cara-menjinakkan-burung-kacer

Cara Mudah Menjinakkan Burung Kacer Yang Masih Giras

Pada kesempatan kali ini, om kicau.id akan memberikan tips bagaimana cara menjinakan burung kacer hasil tangkapan hutan yang masih sangat giras / liar, banyak sekali para penghobi burug kacer khususnya yang masih pemula, kebingungan menangani masalah burung kacer giras.

Dan cara perlakuan yang diterapkan kepada burung kacer tersebut masih banyak yang salah, maka akan berdampak buruk yang mengakibatkan burung nantinya akan tambah stress dan rusak. Maka dari itu agar mudah dalam melakukan perawatan harian seperti biasa, ada baiknya burung harus di dikondisikan serta di terapi jinak terlebih dahulu tentunya. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Trik Sederhana Merawat Kacer Agar Cepat Jinak Lalat


Jika kondisi si kacer ini masih amat giras, maka tentunya hal yang harus terpenting agar si burung tidak terlalu gerabak-gerubuk di dalam kandangnya, yang khawatirkan bisa terluka atau cacat fisik nantinya.

Dalam menerapkan proses penjinakkan juga tidak boleh sembarangan, melainkan kalian juga harus menganalisa dari situasi tertentu, pastikan kacer harus dalam keadaan sehat, tidak di anjurkan apabila kondisi burung kacer ini sedang stress, drop ataupun sakit.

Kenapa harus jinak lalat ?. Karena sifat dasar burung kacer ini adalah burung yang sangat agresif memiliki mental petarung yang sangat baik, jadi apabila kacer tersebut terlalu jinak total otomatis akan menghilangkan karakter aslinya burung kacer itu sendiri, jadi jika terlalu jitot (jinak total) sangat tidak bagus untuk di jadikan burung kacer lapangan nantinya.

Baca Selengkapnya :  Tips Menyediakan Pakan Untuk Burung Kicau

Terapi Di Kandang Yang Kecil

Dengan menempatkan kacer giras ini pada dimensi kandang yang lumayan kecil, bertujuan untuk membatasi ruang gerak dan katifitasnya yang berada di dalam kandang. Akan tetapi jangan terlalu berlama-lama menggunakan kandang kecil untuk burung kacer ini, jika sudah mulai terlihat tenang gerakannya dan tidak terlalu giras, sebaiknya dikembalikan dan ditempatkan ke kandang harian yang pada umumnya.

Terapi Pemandian

Metode yang pertama dapat Kalian jalani dengan memberikannya terapi mandi, akan tetapi yang dimaksud disini , cara memandikan burung kacernya agak sedikit dipaksakan, semprot burung ketika memandikan hingga basah kuyup. Berikan terapi mandi ini sehari 2 sampai 3 kali, pagi, siang ataupun sore hari.

terapi-kacer-jinak

Karena dari terapi mandi semprot ini dapat lebih menenangkan kondisi siburung agar lebih tenang, dan fokus menyimak lingkungan sekitarnya. Nah maanfaatkan tangan Kamu buat melaksanakannya, perihal ini hendak membuat ikatan hati antara Kamu dengan burung kacer. Dengan melaksanakannya lebih kerap hingga kacer hendak merasa Kalian bukan bahaya buat dirinya

Terapi Lapar

Dengan menggunakan metode terapi ini sangat ampuh, dengan membiarkannya dalam kondisi yang kelaparan beberapa jam saja. Memanglah untuk menundukkan kacer beringas ini tidak gampang Kalian mesti telaten serta pula cermat sebab umumnya kacer itu telah terbiasa hidup di alam liar.

Buat membiarkannya lapar, ini Kalian dapat menjajalnya dengan memberikan makan terlambat ketimbang dengan lazimnya misalnya kacer Kamu terbiasa dikasihkan makan jam 7 pagi, hingga berikanlah pakan pada jam 12 siang.

Walaupun sedemikian itu janganlah sampai Kalian lupa membagikan pakannya sebab burung kacer kacer ini nantinya dapat lemas setelah itu yang lebih parahnya lagi bisa menyebabkan kematian. Dikala lapar, burung kacer liar ini pula hendak gampang kelabakan, oleh karena itu walaupun Kamu tidak sediakan santapan senantiasa sediakanlah minuman. Dengan kemudian biasakan semacam ini, lama-kelamaan nantinya burung kacer kalian bakal cepat menjadi luluh.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Kepodang, Makanan, Dan Mitos Yang Beredar

Seluruh hewan hendak melaksanakan apapun untuk santapan, dengan melatih mereka dikala mereka lapar hingga mereka hendak lebih gampang paham mengapa mereka wajib jinak dengan kita yang pada akhirnya akan dikenal sebagai majikannya.

Terapi Pemberian Pakan

Jika kacer kalian saat diberikan jangkrik menggunakan tangan secara langsung, masih belum mau menyambarnya, tentu hal yang baik adalah dengan cara menggunakan lidi.

Dengan memakai sehelai lidi untuk sebagai alat perantara untuk menyuapi jangkrik yang tusuk menggunakan lidi tersebut, agar si burung kacer mau memakan jangkriknya tersebut. Berikan pagi sekitar 3 – 4 ekor dan sore cukup 2 ekor jangkrik saja. Lakukanlah selama kurang lebih 1 sampai 2 mingguan, setelah itu coba langsung memberikan jangkriknya dengan menggunakan langsung dengan tangan kalian.

terapi-ditempat-ramai

Terapi Di Tempat Ramai

Metode menaklukkan burung kacer berikutnya yang dapat Kamu jalani merupakan memberi pelajaran di area yang ramai. Arti dari poin ini merupakan Kamu tidak wajib mengajaknya ke pasar ataupun ke tempat yang banyak orangnya. Kamu cuma butuh mengajak burung kacer itu ke area rumah yang ramai ataupun di tempat Kamu bersama dengan keluarga terkumpul. Ini merupakan rahasia mengenalkan kacer pada kawasan baru yang mana umumnya kacer itu telah terbiasa liar di hutan.

Burung kacer pada dasarnya ialah burung yang penurut. Bila Kamu sudah sukses menjinakkannya, burung kacer hendak amat menyenangkan bila dibawa main. Suaranya yang khas dengan aksen bunyi yang istimewa sedemikian itu enak buat didengarkan. Metode menaklukkan kacer yang satu ini terhitung sedikit berbahaya ialah dengan metode mengajaknya main di lantai.

Burung kacer yang baru saja ditangkap, rawan hadapi rasa stress. Oleh karena itu, Kamu dapat berupaya buat mengajaknya bercanda di lantai. Ajarkan ia buat bebas serta bepergian. Lambat laun burung kacer hendak merasa tenang serta mengetahui kedatangan Kamu.

Baca Selengkapnya :  Tips Mempersiapkan Burung Kicauan Untuk Lomba

Lakukan tahapan-tahapan diatas secara bersamaan dengan ketelatenan serta penuh rasa sabar, yang nantinya akan dengan cepat burung kacer kesayangan anda akan segerak jinak lalat pastinya, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Baca juga lainnya : Tips Perawatan Kacer Mabung Agar Cepat Tuntas