betet

Mengenal Ciri, Burung Betet Makanan Beserta Harganya

OmKicau.ID – Burung Betet merupakan jenis burung kicau yang memiliki daya tarik tersendiri. Pesonanya membuat banyak pecinta burung jatuh hati. Ada beberapa orang yang menjadikan burung sebagai peliharaan, sisanya diikutkan untuk kontes keelokan burung.

Di Indonesia burung ini mencapai 78 spesies, dan tersebar ke daerah Indonesia bagian timur seperti Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua. Betuk tubuh burung tidak terlalu besar, sehingga Ia lincah untuk bergerak kesana kemari.

Mengenal Ciri Tubuh, Sifat dan Makanan Burung Betet

Burung ini banyak dijumpai di hutan-hutan terpencil, dan sangat sulit dijamah oleh tangan manusia. Salah satu jenis burung yang suka hidup berkoloni, ataupun bergerombol dengan jumlah yang banyak.

Mereka selalu bersama-sama kemanapun termasuk saat mencari makan, maupun berterbangan dari daerah ke daerah. Bahkan saking nempelnya sarang untuk bertelur pun saling berdekatan. Ketika berkicau bersamaan akan terdengar sangat gaduh dan berisik.

Ciri khusus dari burung ialah ekornya yang panjang sekitar 40 cm, dengan dominasi bulu warna hijau yang berpadu dengan warna lainnya. Semakin menambah indah saat dipandang oleh penghobi burung kicau.

Dengan dada dipenuhi bulu halus berwarna hijau dan terlihat menawan dalam sekali pandangan. Betet jantan memiliki mahkota hijau, sisi kedua kepala berwarna merah. Ekor jantan cenderung memiliki ujung warna kekuningan, dan bulu sayap berwarna kebiruan.

Betet memiliki bulu yang menjuntai indah dan cerah, mampu menarik perhatian para pecinta burung. Orang yang awalnya tidak tertarik dengan burung, beralih ingin memelihara dan merawat burung jenis ini.

Baca Selengkapnya :  Harga Burung Kapas Tembak Terbaru, Beserta Suara Khasnya

Sifat dasar burung ini mudah dijinakkan, sehingga mudah untuk diberi pelatihan. Burung ini juga bisa disuruh-suruh atau diminta terbang kesana-kemari, jadi tidak perlu khawatir burung terbang jauh. Selain itu burung cocok untuk dikembangbiakkan kemudian dijual kembali.

Makanan yang dibutuhkan Betet pun tidak merepotkan. Untuk pakan alami cukup berikan jenis biji-bijian, seperti milet putih, biji kuaci atau biji canaryseed yang paling digemari.

Tunjang juga dengan konsumsi buah-buahan seperti pepaya yang sudah dihaluskan, nektar, dan kuncup daun pepaya. Berilah multivitamin yang cukup untuk menjaga kesehatan fisik burung, termasuk peforma suara.

gambar-burung-betet

Harga Burung Betet di Pasaran

Harga yang beredar di pasaran sangatlah bervariasi, tergantung seberapa cantik burung dan usia burung. Asal daerah burung ini juga menentukan rentang harga yang dijualkan. Sedangkan untuk yang masih anakan berkisar 400 ribu hingga 500 ribu per-ekor. Namun harga ini belum tentu pasti, karena mempertimbangkan sifat jinaknya dan kualitas gacor dari burung.

Rentang harga burung jenis ini masih bisa dijangkau oleh kantong. Karena rata-rata berdasarkan jenisnya masih dibawah nominal 1 juta rupiah. Semakin mahal burung maka kualitas burung berada diatas rata-rata.

Ini juga berlaku pada tingkat popularitas burung sebab semakin banyak dicari oleh penggemar. Namun perlu diingat bahwa harga burung tiap daerah tidak sama, tergantung dari keberadaan Betet di daerah tersebut. Ada selisih harga tapi tidak terlalu besar jumlahnya.

Demikian ulasan mengenai burung Betet yang tergolong populer ini. Tidak sedikit orang yang berlomba ingin memeliharanya, karena memang burung ini memiliki perpaduan warna yang elok.

Membuat burung sangat sedap untuk dipandang, dan mampu meredakan jenuh pikiran sejenak. Bentuk tubuh burung pun tidak terlalu besar, sangat pas bila dijadikan peliharaan di dalam rumah. Perlu diingat saat memelihara senantiasa menjaga kebersihan kandang, agar burung nyaman dan tidak mudah stress.

Baca Selengkapnya :  Suara Masteran Burung Blackthroat Mp3 Gacor Full Variasi