Perawatan Burung Kenari Mabung

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

perawatan kenari mabung – berjumpa lagi bersama OmKicau.ID yg dimana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi pengalaman, tips dan tutorial seputar cara mudah memberikan perawatan kenari mabung agar cepat tuntas. Mungkin bagi temen-temen kenari mania yg masih pemula pasti bingung ya, bagaimana menerapkan metode rawatan burung kenari kesayangannya ketika menjelang atau saat sedang mabung ?.

Banyak sekali para penghobi baru burung kenari ini yg tidak tahu atau menyepelekan perawatan ketika si kenari ini sedang mabung, alhasil burung kenari tentu akan rusak dan bisa macet berkepanjangan !. Tanpa disadari oleh si perawat / pemiliknya.

Catatan :

Perawatan kenari saat mabung sangat penting karena jika salah dalam merawat kenari mabung bisa mengakibatkan burung kenari macet habis mabung.

Oke lanjut aja ke pembahasannya ya, temen-temen bisa simak dibawah ini :

Tips Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Selesai


Burung Dikerodong Saja

Salah satu cara cepat merontokan bulu kenari saat mabung yang pertama burung dikerodong saja karena saat mabung itu kalau di krodong bisa mempercepat mabung biar cepat tuntas ya.

Dan yang penting jangan lupa kebersihan kandangnya ya, nah apabila burung dalam kondisi full kerodong ini kalian malas atau jarang membersihkan kotorannya maka kasihan burungnya juga menghisap udara yang tidak bagus karena terkontaminasi dengan bau kotoran burung itu sendiri ya.

pakan-kenari-mabung

Tidak Usah Dimandikan Dan Dijemur

pantangan kenari mabung : sementara ketika burung sedang mengalami masa burung kenari biarkan saja enggak usah dimandikan, cukup dibersihkan kotorannya tadi sama yang diganti pakan yg baru di wadah cepuknya untuk saya sendiri biasanya membersihkan pada waktu Sore hari menjelang magrib ya sekitar jam 5 an saya ganti air minum dan makanannya dengan yg masih fresh dan saya bersihkan ini di alasnya ini biar burung tetap sehat dan bersih ya.

Baca Selengkapnya :  Cara Mengatasi Burung Kacer Stres Dan Macet Bunyi

Akan tetapi masih di dalam kerodong kalau temen-temen pengen angin-anginkan boleh cukup 5 – 10 menit saja akan tetapi jangan sampai burung ini kejemur / kena sinar matahari ya, karena apabila masih dalam kondisi mabung burung terjemur, maka bisa menghambat proses mabungnya itu sendiri.

Pemberian Pakan Hariannya

Nah selanjutnya untuk perawatan kenari mabung yang benar adalah hal yg terpenting yaitu dari segi pakan kenari mabung hariannya ya.

Burung kenari yg sedang mabung ini tentu akan lebih konsumtif karena dia membutuhkan banyak protein jadi makanya agak boros dan kotorannya pun akan cenderung lebih banyak dari saat burung kenari ini gacor atau sebelum mabung ya dan jangan lupa untuk cepuk air minumnya nanti diganti besar saja biar kalau burung ini pengen mati biar mandi sendiri aja.

Nah terus apa saja sih untuk EF pakan tambahan bagi burung kenari mabung ?. burung kenari mabung ini akan membutuhkan banyak protein untuk perkembangan dan tumbuh bulu baru nya ya, jadi diusahakan pemberian jagung sama sayur mayur ijoan kalau saya pribadi biasanya hanya menggunakan gingseng, daun mengkudu muda dan jagung manis itu saja cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan si burung ya. Baca juga : Sayuran Yang Bagus Untuk Burung Kenari

Cara merawat kenari mabung atau nyulam ?. untuk burung kenari mabung biasanya ada yang nyulam dan ada yang langsung mabung langsung brol ini banyak sama istilahnya itu barengan lah ya, ada yang nyulam dikit-dikit rontoknya, dan biasanya burung kenari mabung ini antara 2 minggu sampai 1 bulan untuk selesai proses mabaungnya, untuk itu pentingnya dikerodong ini biar cepat selesai.

Kenapa Burung Kenari Sehabis Mabung Bisa Macet Bunyi ?

Nah kalau burung kenari macet habis mabung biasanya itu antara kegemukan dan lebih dari birahi Kenapa ?. Karena burung ini jarang sekali bergerak / aktifitas ya, saat di full kerodong kegiatannya hanya makan saja kan tadi saya sudah jelaskan dia butuh protein banyak dia akan makan saja biasa cenderung yg bisa membuatnya menjadi (obesitas). Namun temen-temen jika menjumpai masalah seperti ini tidak perlu panik ya.

Baca Selengkapnya :  5 Jenis Burung Murah Tapi Bukan Murahan

Cara mengatasinya cukuplah mudah, jika burung sudah beres mabungnya, baru kita stel dan kembalikan kepada rawatan rutin hariannya dengan takaran pakan yang disesuaikan dengan karakternya, mandi dan jemur sudah rutin diberikan, tinggal perlu penambahan pengumbaran agar bisa membuat olahraga si burung untuk membakar kalori / lemak kegemukannya, untuk jadwal umbarannya dalam waktu seminggu cukup 2 kali saja ya. Dengan durasi kurang lebih 30 menitan.

Sebelum mengembalikan kepada rawatan harian sebaiknya kalian perhatikan juga kondisi burung dilihat dari tanda kenari selesai mabung adalah bulu-bulu jarum sudah tumbuh dengan sempurna dan sudah tidak ada yg rontok lagi ya.

Baru boleh kalian lakukan hal perawatan kenari selesai mabung tersebut kurang lebih sekitar 3 mingguan pasti burung kenari temen-temen sudah akan kembali normal dan mulai gacor kembali.

Oke jadi itu saja tips seputar perawatan kenari mabung agar cepat bunyi ya, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat bagi temen-temen kenari mania semuanya, Sukses selalu, salam satu Hobi Kicau Mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari