ternak-ciblek

Tips Cara Ternak Ciblek Sukses Bagi Pemula

ternak ciblek – Burung ciblek ini merupakan salah satu jenis burung yang paling populer di kalangan kicau mania, karena memiliki suara kicauan yang khas kencang dengan tembakan ngebren ngototnya, walaupun tubuh burung ini sangat kecil.

Mengingat perburuan pikat di hutan sangat banyak yang bisa menghambat populasi dan habitat burung ini di alam, dan kami akan berbagi tips bagaimana cara ternak ciblek yang sukses bagi pemula, dengan belajar dan memiliki tujuan melestarikan budidaya burung tersebut.

Karena burung ciblek ini memiliki banyak penggemar setia, jika anda mengetahui bagaimana cara membudidayakan burung yang satu ini tentunya akan menjadi ladang usaha bisnis yang menjanjikan sekaligus hobi yang dapat tersalurkan. Untuk harga jual dipasaran burung ini memiliki nilai yang cukup tinggi antara : 300 ribuan sampai 1 juta rupiah per ekornya !. Wow sungguh fantastis kan ?.

Penasaran bagi anda untuk dapat memelihara dan menangkar burung ciblek ini dengan baik dan benar, yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Trik Mudah Budidaya Burung Ciblek Agar Cepat Sukses


Persiapan kandang ternak

Langkah awal dalam mempersiapkan segala hal yang pertama kalinya anda harus membuat kandang burung ternak terlebih dahulu, baik itu kandang reproduksi, pembesaran (umbaran) anakan, maupun kandang soliter (pendewasaan).

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan kandang ternak burung ciblek ini tentunya menggunakan bahan yang kuat, kokoh tidak mudah rapuh dan berkarat untuk permanen jangka panjang. Bisa anda gunakan kayu jati ataupun ram kawat steinleis steel yang dari baja anti karat.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Poksay Biar Cepat Gacor

Buatlah desain kandang senyaman mungkin, anda juga bisa membuatnya dengan ukuran minimalis, lebar 1 meter dengan ketinggian 2 meter yang bisa ditempatkan di sudut ruangan dengan praktis dan efesien.

kandang-ternak-ciblek-minimalis

Seleksi Indukan

Tahap selanjutnya adalah memilih dan menentukan indukan yang bagus dan berkualitas, memiliki mental fighter, dan mudah untuk di tangkar. Karena hasil anakan sangat berpengaruh dari trah indukannya. Jadi anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih indukan pasangan burung ciblek.

Usia yang mapan jika ingin dijodohkan : untuk indukan betina kurang lebih sudah berusia 1 tahun dan yang jantan kisaran 2 tahunan lah.

Ciri indukan burung ciblek yang memiliki kualitas yang bagus :

– Posisi fisik dan tubuhnya dari kepala hingga ujung kaki, pastikan dalam kondisi yang normal dan tidak ada yang cacat.

– Perhatikan aktifitas burung, usahakanlah pilih yang dalam bergerak, loncat, ataupun terbang sangat lincah, gesit dan selalu aktif.

– Bulu yang terlihat bersih, rapih dan tidak rontok

– Rajin berkicau, memiliki mental yang baik serta tidak giras / tidak takut lagi dengan keberadaan manusia di lingkungan sekitarnya.

– Dubur yang terlihat kering, bersih, menandakan burung sedang dalam kondisi yang prima , sehat atau tidak sedang sakit diare (mencret).

– Memiliki Birahi dan nafsu makan yang baik

indukan-jodohan-ciblek

Ciri membedakan burung ciblek jantan dan betina :

– Untuk indukan jantan umumnya memiliki capit urang, tulang yang berada disekitar bawah perutnya, dekat di dubur jika diraba terasa agak keras dan menonjol. Sebaliknya dengan sang betinanya agak bulat dan lembek.

– Tubuh yang dimiliki oleh jantan biasanya lebih ringan, dan berukuran lebih panjang jika dibandingkan dengan betinanya.

