Cara Merawat Cucak Ijo Mabung Yang Tepat Agar Cepat Tuntas

Pada kesempatan kali ini, situs resmi OmKicau.ID akan memberikan tips seputar cara merawat cucak ijo mabung yang bisa kalian terapkan untuk burung CI kesayangan kalian agar bisa cepat tuntas dan mendapatkan hasil yang maksimal. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Trik Sederhana Memelihara Burung Cucak Ijo Rontok Bulu

Penempatan Kandang Yang Nyaman

Penempatan buat menggantung kandang juga merupakan aspek yang butuh dicermati kala cucak ijo alami proses mabung, dikarenakan karakter cucak ijo ini lebih rentan terserang stress, hingga hendaknya jalani dahulu pengisolasian. Hindarkan dari bermacam hewan penggangu yang lain dan kondisikan kandang ditempatkan di tempat yang aman dan nyaman tentunya.

Tidak Memandikan Serta Menjemur

Pada masa rontok bulu sebaiknya burung lebih baik di full kerodong, dan burung tidak disarankan untuk mandi ataupun dijemur, karena bisa mengganggu proses rontok bulu cucak ijo tersebut.

Berbeda dengan saat burung tumbuh bulu, atau dorong ekor. Baru boleh dimandikan cukup 3 hari sekali dan dijemur sebentar saja sekitar 15 ketika sudah dimandikan.

Pemberian Pakan Serta Multivitamin

Pastinya cucak ijo yang lagi hadapi cara mabung menginginkan banyak nutrisi. Di dikala cara ini sendiri beliau menginginkan zat protein keratin supaya bisa kembali meningkatkan bulu– bulu rontoknya.

Meski nampak sepele, tetapi kamu tidak bisa melalaikan andil dari ekstra fooding ini. Sebab memanglah di perlukan oleh cucak ijo buat kembali memperoleh stamina yang prima. Umumnya ekstra fooding yang di bagikan adalah kroto, cacing serta jangkrik.

Baca Selengkapnya :  Cara Mencari Settingan Lomba Murai Batu Yang Tepat

Tidak hanya memikirkan buat membagikan ekstra fooding, kamu pula sebisa bisa jadi di haruskan buat memberinya komplemen ataupun multivitamin. Terdapat banyak multivitamin yang dapat kamu miliki di pasaran serta pastinya dengan membagikan buah– buahan. Berikanlah pepaya, sebab buah ini banyak hendak vit C yang pasti dibutuhkan.

Semacam yang sudah di jelaskan di atas kalau air minum yang di maanfaatkan buat di kasihkan pada cucak ijo pula ialah salah satu aspek pemicu terbentuknya mabung, namun untuk sterilisasi serta kebersihan air minum juga harus diperhatikan setiap harinya, agar kualitas suara burung tetap terjaga.

Pemasteran Yang Tepat

Pada proses mabung ini sangat dianjurkan burung cucak ijo untuk dimaster setiap harinya, baik menggunakan burung asli ataupun suara audio mp3 masteran diusahakan ketika burung sedang dimaster, kandang harus dalam kondisi di kerodong. Berikan jeda waktu pemasteran akan tetapi durasi rutin setiap harinya.

Ciri Cucak Ijo Alami Masa Mabung

Mabung ataupun molting merupakan perihal lazim yang hendak terjalin pada bermacam tipe burung kicauan. Mabung ini merupakan cara dimana bulu– bulu burung hendak hadapi kerontokan, dari bulu-bulu kecil, hingga yang besar.

Satu persatu saling berjatuhan. Pada umumnya burung kicauan mabung memasuki usia mapan, dari trotolan yang akan berubah menjadi dewasa, namun bagi yang sudah dewasapun tentu mengalami masa mabung yang normalnya antara 7 – 9 bulan sekali.

Kalian juga wajib paham mengenai karakteristik yang di punya cucak ijo kala hadapi masa mabungnya antara lain ialah:

Bagian dari bulu– bulu cucak ijo hendak nampak kurang apik serta pula kusam, Bakal tampak sembarang– acakan pada bulu bagian ekor, Cucak ijo kalian bakal jadi lesu buat mengoceh ataupun berbunyi, Bulu-bulu kecil ataupun yang besar setiap hari semakin banyak menjatuhkan / merontokkannya, Jika dilihat dari aktifitasnya sudah pasti burung kurang bergairah seperti burung sakit, kebanyakan diam pastinya.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Cara Merawat Burung Branjangan Agar Cepat Gacor

Nah jika dalam memberikan rawatan burung cucak ijo ini ketika mabung tidak beres, atau salah memberikan pola rawatan yang tepat, maka sudah pasti akan banyak permasalahan yang timbul dan menurunkan performa burung tersebut. Jadi intinya kalian harus hati-hati cara merawat cucak ijo mabung ini, agar hal-hal yang tidak di inginkan terjadi.