ternak-burung-kacer

Panduan Lengkap Ternak Burung Kacer Untuk Pemula

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sedulurku satu hobi ?. Semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dari berbagai macam urusannya ya, Ammin.. Pada kesempatan kali ini Om Kicau akan memberikan tips dan panduan bagaimana cara ternak burung kacer yang tepat serta komplit untuk dapat dijadikan sebagai referensi terbaik.

Dalam hal penangkaran apalagi bagi pemula yang mau mencoba untuk belajar membudidaya burung kicauan, hal ini tentu bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan, semua pasti butuh praktek, pengalaman, ketelatenan serta kesebaran dan panduan yang tepat agar apa yang di harapkan sesuai dan berjalan dengan lancar.

Nah maka dari itu, masalah bicara peluang bisnis dalam menangkar burung kacer ini sangatlah menjadi tren yang sangat prospek dan bagus untuk jangka panjang. Yuk simak informasi selengkapnya cara menangkar burung kacer dibawah ini :

Penyortiran Indukan Burung Kacer Yang Bagus

Burung yang satu ini amat banyak disukai dipasaran apalagi bersamaan dengan para penghobi baik yang pemula ataupun yang memenuhi permintaan burung kacer selalu alami peningkatan yang baik di setiap tahunnya.

Harga yang ditawarkan kurang lebih dekat 350 ribuan yang basih materi sampai dapat menggapai jutaan rupiah bila yang telah mapan( berusia) gacor, terkait dari tipe serta mutu kacer itu sendiri, terlebih bila telah mempunyai banyak prestasi serta jam terbangnya di lapangan. Telah tentu harga yang dibanderol pasti amat luar biasa.

Sebelum menyiap kandang, tahap sebaiknya menyiapkan indukan kacer yang bagus serta segar. Sebab terus menjadi bagus mutu indukan hendak mempengaruhi pada daya produksi telur dan kesiapan indukan dalam menjaga telur telurnya. Semacam inilah metode peliharaan burung kacer supaya segera menelur:

Baca Selengkapnya :  Mengenal Burung Poksay Jambul Putih

indukan-kacer-betina

Memilih indukan yang tidak mempunyai cacat wujud, baik pada bagian catok, ceker ataupun bulu. Cek bagian bagian khusus semacam leher, sayap bagian dalam, serta duburnya, hindarkan kacer yang mempunyai tonjolan pada bagian itu. Bertubuh berisi serta memanjang yang sepadan, serta cermati cahaya matanya, runcing serta bening merupakan identitas kacer yang bermutu bagus.

Anda pula wajib menganalisa dari gerak- gerik aktifitasnya apakah gesit atau tidaknya. seleksi indukan yang lagi hadapi rentang waktu kawin ialah kurang lebih berumur 10 bulan. Perihal terakhir yang wajib dicermati, memilih kacer yang gacor atau giat mengoceh, sebab perihal itu menunjukkan situasi psikologis yang bagus.

Perencanaan Kandang Tangkaran

Kandang ialah suatu alat yang dipakai bagaikan tempat berlindung sang kacer, terdapat sebagian wujud yang umum dipakai semacam, persegi panjang, membulat memakai kawat strimin, materi yang dipakai pula beraneka ragam. Biasanya memakai kediaman serta kayu batangan sebagai kerangka serta papan.

Tetapi hendak lebih mengirit anggaran dan lebih nyaman ditatap bila memakai batangan yang digabungkan dengan kawat strimin. Kandang tipe ini dikira lebih gampang buat terbuat serta berdaya guna dalam pembuatannya. Bila kamu ialah pendatang baru dalam budidaya kacer, buat kandang berdimensi 100cm, luas 100cm dan besar 200cm.

Sehabis kandang jadi, hingga bikin lah beberapa bagian penunjangnya semacam tangkringan( tempat kacer berdiri) upayakan terletak di bagian tengah kandang serta memanjang memakai kusen, media makan yang cocok, tetapi sediakan pula kotak sangkar berupa kotak bagaikan tempat tidur kacer istirahat yang sudah dialasi dengan jerami, media bermuatan air sebagai kolam, serta dasaran kandang ditutup dengan pasir serta bebatuan kecil semacam koral serta batu dan tutupi beberapa memakai jerami.

indukan-kacer-jantan

Penempatan Kandang Tangkaran

Tempatkan kandang pada posisi yang terhampar cahaya mentari. Bila didalam rumah, hingga upayakan bagian asbes memakai seng plastik tembus pandang supaya kacer senantiasa menemukan konsumsi cahaya mentari yang layak.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Jalak Bali Agar Berhasil

Cara Perkawinan Dan Inkubasi Telur

Sehabis kamu memperoleh indukan yang bermutu, upayakan membagikan waktu menyesuaikan diri kacer kepada kandang selama 2- 3 minggu. Kala ia mulai terbiasa dengan perlakuan serta suasana di rumah barunya. Kemudian cara penjodohan bisa diawali.

Bila kamu mempunyai bayaran yang lebih, buat satu kandang terkini bagaikan alat penjodongan berdimensi lagi. Selanjutnya ini metode memasangkan kacer dan langkah- langkah perkawinan yang bisa kamu lakukan antara lain:

Sajikan jerami serta bagian bata merah buat alat kandang serta taruh pada lantai kandang. Taruh kacer pada dengan cara bersebelahan di kandang perkawinan yang disekat suatu kawat. Yakinkan antara kacer jantan serta kacer betina sama- sama berdekatan serta silih mengikuti kicauan masing– masing. Bila belum terdapat respon dari kedua kacer. Kasih pakan jangkrik buat menaikkan birahi kacer.

Kala telah mulai terdapat interaksi yang intens, kemudian kamu mulai mencampurkan keduanya. Sempatkan waktu malam kamu buat mencermati kedua kacer, bila keduanya tidur dengan cara bersebelahan, hingga bisa ditentukan kacer berjodoh. Pada saat cara pengawinan ini, kacer hendak kerap ikut serta perkelahian, lalu awasi serta semprotkan air buat membuat mereka menyudahi berkelahi. Semprotkan pada kacer yang lebih kasar melanda.

Sehabis kacer betina serta jantan mulai damai, hingga cara ini bisa dibilang sukses, kemudian sang kacer tentu hendak menyiapkan sarangnya sendiri memakai jerami yang kamu sajikan, bagian anus atau perkakas kemaluan burung kacer betina hendak kelihatan sedikit

membesar serta nafasnya jadi lebih berat. Indukan kacer betina lebih kerap menghabiskan waktunya dalam kotak sangkar.

Perut sehabis sebagian hari, perut kacer awewe hendak nampak lebih besar. Pada cara perencanaan menelur, kacer betina menginginkan konsumsi kalsium serta protein yang lebih banyak, kasih aupan santapan ekstra serangga berbentuk kroto, serta jangkrik dengan jatah 2 kali lipat lebih banyak seperti pada biasanya.

Baca Selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Lovebird Olive Yang Perlu Kalian Ketahui

Dari era inkubasi sampai waktunya kurang lebih dekat 3- 4 minggu yang wajarnya telur hendak meretas, dan indukan hendak melolohnya serta membagikan konsumsi santapan pada piyik ataupun anak kacer sampai bisa berlatih buat makan sendiri.

Memisahkan Anakan Burung Kacer

Jika anda memantau indukan burung kacer yang sudah mulai agresif, sebaiknya anak-anakannya mulai dipsiahkan dari indukannya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Itu tanda- tanda kalau benih kacer telah mulai ingin menelur lagi. Dengan bersamaan berjalannya durasi kamu dapat mematut- matut sendiri bila durasi yang pas buat melaksanakan penyapihan pada burung kacer anakan. Saat sebelum cara penyapihan hendaknya ajarkan terlebih dulu anak kacer makan voer lembut yang telah dicampuri kroto.

Seperti itu sebagian metode peliharaan kacer yang dapat kamu coba buat para pendatang baru ataupun juga para penggemar burung celoteh. Cermati tiap cara yang diperlukan biar menciptakan anakan burung yang berkelas mahal. Berikutnya kamu dapat memberi pelajaran anakan burung kacer biar mempunyai suara kicau yang lepas serta pula nyaring.

Keistimewaan burung yang satu ini mempunyai warna gelap putih yang amat khas, dan suara mengkristal yang bermacam- macam, amat memanjakan kuping serta menjadi kebanggaan pemiliknya.

Terdapat sebagian tipe kacer yang dapat kamu peruntukan ternak. Pastinya dengan keunggulannya tiap- tiap kalian dapat menikmati kemerduan serta keelokan suara dari tiap- tiap tipe kacer itu. Terdapat kacer poci, kacer jawa serta kacer blorok.

Baca juga : Cara Mudah Menjinakkan Burung Kacer Yang Masih Giras