Sayuran Yang Bagus Untuk Burung Kenari

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

OmKicau.ID kembali update info seputar tips tentang sayuran yang bagus untuk burung kenari, spesial bagi kalian khususnya para pecinta dan penghobi kenari mania, baik untuk pemula ataupun pemain lapangan yang sudah lama (senior) sekalipun wajib bengetahuinya ya temen-temen.

Dalam hal rawatan untuk mencetak burung yg sehat dan bisa menjadi juara tentu bukan hal yg mudah seperti membalikan telapak tangat ya, namun semua itu perlu proses, analisa, action secara langsung ya, agar dari ketiga tahapan ini bisa kalian lakukan bersamaan dengan cara yg tepat dan nantinya akan pula mendapatkan hasil yg maksimal.

Jenis Serta Manfaat Buah Dan Sayur yang Cocok Untuk Kenari


Nah dari kesembilan macam pakan ini biasanya kan yg sering digunakan dan dipakai oleh para penghobi burung kicau kenari mania. Selain akan kita bahas keutamaan dari sayur mayur dan buah-buahan ini serta kekurangannya juga pastinya ya.

Karena masih banyak dari teman-teman yang salah mengaplikasikan pakan EF ini ya, jadi contoh misal kenari kalian sedang mengalami kondisi OB (Over Birahi), karena tidak tahu kalian masih memberikan buah apel atau telur puyuh, dengan pemberiannya tentu salah ya, karena yg ada nanti itu akan membuat burung semakin OB.

Atau burung yg sedang drop atau sakit malahan kalian kasih EF timun, waduh bisa-bisa burung tambah ngedrop kondisinya nanti. Nah maka dari itu Perlunya kita membahas tentang manfaat dari masing-masing etf ini

Oke tanpa basa-basi lagi yuk kita ulas penjelasan lengkapnya dibawah ini :

Sawi Putih

Oke teman-teman kita akan mulai membahas dari yang pertama dulu ya itu sawi putih atau orang Jawa bilangnya slobor ya, dan saya akan menjelaskan secara singkat dan semoga aja temen-temen bisa dengan mudah untuk memahami ya. Nah untuk memanfaatkan Sawi slobor ini atau sawi putih ini bisa untuk menurunkan birahi tapi kekurangannya dapat menyebabkan mencret sehingga pada penggunaannya atau sawi putih ini bagus digunakan ketika musim yang panas atau ketika kenari kalian ketika terlalu over birahi, burung kenari yg memiliki birahi terlalu tinggi ini bagus diberikan EF sawi putih ini ya.

Sawi-Putih

Tetapi untuk kenari yang lagi sakit atau mungkin mencret da pada saat di musim penghujan alangkah lebih baik jangan tidak usah kalian berikan, jika kalian memaksakannya otomatis bisa menyebabkan sakitnya bisa tambah parah dan karena burung akan menjadi gampang lemas dan juga kekurangan cairan / dehidrasi lah.

Baca Selengkapnya :  6 Cara Mudah Merawat Cucak Ijo Bakalan Agar Rajin Berkicau

Penggunaan dari sawi putih itu ukurannya dia cepet juga ketika temen-temen kasih sawi putih di pagi hari jam 7 gitu, nanti jam 12 atau jam 1 ya maksimal 6 jam lamanya ya, saran saya sih lebih baik diganti karena si sawi slebor ini lebih cepat layu dan juga menimbulkan bau nya kurang enak otomatis kurang bagus juga untuk kenari kalian.

Sawi Hijau

Sawi-HijauYang kedua ada sawi sendok atau sawi pakcoy ini Sawi ijo Sawi ijo Why kita bahas disini sawi sendok ya karena kalau untuk yang sawi mie ayam kurang bagus ya. Ya memang semuanya bagus untuk vitaminnya cuman dia kalau digunakan cepat layu.

Kegunaan dari sawi pakcoy ini bisa digunakan disegala kondisi jadi mau musim panas musim hujan dia aman dan digunakan untuk kenari segala usia juga aman dari mulai yang lolohan, bahan atau untuk yang dewasa manfaatnya juga selain itu menambah stamina jika burung ingin dilombakan.

Nah ketika kita mau lomba kenari, kondisinya kenari kita kurang kenceng bisa dikasih untuk sawi pakcoy ini ya dan untuk kenari yang over birahi juga nggak terlalu berpengaruh banget karena dia nggak terlalu membuat birahi dan juga nggak menurunkan birahi.

Jagung Muda Manis

Jagung-Muda-ManisSelanjutnya kita beralih ke nomor 3 Ada jagung manis untuk jagung manis ini manfaatnya yang pertama dia bisa membuat burung bahan terutama untuk paud yaitu badannya lebih bedah jadi ketika dia masih paud usia 1 sampai 2 bulan kita kasih EF jagung manis ini nanti di usia 4 bulan badannya bisa cepat lebih gede ya.

Karena kandungan vitamin dan karbohidratnya juga sangat tinggi dari jagung manis ini juga bisa mengangkat birahi jadi ketika teman-teman punya kenari yang kurang birahi, atau ketika mau di lombakan tentu sangat di anjurkan.

Untuk Ef rawatannya dan cara memberikan yg tepat jadi bagusnya seminggu dua kali atau tiga kali yg disesuaikan tergantung kondisi burung ya. untuk di musim hujan kurang cocok juga untuk musim panas atau musim biasa itu kan pas Hawanya dingin hujan deras lebih baik jangan terlalu kebanyakan juga dikasih jagung, karena bisa menyebabkan mencret nantinya.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Finch Beserta Harganya

Timun

TimunUntuk di point yg ke empat ini ada timun ya, nah kalau timun ini salah satu yang paling paling sering digunakan oleh kicau mania ya terutama kenari Mania timun Ini fungsinya untuk menurunkan birahi karena dia kandungan airnya sangat banyak ya dan sangat cocok diberikan ketika musim yang panas jadi ketika udaranya sangat panas cuaca terik bisa dikasih ya timun.

