Cara Merawat Burung Kenari Agar Ngerol Panjang

cara merawat burung kenari – Halo sobat kicau semua, bagaimana kabarnya ?. Masih bersama kami disini di situs resmi OmKicau.ID yang selalu setia memberikan info terbaru sepuar dunia burung kicau, baik itu tentang perawatan, jenis dan tips penting lainnya yang anda butuhkan disini.

Pada episode kali ini om akan membahas tentang bagaiana cara merawat burung kenari sehari hari agar bisa rajin berkicau setiap harinya. Memang dalam hal merawat burung kicauan khususnya jenis kenari ini tidak boleh dianggap enteng atau anda remehkan ya.

Karena jika anda tidak telaten dan sembrono istilahnya, burung kenari ini sangat sekali mudah macet, dan apabila si kenari sudah macet bunyi akan sulit lagi untuk melatih kepada kondisi intensitas kicauannya, butuh tahapan dan penanganan yang ekstra mengatasi permasalahan ini.

Ada banyak sekali pertanyaan dari sobat kicau, yang bertanya kenari biar rajin bunyi dikasih apa ya ?. dan apakah rawatan kenari harian dan perawatan kenari lomba sama atau tidak ?. Nah biar temen-temen tidak gagal paham khususnya bagi para hobiis kenari mania yang baru saja ingin memelihara burung kenari ini, yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

perawatan-kenari

Tips cara merawat burung kenari bagi pemula


1. Pengembunan

Lakukanlah pengembunan kenari secara rutin setiap harinya, sangat baik burung dikeluarkan dari dalam rumah ketika pukul : 5.00 WIB atau setelah temen-temen selesai menunaikan sholat subuh terlebih dahulu ya, dengan kondisi yang masih dingin agar si kenari ini bisa menghirup udara segar dan membuat burung lebih tenang dan tidak mudah stres.

Manfaat embun pagi juga mampu merangsang si burung kenari ini untuk dapat lebih rajin berkicau menyambut keluarnya matahari pagi yang sangat baik dan banyak mengandung vitamin D tentunya. Lakukanlah pengembunan secara konsisten dan sangat dianjurkan bagi burung kenari dalam kondisi sehat, dan tidak sedang sakit ataupun mabung (rontok bulu).

2. Pemandian, Penjemuran Dan Kebersihan Kandang

Untuk rutinitas sehari-hari yang wajib anda lakukan seperti memandikan, setelah itu menjemurnya, dan jangan lupa juga untuk membersihkan kotoran pada kandang burung tersebut, lalu bagaimana cara memandikan burung kenari yang baik ?.

Caranya dengan disemprot menggunakan semprotan ataupun spray secara halus dan perlahan-lahan, semport burung dari posisi menyampin ya, jangan menyemprot kenari ini dari bagian atas pas kepalanya, sangat tidak dianjurkan.

Semprotlah sampai bulu burung basah merata, dan biarkan terlebih dahulu, lalu anda harus membersihkan juga karpet alas kotoran yang ada pada sangkar burung tersebut setiap harinya, dengan menjaga kebersihan dari kotaran sangatlah baik untuk kesehatan si burung kenari tersebut.

3. Berikan Pakan Burung Kenari Yang Berkualitas

Setelah menjemur burung kenari pastikan wadah pakan dan air minum harus diganti dengan yang baru diusahakan air mineral yang sudah dimasak matang, jika canaryseed biji-bijiannya sudah tidak layak ganti dengan yang masih fresh.

 

Selain pakan harian adapun makanan penunjang ataupun extrafooding yang baik diberikan secara berselang-seling, misalnya hari senin, berikan jagung muda manis, hari rabunya diselingin dengan memberinya rebusan telur puyuh, hari jum’at kroto segar bersih dan hari sabtu timun.

Jadwalkan pemberian EF ini disesuaikan dengan karakter kesukaan si burung tersebut karena sangat mempengaruhi ke performa kualitas suara kicauan merdu yang dihasilkannya nanti. Dalam proses pemberian pakan burung kenari ini juga sangat perlu diperhatikan, jangan sembarangan ya temen-temen.

4. Pemberian Multivitamin

Pemberian suplemen kenari juga sangat baik untuk melengkapi asupan gizi, vitamin dan mineralnya agar bisa tercukupi dengan sempurna. Berikanlah maksimal 2 minggu sekali, multivitamin atapun suplemen tambahan burung kenari yang banyak dijual di kios – kios burung pada umumnya.

Dari 4 point yang telah dipaparkan diatas, bisa kita ambil intisarinya, yang dimana anda sebagai pemilik dan perawat harus memberikan pola rawatan yang maksimal dan tepat secara konsisten, telaten dan sabar agar si burung kenari sehat dan rajin bunyi.

Baca juga artikel terkait lainnya : Suara Kenari Juara Terbaik Untuk Pancingan Agar Nyaut

Sekian informasi yang dapat kami share tentang cara merawat kenari biar berkicau panjang untuk burung kesayangan temen-temen semua, semoga dapat bermanfaat.

Related Posts
Cara Menjinakan Burung Kakatua Liar
cara-menjinakan-burung-kakatua

Cara Menjinakan Burung Kakatua memang penting sekali sebelum kalian memeliharanya, terlabih kalau masih liar ya memang sebenarnya tidak boleh memelihara Read more

Mengenal Lebih Dekat Burung Paruh Sepatu
burung paruh sepatu

Omkicau - Burung Paruh Sepatu, sobat omkicau membahas tentang burung tentu memang tidak ada habisnya ya sobat. Salah satu yang Read more