothera Flavigaster )

Pijantung tasmak juga termasuk jenis yang bercirikan area mata lebih lebar dan lebih terang. Burung jenis ini berukuran besar, panjang 22 cm, yang merupakan ukuran terbesar dari semua jenis pijantung, suara burung pijantung tasmak ini memiliki variasi kicauan yang sangat rapat dan tajam, cocok untuk memaster burung lomba seperti murai batu.

Pijantung Tasmak dapat ditemukan di daerah terbuka Kalimantan dan Sumatera. Selain itu, burung ini sering ditemukan di perkebunan kelapa, ladang dan kebun hingga 1.300 meter di atas permukaan laut.

Demikianlah pembahasan tentang cara merawat burung pijantung. Ikuti terus artikel kami lainnya yang menarik untuk dibaca, semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari