Mengenal Keindahan Bunga Mawar dan Gambarnya

Bunga Mawar – mawar, (genus Rosa), genus dari sekitar 100 spesies semak abadi dalam keluarga mawar (Rosaceae). Mawar berasal dari daerah beriklim sedang di Belahan Bumi Utara. Banyak bunga mawar dibudidayakan untuk mendapatkan bunganya yang indah,

yang warnanya berkisar dari putih hingga berbagai nada kuning dan merah muda hingga merah tua dan merah marun, dan sebagian besar memiliki keharuman yang menyenangkan, yang bervariasi sesuai dengan varietas dan kondisi iklim.

Sebagian besar spesies mawar berasal dari Asia, dengan jumlah yang lebih kecil berasal dari Amerika Utara dan beberapa dari Eropa dan barat laut Afrika.

Mawar dari berbagai wilayah di dunia mudah berhibridisasi, memunculkan jenis yang tumpang tindih dengan bentuk induknya,

dan menyulitkan untuk menentukan spesies dasarnya. Kurang dari 10 spesies, sebagian besar berasal dari Asia, terlibat dalam persilangan yang akhirnya menghasilkan banyak jenis mawar taman saat ini. Yuk Kita kenal lebih dekat tentang salah satu jenis tanaman hias ini.

Bunga Mawar

Ciri – Ciri Fisik Bunga Mawar

Mawar adalah semak tegak, memanjat, atau membuntuti, yang batangnya biasanya dipersenjatai dengan banyak duri dalam berbagai bentuk dan ukuran,

yang biasa disebut duri. Daunnya berseling dan majemuk menyirip (yaitu, berbentuk bulu), biasanya dengan selebaran lonjong yang bergigi tajam.

Bunga mawar liar biasanya memiliki lima kelopak, sedangkan bunga mawar yang dibudidayakan sering ganda (yaitu, dengan beberapa set kelopak).

Ukuran bunga mawar berkisar dari miniatur kecil berdiameter 1,25 cm (0,5 inci) hingga bunga hibrida berukuran lebih dari 17,5 cm (7 inci). “Buah” tanaman mawar yang berdaging, terkadang dapat dimakan, seperti buah beri (sebenarnya cangkir bunga) dikenal sebagai pinggul dan biasanya berwarna merah hingga oranye.

Mawar dapat terinfeksi oleh sejumlah penyakit, kebanyakan disebabkan oleh jamur. Embun tepung muncul sebagai pertumbuhan seperti jamur putih keabu-abuan di permukaan daun dan batang muda.

Jamur bintik hitam muncul sebagai bintik hitam yang mencolok pada daun dan menyebabkannya rontok. Karat juga merupakan penyakit mawar yang umum. Kutu daun adalah hama serangga yang umum pada daun dan batang muda.

bunga mawar yang cantik

Spesies Utama dan Hibrida

Bunga mawar damask (Rosa ×damascena) dan beberapa spesies lainnya merupakan sumber attar mawar yang digunakan dalam wewangian.

Banyak spesies, terutama mawar rugosa (R. rugosa), menghasilkan pinggul mawar yang dapat dimakan, yang kaya akan sumber vitamin C dan terkadang digunakan dalam pengawetan.

Ada beberapa kelas utama mawar taman. Kelas mawar yang paling terkenal dan paling populer adalah mawar teh hibrida, yang menyumbang sebagian besar mawar yang ditanam di rumah kaca dan kebun dan dijual di toko bunga.

Teh hibrida hadir dalam rangkaian lengkap warna mawar dan memiliki bunga simetris yang besar. Teh hibrida dihasilkan dari persilangan mawar teh yang sering mekar tetapi rapuh dengan mawar abadi hibrida yang kuat. Perpetual hibrida mencapai popularitas besar sampai digantikan oleh teh hibrida di awal abad ke-20.

bunga mawar hias

Mawar Polyantha adalah kelas mawar yang sangat kuat yang menghasilkan kumpulan bunga kecil yang padat. Mawar Floribunda adalah hibrida kuat yang dihasilkan dari persilangan teh hibrida dengan polianta.

Mawar Grandiflora adalah hibrida yang relatif baru yang dihasilkan dari persilangan antara teh hibrida dan mawar floribunda.

Grandifloras menghasilkan bunga mekar penuh yang tumbuh di semak-semak keras yang tinggi. Di antara kelas mawar modern lainnya adalah mawar panjat,

yang batangnya yang ramping dapat dilatih untuk memanjat teralis; mawar semak, yang berkembang menjadi semak besar; dan mawar miniatur, yang merupakan tanaman berukuran kerdil dengan bunga kecil. Secara keseluruhan ada ribuan varietas mawar yang dapat diidentifikasi di kelas tersebut dan kelas lainnya.

Kapan Menanam Mawar

Jika Anda memesan mawar telanjang dari perusahaan pesanan lewat pos, pesanlah dengan mempertimbangkan tanggal tanam Anda. Mawar tanpa akar harus ditanam segera setelah mereka tiba.

Di Amerika Utara, mawar biasanya dikirim pada awal musim semi ketika tanaman benar-benar tidak aktif, jauh sebelum mereka berguguran.

Mereka akan terlihat seperti seikat tongkat pada saat kedatangan. Perhatikan bahwa mereka tidak mati — hanya tidak aktif! Periksa apakah bahan pengemas lembab dan simpan di tempat gelap yang sejuk sampai siap ditanam.

Di daerah yang lebih dingin, tanam mawar tanpa akar segera setelah tanah bisa digunakan di musim semi.
Di daerah yang lebih hangat, Anda dapat menanam mawar tanpa akar di awal musim semi atau akhir musim gugur, selama tanaman tidak aktif.

Jika Anda membeli mawar pot, sebaiknya tanam pada akhir musim semi untuk hasil terbaik. Namun, Anda dapat menanamnya hampir kapan saja selama musim tanam pastikan untuk tetap menyiramnya dengan baik, terutama selama musim panas!

Baiklah besty itulah tadi ulasan tentang mengenal bunga mawar semoga informasi ini bermanfaat dan untuk ulasan mengenai keragaman jenis-jenis bunga mawar lainnya kalian bisa simak informasi yang akan kami posting di artikel lainnya sampai jumpa lagi.

Related Posts
Menggali Kreativitas dengan Contoh Majas Personifikasi dalam Karya Sastra
Contoh Majas Personifikasi

Contoh Majas Personifikasi : Dalam dunia sastra, majas personifikasi menjadi salah satu elemen yang memperkaya keindahan bahasa. Majas ini memberikan Read more

Pengertian Campuran: Memahami Konsep dan Jenis-Jenisnya
pengertian campuran

Pengertian campuran merujuk pada suatu benda atau zat yang terbentuk dari gabungan dua atau lebih zat yang berbeda, namun tidak Read more