– Ukuran tubuh betina biasanya lebih berisi, berbentuk pendek buntet, bulat.

Baca Selengkapnya :  4 Jenis Harga Murai Batu Terupdate Dan Terpopuler Tahun 2020

– Untuk variasi suara kicauannya, indukan pejantan ciblek memiliki suara yang jauh lebih kencal, ngebren dan bisa membawakan lagu isian kenari jika memang sudah menguasai materi isiannya.

– Untuk indukan ciblek jantan memiliki warna paruh yang jauh lebih hitam pekat, dan paruh betina agak keabu-abuan.

Proses Reproduksi

Untuk proses produksi sebaiknya burung jangan langsung disatukan di kandang ternak, akan tetapi anda harus menjodohkan dan memperkenalkannya terlebih dahulu agar si jantan dan betina saling mengenal (tahap perkenalan) dan penjodohan yang harus anda lakukan.

Lakukan proses penjodohan ini selam 1 – 2 minggu di tempatkan di sangkar yang berbeda sama halnya seperti burung untulannya. Jika sudah terpantau dan telihat burung sudah mau bunyi keduanya baik yang jantan ataupun betina saling saut menyaut, serta si jantan memainkan ekornya yang agresif, berarti indukan calon pasangan ciblek tersebut sudah berjodoh, dan boleh disatukan dikandang ternak / produksi untuk dikawinkan.

glodok-saran-ternak-ciblek

Pakan berkualitas

Dalam memberikan pakan rawatan harian biasa dengan saat burung ciblek sedang lagi diternak pastinya harus dibedakan porsi dan takarannya, untuk burung yang sedang di tangkar harus ditambahkan dan diperbanyak jumlah EF nya agar cepat naik birahi yang bertujuan agar lebih aktif untuk reproduksi dengan pasangan indukannya.

Berikan pakan yang disukai burung ciblek setiap hari ketika sedang produksi, adalah ulat hongkong pada pagi hari sebanyak 1 sendok makan, dan sore hari kembali diberikan UH (ulat hongkong) dengan takaran yang sama, jangkrik cukup berikan sampai 2 ekor perharinya, berikan yang kecil-kecil saja, agar si ciblek mau memakannya.

Selain pemberian pakan extrafooding, ada baiknya juga sediakan juga voer di dalam kandang ternaknya untuk ciblek yang sudah biasa ngevoer pasti membutuhkannya, agar kandungan gizi, protein, nutrisi, vitamin dan mineral indukan ciblek ini selalu tercukupi.

Baca Selengkapnya :  3 Jenis Makanan Kacer Yang Sehat Dan Aman

wadah-pakan-dan-minum-mandi-ciblek

Pemasteran

Burung kecil dan mungil ini memiliki volume suara yang keras, kencang dan mengkristal. Dengan melatih dan membentuk karakter suara yang dimilikinya, tentu anda harus rajin memberikan masteran rutin setiap harinya dengan menggunakan audio mp3 ataupun burung asli, masteran yang cocok dan mudah untuk ditiru oleh burung ciblek ini adalah suara kenari.

Hanya yang berjenis kelamin jantan saja yang mampu membawakan isian burung kenari, serta keunikan burung ini dapat mengeluarkan suara rapat ngebren sambli memainkan ekornya naik turun, dengan penuh emosi dan durasi kerja yang maksimal jika sudah tepat pola setingan rawatan ataupun lomba di gantangan.

Dalam memaster burung ciblek ini diperlukan kesabaran dan ketelatenan untuk terus memberikan materi isian tembakan ngebren panjang ataupun masteran kenari gacor ngerol yang rutin anda masteri setiap harinya.

Demikian tips dari kami berdasarkan pengalaman para ciblek mania semua, selamat mencoba, semoga dapat bermanfaat dan sukses selalu.

Baca juga : Cara Mudah Perawatan Burung Ciblek Agar Gacor Ngebren