Perawatan Kacer Tipe Panas

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

perawatan kacer tipe panas – Assalamualaikum wr, wb. Halo sobat kicau.. Apa kabarnya ?, semoga selalu diberikan kesehatan, dan segala kemudahan ya. Kita Berjumpa lagi bersama situs resmi Om Kicau, nah dikesempatan kali ini kami akan berbagi pengalaman serta tips seputar perawatan burung kacer tipe panas.

Bagi para pemula tentu masih pada bingung dan bahkan belum mengetahui pastinya apa itu ciri tipe kacer ya !. Baik itu tipe panas, dingin ataupun sedang.

Dalam hal merawat kacer tentu bagi pecinta dan penghobinya malah menjadikan suatu tantangan agar bisa dapat lebih memahami burung gacoannya. Jika si perawat sudah mengetahui dan bisa memberikan perawatan sesuai dengan karakter atau tipe burungnya, dipastikan si kacer ini akan tampil enak, kerja duras, bongkar materi dan tiada masalah apapun, serta mudah dan biasa dalam rawatan harian maupun setingan lombanya.

Nah sebelum kita lanjut kepada pokok bahasannya, seperti pada artikel kami sebelumnya yang membahas tentang ciri kacer tipe panas, sebaiknya kalian baca dan pahami terlebih dulu ya agar tidak gagal paham nantinya.

Ada baiknya sebelum melakukan atau menerapkan pola rawatan kacer tipe panas ini, sebaiknya kalian harus mengetahui terlebih dulu karakter burung kacer kalian masing-masing ya, tujuannya agar tidak salah dalam memberikan setingan rawatan harian dan lombanya.

Catatan : Ciri burung kacer tipe panas memiliki ciri di antaranya : tidak kuat dijemur dalam durasi waktu yang lama, sangat suka mandi emosi atau birahi mainnya ngotot dan sangat agresif dan saat mendengar suara burung sejenis.

Oke tanpa langsung berlama-lama langsung aja kita simak pembahasan lengkapnya dibawah ini ya :

Baca Selengkapnya :  Download Kumpulan Suara Kacer Gacor Ngeplong Full Isian Mp3

ciri-fisik-kacer-tipe-panas

Cara Perawatan Kacer Tipe Panas Agar Gacor


Pengembunan

Nah untuk perawatan yang tepat kacer tipe panas yang pertama adalah pengembunan ya temen-temen, perawatan dimulai di pagi hari, sekitar jam 5 subuh kita keluarkan burung untuk melakukan pengembunan,

karena manfaat embun pagi ini sangat penting bagi perkembangan kacer kita dengan udara yang masih segar tentunya membuat sikacer akan menjadi sehat dan lebih nyaman.

Waktu Mandi Serta Penjemuran

Yang kedua waktu mandi sekitar pukul 7 saat matahari sudah mulai panas memandikan burung dengan cara keramba atau disemprot tergantung dengan kebiasaan kacer kalian ya

Namun untuk jadwal mandi bisa kita lakukan di pagi atau sore hari yang terpenting setiap hari sikacer ini harus mandi agar birahi dan emosi lebih stabil.

Namun saat penjemuran jangan terlalu lama ya guys cukup 15-30 menit saja, jika burung sudah mulai terpantau mangap atau seperti ngos-ngosan lah, maka segera kita angkat kandang dan di angin-anginkan ya, itu berarti maksimal sebatas kemampuan durasi jemur kacer kita ini.

Waktu penjemuran burung yang bagus kisaran pukul 7.30 sampai pukul 8 intinya saat matahari pagi mulai bersinar saat di jemur burung juga bisa kita masukkan ke dalam kandang umbaran untuk melatih stamina dan pernapasan agar tidak mudah bosan,

karena diketahui bahwa burung kacer tipe panas ini ketemu musuh langsung mengeluarkan isian, tampil ngotot jadi perlu latihan fisik yang lebih rutin agar stamina tidak gampang kendor.

Pemberian EF Yg Tepat

Serta yang ketiga ini adalah pemberian extra fooding (pakan tamabah), setelah dijemur angin-anginkan burung dan berikan makanan tambahan harian berupa jangkrik 3 atau 5 ekor jika kita kuat, makan jangkrik hanya 3 ekor di pagi hari maka berikan pengaturan 3 ekor dan seterusnya ya.

Baca Selengkapnya :  Cara Membuat Kacer Konslet

kembali lagi Kita sesuaikan dengan karakter kacer kita untuk EF kroto yang diberikan cuku 2 kali saja dalam seminggu, contoh jadwal pemberian koroto pada hari Senin dan Kamis setelah itu jangan lupa selalu pantu juga setiap hari ganti air minumnya minimal pagi dan sore hari dengan menggunakan air mineral yg sudah di masak matang.

Pengkrodongan

Nah untuk teknik pengkrodongan ini juga tidak boleh sembarangan ya, setelah diangin-anginkan kerodong burung agar burung bisa beristirahat lebih lama karena kalau tidak dikerodong biasanya burung akan ngoceh terus alhasil akan menguras tenaga dan bisa mengurangi jadwal istirahatnya.

Dan jangan lupa kemudian lakukan pengerodongan pada malam hari sampai ke pagi harinya ya.

Setingan Lomba

Untuk pengaturan lomba tetap lakukan sesuai dengan rawatan harian, namun pada hari H – 1 kalian berikan kroto sedikit saja, dan pada hari H, pagi hari burung harus kita mandi kan sebelum kita berangkat ke gantang,

kemudian berikan jangkrik 3 ekor, dan jika kacer terlihat terlalu agresif atau emosinya meluap dan cuaca sangat terik kita bisa sedikit basahin krodong, serta tangkringan dan bagian alas agar kacer emosinya lebih stabil.

Ok guys kita ambil kesimpulannya ” Pada rawatan harian dan lomba kacer tipe panas untuk perawatan yang perlu kita Garis bawahi adalah dalam penjemuran tidak butuh waktu yang lama ya, dan untuk waktu mandi dan porsi extra fooding nya harus sesuai.

Sobat bisa pakai settingan yang sudah kita bahas atau mengubah sesuai dengan karakter dan kemauan kacer kita. Oke semoga bermanfaat salam kacer mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari