Cara Perawatan Burung Cucak Ranting Mabung

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh sobat kicau semua dan salah satunya tentang Perawatan Burung Cucak Ranting Mabung ini dimana kita harus melakukan perawatan dengan baik dan benar.

Karena disaat mabung ialah saat burung di reset ulang, sehingga dengan perawatan terbaik akan menjadikan dia menjadi individu yang berkualitas mulai dari fisik dan juga suara kicauannya.

Namun jika perawatan ketika dia mabung tidak benar atau asal-asalan maka setelah mabung akan menjadi buruk baik itu fisiknya bisa jadi bulunya tumbuh tidak maksimal atau ada yang bulunya mudah rontok

dan suara kicauan pun yang tadinya volulme nya nyaring menjadi mengecil dan yang semula gacor menjadi tak rajin berkicau ini tentunya menjadi hal yang tidak diinginkan oleh pecinta burung kicau diluaran sana.

Sehingga artikel ini sangat penting untuk kalian baca, mengingat mabung merupakan tahapan atau proses alamiah burung yang dialaminya setiap periode tertentu ada yang setahun sekali atau 2 tahun sekali.

Daripada kalian semakin penasaran bagaimana proses merawat nya, yuk langsung saja baca artikelnya dibawah ini sampai habis.

ciri-ciri-burung-mabun

Perawatan Cucak Ranting Ketika Mabung


1. Isolasi

Karena dimasa moulting atau mabung ini kondisi fisik serta mentalnya tidak stabil sehingga sangat disarankan untuk kita menjauhkannya dari burung lain yang juga gacor. Kalau tidak dia akan menjadi tertekan.

Jika pada masa mabung burung merasa terganggu atau stres ini akan membuat perontokan bulunya tidak sempurnya, sehingga belum rontok semua lalu tertunda dan tumbuh bulu baru tentu nanti hasilnya bulunya menjadi rusak.

Baca Selengkapnya :  11 Jenis Burung Kicau Yang Tidak Mudah Mati Untuk Piaraan

Hal yang harus kalian lakukan ketika cucak ranting yang kalian miliki mabung ialah menggantungnya ditempat yang nyaman dan sepi dan menutupnya dengan kerodong full dan dibuka ketika akan diberikan makan minum dan membersihkan kandang.

burung-mabung-diembun

2. Waktu Mandi dan Penjemuran

Dalam kondisi mabung tentunya jangan memandikan burung setiap hari karena itu akan menjadi penghambat untuk bulunya ambrol atau rontok semua. Disarankan untuk memandikannya 1 sampai 2 minggu sekali.

Karena di dalam kondisi ini pori-pori kulit akan terbuka karena suhu sekitar dan suhu tubuh panas sehingga akan mudah perontokan bulunya. Saat kondisi ini disarankan pemberian ulat hongkong yang juga

bersifat panas yang akan mempermudah perontokan bulu, kalau bulu nya sudah mulai tumbuh hentikan pemberian ulat hongkong cukup jangkrik saja sebagai ef nya. penjemuran dimasa moulting boleh dilakukan setiap hari

dengan catatan durasinya hanya 10 sampai 15 menit dibawah jam 7.30, sebenarnya sinar matahari belum begitu muncul di jam segitu tetapi tak mengapa ya sobat karena kalau kelamaan dijemur juga akan menghambat proses mabung.

3. Pemberian Makanan Tambahan Atau EF

Ketika masa mabung cucak ranting akan mengkonsumsi jangkrik lebih banyak berikan sampai dia kenyang dalam artian kalian tidak perlu membatasi nanti dia akan berenti atau menolaknya ketika sudah merasa cukup.

Supaya bulunya nanti ketika tumbuh menjadi sehat dan berkilau, jangkrik boleh dioles atau disuntikan minyak ikan tetapi kalau burung tidak suka jangan dipaksakan nantinya dia tidak mau makan lagi.

Selain jangkrik juga berikan dia kroto sebanyak 1 sendok makan perharinya. selain jangkrik dan kroto untuk asupan vitamin nya kalian boleh memberikannya buah seperti pisang dan pepaya.

Baca Selengkapnya :  Perbedaan Lovebird Pastel Kuning Dengan Lutino

4. Waktu Membersihkan Kandang

Kalau pada perawatan harian disarankan untuk membersihkannya setiap hari secara rutin, untuk masa mabung ini kalian hanya perlu membersihkannya 3 hari sekali saja saat masa perontokan bulu.

tetapi ketika bulu mulai tumbuh kalian kembali membersihkan setian hari supaya dia terhindar dari penyakit yang akan mengganggu kulit yang belum tertutup bulu. Selain kandang kerodong juga harus dicuci ya sobat.

5. Pemasteran

Disaat mabung tentunya burung akan mereset sehingga kalian harus tetap memperdengarkan audio suara burung supaya dia tetap merekam dan tidak melupakan kemampuannya sebelum mabung

saat menirukan suara burung lain. selain itu saat mabung dimaster dengan rutin tentu akan membuat dia gacor nantinya setelah proses mabung jadi disarankan untuk tetap memasternya.

Bagaimana sobat kicau apakah kalian mengerti perawatan burung cucak ranting mabung yang benar seperti yang dijelaskan diatas ? selamat menerapkan ke burung kesayangan anda dan kami ucapkan banyak terimakasih sudah setia bersama omkicau.

baca juga : ciri cucak rante betina

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari