ternak-burung-kenari

Cara Ternak Burung Kenari Untuk Pemula Agar Sukses

Pada kesempatan kali ini OmKicau.ID akan memberikan tips cara ternak burung kenari, bagi teman-teman penghobi jenis burung yang elok, yang memiliki suara kicauan yang merdu ini. Memang terlihat sulit jika belum di praktekan secara langsung, namun jika anda berniat dan langsung Action dan setidaknya sudah memahami betul karakter dari burung ini tidak masalah walaupun anda masih dikategorikan sebagai penghobi baru.

Untuk Kalian yang mau berternak burung, burung kenari merupakan salah satu burung yang lumayan profitabel buat diternak. Walaupun burung pribadi, jiki kiranya sudah berjodoh bagus pejantan ataupun betina akan amat birahi untuk lekas kawin.

Pada cara pembudidayaan ini sesungguhnya bukanlah susah, yang terutama kita memiliki kejelian serta cermat. Ada pula buat tahapan- tahapan dalam cara pembudidayaan Kenari awal merupakan cara pemisahan antara burung jantan serta betina, bila diamati dari anakkan umumnya burung jantan dewasa di atas 1 bulan telah dipisah dari indukan serta lebih kerap bersuara( ngerol), sebaliknya pada burung betina umumnya tidak bersuara.

Panduan gampang melainkan tipe jantina untuk burung kenari? Untuk Kamu pendatang baru dalam peliharaan burung kenari, saat sebelum Kamu mengawali buat berternak burung kenari, terdapat bagusnya bila Kamu belajar terlebih dulu buat membedakan mana yang jantan serta mana yang betina.

Ciri burung kenari jantan dan betinanya : buat si jantan mempunyai karakteristik spesial semacam anus pejantan muncul, berdiri lurus serta tegak, senang bernyanyi serta bunyinya keras dan struktur tubuh mengarah langsing memanjang serta leher lebih panjang. Buat tipe betinanya kebalikan dari si jantan pastinya.

proses-perkawinan

Cir burung kenari sedia kawin: buat kenari jantan kesehariannya giat serta kerap bernyanyi ngerol amat panjang. Hiperaktif semacam kerap melompat- lompat, mengepak- kepakkan sayap, apalagi sering- kali terencana menabrak jeruji kandang. Serta buat yang Betina: senang mematuk- matuk apapun yang terdapat di dalam jebakan. aayap pula dikepak- kepakkan, amat jelas terlihat birahinya.

Baca Selengkapnya :  Suara Mahal Burung Cucak Rowo Beserta Harganya

Nah jika temen-temen sudah dapat membedakan jenis kelamin burung kenari, serta sudah bisa menganalisa dan mencermati kapan si burung kenari siap kawin dan ditangkar, maka kalian boleh lanjutkan ketahapan selanjutnya dibawah ini :

Trik Mudah Budidaya Kenari Supaya Cepat Berhasil


1. Perencanaan kandang

Persiapkan terlebih dahulu kandang ternak kenari, semacam yang sudah dipaparkan di atas kalau burung kenari menginginkan ruang besar buat melambung, hingga memilih jebakan yang membolehkan untuk burung buat bisa melambung dari ranting ke ranting. Dalam langkah dini peliharaan, hendaknya pisahkan burung jantan serta betina. Ataupun kandang yang memiliki ukuran lebih besar dari pada kandang harian serta terdapat sekatnya buat mempermudah perkawinan.

Janganlah lupa untuk mempersiapkan pakan ternak kenari pada umumnya. Makan yang disukai oleh burung ini tentu biji- bijian. Dapat pula diberi selingan seperti telur rebusan seperti telur burung puyuh ataupun telur ayam, agar dapat menambah protein serta banyak mengandung vitamin.

persiapan-kandang-ternak

2. Penjodohan Calon Indukan

Saat sebelum cara pernikahan, pasti wajib diserahkan durasi untuk jantan serta betina buat silih berteman. Triknya merupakan dengan mendekatkan kandang mereka. Identitas mereka berjodoh merupakan burung kenari jantan hendak mendulang sang betina walaupun terletak di luar jebakan. Pejantan hendak lebih kerap bernyanyi bagaikan tanda- tanda buat menggoda sang betina.

3. Kawinkan Burung Kenari Indukan

Kala telah nampak kalau mereka berjodoh, hingga Kamu dapat memasukkan pejantan serta betina dalam satu kandang yang serupa. Triknya merupakan dengan memasukkan burung kenari jantan ke dalam kandang burung kenari betina.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Keunikan Burung Rio Rio Salah Satu Jenis Jalak - Jalakan

Jalani perihal itu kala petang hari. Sehabis disatukan dalam satu kandang, cermati apakah mereka silih mendulang( semacam berciuman) ataupun tidak. Bila iya, hingga sesaat lagi mereka hendak melaksanakan pernikahan. Perkenankan dalam kandang sampai pagi hari.

Setelah itu pisahkan kembali jantan serta betina pada jam 7- 9 pagi. Ulangi lagi memasukkan burung jantan ke kandang burung betina pada petang hari sampai betina menelur. Janganlah menjemur burung kenari betina yang telah menelur, sebab hendak mengganggu telur kenari.

4. Inkubasi serta Penetasan Telur

Pada cara pengeraman, perkenankan jantan serta betina terletak senantiasa di satu kandang. Perihal ini supaya betina lalu terletak di sarang buat mengerami sebab pejantan hendak lalu menyuapi betina. Tetapi bila Kamu mempunyai lebih dari satu betina, pisahkan saja pejantan. Sepanjang betina mengerami telurnya, tidak boleh lupa buat lalu berikan makan serta minum, dan melindungi kebersihan kandang.

Umumnya hari ke- 14 setelah menelur, telur- telur itu hendak meretas. Jaga selalu kebersihan kandang- kandang kenari dan teratur berikan makan serta minum. tidak boleh hingga kehabisan santapan serta minuman.

Perihal ini disebabkan burung kenari tidak sering terpikat pada perihal lain tidak hanya berbaur. Kamu dapat mempunyai satu pejantan serta banyak betina atau sering disebut dengan ternak burung kenari koloni, tidak butuh membeli sepasang- sepasang. Walau seperti itu, tidak menutup mungkin pula, hendak terdapat pendamping burung kenari yang tidak berpisah ataupun cuma setia pada satu burung saja.

kenari-bahan

Walaupun burung Kenari pada disaat ini amat disukai, akan tetapi pelakon usaha pembudidayaannya terkategori sedang amat langka. Sebab itu, peluang budi daya burung Kenari ini amat menjanjikan karena memiliki nilai dan harga burung kenari yang cukup tinggi.

Baca Selengkapnya :  Suara Kenari Juara Terbaik Untuk Pancingan Agar Nyaut Gacor

Yang terutama dalam melaksanakan upaya ini kita wajib memahami benar gimana metode pemeliharaannya, alhasil bila terdapat konsumen yang mau bertanya maka kita hingga dapat menjelaskannya. Tidak hanya itu kita pula bisa menciptakan burung yang bermutu.

Buat menjual upaya pembudidayaan Kenari ini, kita dapat melaksanakannya dengan metode berasosiasi pada komunitas peminat burung ialah dengan metode menjajaki kontes- kontes yang kerap diadakan. Dengan sedemikian itu kita dapat menawarkan langsung pada mereka yang memanglah menggemari burung. Demikian informasi yang dapat kami bagikan berdasarkan pengalaman dari para kicau mania khusus penangkar burung kenari, yang kiranya dapat menambah wawasan temen-temen semua, semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : 3 Cara Mudah Memilih Kenari Lokal Dengan Kualitas Terbaik