poksay-jambul-putih

Mengenal Burung Poksay Jambul Putih

Burung Poksay merupakan burung yang berasal dari Thailand. Burung poksay memiliki beberapa jenis dimana burung poksay jambul putih adalah jenis yang paling terkenal dan paling banyak diminati dan dikenal dengan raja dari burung poksay.

Jenis burung satu ini termasuk burung yang aktif dan memiliki kicauan yang memiliki kesan ketika berkicau.

Burung satu ini mempunyai penampilan yang gagah dan unik dengan jambul putih. Selain dikenal dengan raja dari burung poksat, burung ini mempunyai julukan raja tertawa dan juga penakluk burung lain.

Dengan berbagai keunikan dan daya tariknya sebagai raja dari burung poksay, Burung ini sangat disukai dengan orang lain. Untuk lebih jelasnya, yuk kenalan lebih jauh dengan jenis burung satu ini.

Kenalan Lebih Jauh Dengan Poksay Berjambul Putih

Poksay memiliki banyak julukan, selain menjadi raja di jenisnya sendiri poksay berjambul purtih juga memiliki julukan lain yakni destroyer atau sang penghanur atau sang penakluk karena suaranya burungnya yang menyerupai orang tertawa.

Burung yang aktif menandakan bahwa burung mudah dirawat dan dalam kondisi bagus. Hal inilah yang membuat burung poksay banyak diincar oleh para pecinta burung.

Kebiasaan dari Poksay jambul putih sendiri adalah hidup sendiri atau soliter. Tetapi bukan berarti burung poksay tidak memiliki pasangan, burung satu ini terkadang juga membutuhkan pasangan agar tidak mudah stres.

Hidupnya yang soliter disebabkan karena sikapnya atau karakternya yang kasar dan emosional. Burung satu ini juga hidup di hutan bambu yang penuh dengan semak belukar.

Baca Selengkapnya :  10 Cara Memilih Murai Batu Yang Bagus

Ciri-Ciri Burung Poksay Berjambul Putih

Seperti namanya, burung satu ini memiliki jambul warna putih yang sangat unik dan membuat tampilan dari burung poksay satuini bertambah. Bulu dari burung memiliki warna dominan cokelat dan putih dimana warna putih terletak ada bagian mantel hingga kepalanya dan warna cokelat berada di sebagian besar badan dan sayapnya.

Tetapi warna hitam yang berada pada telinga, garis mata sampai ke pangkal paruhnya membuat tampilannya lebih menawan.

gambar-poksay-jambul-putih

Ukuran tubuh dari burung poksay cenderung besar dan gagah. Poksay jambul putih ini lebih besar dan gagah jika dibandingkan dengan jenis poksay lainnya. Ukuran matanya yang lebar dan bersinar merupakan ciri menonjol dari burung satu ini. Burung poksay berjambul putih ini juga memiliki suara yang keras dan kaki berwarna hitam yang terlihat kokoh.

Cara Perawatan Burung Poksay Berjambul Putih Agar Tetap Fit

Dalam memelihara burung satu ini, disarankan untuk memeliharanya bersama dengan pasangannya. Membeli dua jenis kelamin burung ini adalah cara terbaik karena burung jenis kelamin betina mampu membuat burung poksay yang mempunyai jenis kelamin jantan rajin berkicau.

Selain itu, kamu harus meempatkan sangkarmu di tempat yang lebih tinggi daripada biasanya. Karena semakin tinggi sangkar, akan mebuat burung jenis ini semakin tenang.

Selain itu, sangat bagus ketika sangkar burung poksay jambul putih berada di tempat yang tenang dan tidak ramai. Ukuran sangkar yang besar juga disarankan agar burung poksay bisa bergerak dengan leluasa dan tidak merasa tersiksa.

Setelah mengenal ciri dan segala hal tentang burung jenis ini, kamu bisa memelihara burung poksay berjambul putih yang meruapkan raja poksay. Pastikan kamu merawat burungmu dengan baik dan benar.

Baca Selengkapnya :  Jenis Kakatua (Habitat, Makanan Beserta Gambarnya)

Jangan lupa untuk memberinya pakan setiap hari dan memandikannya. Kamu bisa membelinya dengan harga 1 juta hingga 3 juta rupiah untuk yang gacor.