Selain untuk menurunkan birahi juga membuat kenari lebih segar karena di udara yang panas itu kenari lebih cenderung dan gampang birahi jadi temen-temen ketika punya kenari yang birahi tinggi segeralah dikasih untuk timun dan pemberiannya seminggu bisa 3 , 2 hari sekali baru itu juga bisa atau dua hari berturut-turut kemudian yang satu hari tidak dikasih timun.

Namun kekurangannya dari timun ini, jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan mencret dan hanya digunakan ketika burung dalam kondisi sehat, jangan coba-coba apabila burung kalian sedang sakit di kasih EF ini, nanti yang ada makin tambah stres dan sulit untuk pemulihan fisik dan daya tahan tubuhnya burung tersebut.

Oyong Atau Gambas

Oyong-Atau-GambasKelima kita ada gambas atau Oyong nah kalau gamas Ini fungsinya untuk menambah serat ya, dan tergolong jenis sayuran buat kenari biar gacor karena banyak banget vitaminnya serta juga banyak manfaat keperluan lain, bisa menstabilkan birahi karena memiliki kandungan air yg sedang saja.

Dan untuk gambas ini lebih cocok digunakan untuk EF harian aja deh jadi kayak pelengkap, dan itu untuk pencernaannya juga bagus kalau untuk gambas ini, kalian bisa memberikannya seminggu tiga kali lah.

Daun Mengkudu

Nah banyak sekali pemula kenari mania yg bertanya-tanya ya fungsinya apa sih untuk daun mengkudu muda ini ?.

Daun-MengkuduJadi gini ya, untuk penggunaan daun mengkudu muda ini hanya diperlukan atau dikasih ketika burung yg sedang ada masalah ya, tidak terlalu efektif kalau digunakan untuk harian ya.

Jadi intinya kalau daun mengkudu ini hanya dikhususkan untuk terapi terapi dalam artian yang merawat kenari terutama yang sakit, atau serak suaranya hilang atau gangguan pernapasan yang lain. Dan efeknya bisa dikasih daun mengkudu yang mudah ya jadi pucuknya ajak untuk digunakan jangan terlalu sering cukup seminggu maksimal 3 kali atau waktu selama pengobatan saja, jadi jika sudah beres terapinya atau kiranya burung sudah kembali normal sebaiknya hentikan penggunaannya.

Apel Merah

Apel-MerahNah kalau apel ini fungsinya untuk menaikkan birahi ya atau untuk membuat kenari lebih kenceng terutama untuk kenari kenari lomba atau mungkin kenari temen yang punya kenari kok gak gacor gacor gitu ya jadi masih masih biasanya kurang kenceng itu bisa dikasih EF apel.

Baca Selengkapnya :  Penyebab Murai Batu Tidak Mau Tarung

Untuk jenis apel yang digunakan bisa apel merah, untuk aplikasinya bisa digunakan seminggu dua kali atau tiga kali ya terus kemudian cocok juga di musim panas atau musim hujan oke-oke aja. Nggak ada pantangannya terlalu berlebihan. Namun kalau untuk kenari yang sudah melebihi birahi alangkah lebih baik di hentikan sementara waktu, dan lihat perkmbangan kondisinya burung tersebut ya.

Selain itu juga bisa digunakan untuk Paud atau untuk yang mau ternak atau pun yang buat lomba kenari nya kurang kerja kenceng yang bisa dikasih apel.

Pisang Kepok Putih

Pisang-Kepok-PutihDi point yg kedelapan ini ada pisang temen-temen ada yang tahu juga ya Kok bisa digunakan untuk kenari, jawabannya bisa ya. Jadi untuk pisang yang kita gunakan ada pisang kepok jadi sama seperti yang kita gunakan untuk burung cucak ijo, burung pleci dan manfaat pisang ini bagus sekali untuk pencernaan.

Jadi biasanya untuk Paud Paud itu dikasih pisang jadi lebih ke sistem pencernaan dan juga tenaga jadi ketika teman -teman yg mau kenarinya diturunkan saat lomba, pisang ini biasanya digunakan sebagai doping atau pendongkrak tenaga dilapangan agar burung staminanya tetap terjaga dan durasinya tidak gembos ya.

Telur Puyuh

Telur-PuyuhEF telur puyuh ini Saya rasa saya, dan yakin semua dari temenku udah paham ya, udah sering menggunakan telur puyuh ini, keutamaannya yang pertama menaikkan birahi, kemudian bisa mempercepat pertumbuhan burung terutama bulu, sangat baik jika diberikan ketika burung piyikan ataupun burung setelah sehabis mabung juga baik ya.

Dengan menggunakan telur puyuh ini juga bisa membuat badannya lebih cepat gede, berisi dan sehat selalu. Untuk pemberian dalah hal yg wajar saja ya, saran saya cukup 1 minggu sekali saja untuk burung bahan atau yang sudah dewasa.

Demikianlah informasi yg dapat kami bagikan seputar jenis sayuran yang bagus untuk burung kenari yang paling sering digunakan oleh hobiis kicau kenari mania semuanya, semoga bisa lebih menambah wawasan dan pengetahuan yg kiranya bermanfaat ya. Sukses selalu. Terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari