6 Tanda Kucing Akan Melahirkan, Kalian Wajib tahu

6 Tanda Kucing Akan Melahirkan – Halo cat lovers, memelihara kucing betina tentu ada plus minusnya dimana dengan memiliki kucing betina kalian akan mendapatkan keturunan dari kucing tersebut sehingga jumlah peliharaannya semakin banyak

bahkan ada yang bisa dijual kembali. Tetapi kalian juga harus lebih ekstra lagi dalam memberikan perawatan ketika dia hamil, hingga melahirkan bahkan ketika anak-anaknya lahir kalian juga harus memberikan perhatian lebih ekstra lagi.

Belum lagi permasalahan-permasalahan yang akan timbul masa masa dia hamil hingga melahirkan. Di artikel ini kita akan mengulas tanda-tanda yang akan ditunjukan oleh kucing betina ketika dia akan melahirkan yang harus kalian ketahui.

6 tanda kucing akan melahirkan

Berikut ini 6 Tanda Kucing Akan Melahirkan

1. Menjelang kelahiran anak kucing

Satu minggu sebelum perkiraan kelahiran anak-anak kucing, kamu diharuskan untuk mempersiapkan tempat yang aman dan nyaman bagi indukan melahirkan. Tempatnya beragam boleh lemari, kotak, atau tempat yang bisa dipakai untuk si kucing, ketika dan setelah proses lahiran.

Meskipun demikian, kalian jangan heran dan kecewa kalau nantinya si kucing yang memang hewan mandiri ini mungkin tidak menggunakan tempat yang sudah dipersiapkan tadi. Sesudah dia lahiran kalau kalian mau memisahkan anakannya ketempat yang nyaman baru boleh.

Selain itu kalian juga harus persiapkan handuk bersih, antiseprik dan gunting steril yang mungkin saja diperlukan untuk membantu proses persalinan si kucing dan juga simpan kontak dokter hewan jika keadaan darurat diperlukan.

2. Tanda Kucing Melahirkan

Berbeda dengan manusia, kucing hamil dan siap melahirkan disekitar 62 hari saja sampai dia mengeluarkan tanda-tanda segera melahirkan. Ada beberapa tanda kelahiran yang bisa cat lovers semua perhatikan, sebagai berikut ini:

  • Kucing mulai mencari tempat dengan mengatur ulang atau mengacak tempat tidurnya
  • Kucing betina peliharan kalian akan terlihat sangat gelisah dan mondar-mandir di sekitar rumah
  • Selanjutnya Kucing akan lebih aktif mengeong.
  • Akan keluar lendir atau keputihan dari jalan lahiran si Kucing
  • Bolak balik ke kotak pasir tanpa mengeluarkan apa pun.

Biasanya kucing lebih suka melahirkan sendirian tanpa bantuan orang lain sehingga kalian harus memperhatikan dimana dia akan melahirkan dan pastikan apakah dia membutuhkan bantuan atau tidak.

3. Proses Melahirkan

Tahap persalinan dapat berlangsung dari 2 hingga 24 jam, waktu ini pun terbilang cukup panjang. Anak kucing biasanya akan lahir dengan kepala terlebih dahulu seperti bayi manusia, tetapi jika kucingmu melahirkan dengan kaki terlebih dahulu ini bukan suatu masalah sehingga tidak perlu merasa khawatir.

Setelah anak kucing pertama lahir, biasanya anak kucing selanjutnya akan lahir sekitar 30 menit hingga satu jam kemudian.

4. Intervensi saat persalinan

Intervensi atau campur tangan apa pun dari kita sebagai pemilik kucing harus diminimalkan. Namun terkadang, intervensi diperlukan untuk kesehatan anak kucing atau si induk kucing. Perlu kamu tahu, semua anak kucing dilahirkan dalam kantung berselaput tipis yang harus dikeluarkan sang induk setelah bayinya lahir.

Jika dia tidak cukup kuat melakukan itu, kamu perlu merobek kantung dengan hati-hati. Pastikan untuk tidak gunakan benda tajam saat merobek selaput tersebut. Lakukan segera mungkin agar anak kucing dapat bernapas.

Selanjutnya, kamu harus membersihkan mulut dan hidung si bayi kucing dan menggosokkan dengan handuk bersih. Tindakan ini akan mendorong si bayi kucing untuk bernapas sendiri. Induk kucing baru biasanya akan mengunyah tali pusarnya sendiri, tetapi jika tidak dilakukan, kamu harus turun tangan dan memotongnya.

5. Setelah Kelahiran

Indukan kucing akan melahirkan anak kucing sekitar 4 sampai 6 ekor. Kalau dalam proses kelahiran kalian menemukan dia kesulitan dalam mengejan ataupun adanya pendarahan setelah lahiran kalian harus segera menghubungi dokter hewan.

6. Setelah semua anak kucing lahir

Setelah kamu yakin bahwa semua anak kucing telah lahir dan induk kucing tampak sehat, beri dia kesempatan untuk mengenal bayinya.

Si induk kucing harus segera mulai menyusui, sebab anak kucing yang baru lahir perlu diberi makan dalam waktu satu atau dua jam setelah dilahirkan. Namun, jika ini tidak terjadi maka kamu harus bersikap sebagai ibu pengganti.

Jika mereka tidak mendapatkan cukup makanan atau induk kucing menolak untuk menyusui, kamu harus menambah asupan susu mereka menggunakan botol. Kamu juga bisa menambahkan suplemen yang dapat kamu beli di toko hewan peliharaan terdekat.

Baiklah sobat cat lovers semua, itulah tadi ulasan menarik mengenai 6 tanda kucing akan melahirkan yang penting kita ketahui terutama bagi para pemula. Semoga kucing yang kita pelihara baik itu jantan maupun betina dalam keadaan sehat selalu. Sampai jumpa di informasi lainnya guys.

baca juga artikel terkait :

5 Dampak Buruk Pisahkan Anak Kucing Terlalu Cepat

Tanda Tanda Kucing Hamil yang Perlu Diketahui

Langkah Tepat Menyembuhkan Luka Pada Kucing

Related Posts
Mengenal Ikan Bala Shark dan Perawatannya
Ikan Bala Shark

Ikan Bala Shark atau Hiu Bala adalah ikan air tawar yang besar dan menarik yang dipertimbangkan oleh banyak pemilik akuarium Read more

Menggali Potensi Sukses Melalui Sikap Wirausaha yang Tangguh
Sikap Wirausaha

Sikap Wirausaha : Dalam era globalisasi ini, keberanian untuk menjadi seorang wirausaha merupakan langkah yang patut diapresiasi. Sikap wirausaha tidak Read more