Cara Memilih Cucak Ijo Bakalan Hutan

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

cara memilih cucak ijo bakalan hutan – assalamualaikum wr wb, jumpa lagi masih bersama kami situs resmi terpercaya yang selalu konsisten memberikan info seputar duni burung kicau, siapa lagi kalau bukan Om Kicau !. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara memilih burung cucak ijo bakalan hutan yg memiliki prospek dan berkualitas baik untuk temen-temen pemula, khususnya bagi para CI maniak di nusantara.

Oke tanpa banyak basa-basi lagi, langsung aja kita bahas informasi selengkapnya di artikel ini, simak terus sampai habis ya.

Tips Mendapatkan Burung Cucak Ijo Prospek Dan Berkualitas


Cara Melihat Karakter Cucak Ijo

Pada dasarnya sifat asli burung cucak ijo ini sama-sama sudah kita ketahui ya, burung yang memiliki tempramental yg setengah 50 % perbandingannya, atau istilahnya bisa dikatakan semi fighter lah ya. Akan tetapi dengan pola rawatan setiap hari yg kita lakukan dengan baik tentu menjadi salah satu penunjang untuk burung tersebut yg nantinya terbiasa dilatih oleh si pemiliknya yg sudah mengetahui karakter dari masing-masing burung ya.

Teknik yg sering digunakan apabila para senior ingin membeli burung cucak ijo yg sudah mapan / bukan yg masih bahan ya tentunya, bisa kalian perhatikan dalam memberikan pakan EF berupa jangkrik !. Jika burung dapat dengan mudah dan cepat mengkonsumsinya tentu burung ini salah satu jenis prospekan.

Berbeda dengan cucak ijo yg memakan jangkrik lama untuk menelannya, dan hanya menggapit jangkrik tersebut di paruhnya terkadang terdengar suara ngeriwik yang dimana paruhnya masih ada jangkriknya.

ciri-cucak-ijo-kualitas-bagus

Cara Memilih Cucak Ijo Ombyokan

Dengan panduan ini merupakan tips cara memilih cucak ijo petarung ya, kalian bisa lihat dibawah ini :

Baca Selengkapnya :  5 Jenis Burung Endemik Yang Paling Poopuler Di Pulau Jawa

Nah jika membandingkan agar kalian bisa mengetahui ciri cucak ijo kualitas bagus, tentu yg pertama dilihat dari segi fisiknya terlebih dahulu ya temen-temen. Pastikan kalian amati betul dari ujung paruh sampai ujung kuku-kakinya tidak ada masalah atau tidak memiliki cacat ya. Karena burung yang kondisi fisiknya cacat akan mempengaruhi sistem penilaian juri ketika saat digantangkan / di ikutsertakan dalam kontes besar ya.

Selain itu kalian juga perhatikan dari segi bentuk paruhnya, jika berdimensi lebih panjang, tebal dan kokoh ini juga harus dijadikan salah satu opsi ya. Dan juga sorot kedua matanya, pastikan tatapan yg dimilikinya tajam dan fokus. Bentuk body biasanya tidak terlalu besar dan juga tidak begitu kecil juga ya, pilihlah yg sedang-sedang saja. Saat bertengger di tangkringan perhatikan cengkraman kakinya, jika terlihat kuat mencengkramnya tentu ini juga salah satu faktor yang bisa kita ambil.

Baca juga : cara memilih cucak ijo lomba

Tips Cara Rawatan Harian Burung Cucak Ijo Bakalan


Cucak ijo bakalan atau ombyokan yang dijual di pasaran ada dua macam ya muda yaitu hutan dan dewasa hutan atau yang sudah nopeng jadi di kepalanya sudah ada seperti topeng warna hitam. Dan untuk cucak ijo muda lebih mudah dibentuk ya atau dijinakan dari yang sudah dewasa dan yang sudah dewasa agak biasanya sulit untuk digunakan itu hasil dari tangkapan hutan makanya si burungnya itu masih sangat giras ya.

Tapi meskipun sangat giras banyak dari Kicau Mania yang lebih memilih untuk membeli cucak ijo bakalan yang membeli cak Ijo yang sudah jadi atau gacor dengan alasan ya pasti ya harganya pasti jauh lebih murah ya .

cara-memilih-cucak-ijo-ombyokan

Pengadaptasian Kandang (Sangkar)

Nah untuk CI bakalan ini jika kalian sudah membeli / memilih burung prospekan tersebut dan sebelum masuk keperawatan diketahui dulu ya bawa cucak ijo itu adalah burung pemakan buah-buahan dan juga serangga biasanya lebih suka buah-buahan, seperti pisang atau pepaya dan sejenisnya.

Baca Selengkapnya :  Inilah Keunikan Burung Nuri Kepala Hitam Yang Wajib Diketahui

Oke kita langsung ke perawatan cucak ijo bakalan yang masih giras yang pertama kita lakukan adalah menyesuaikan lingkungan sangkar dan juga lingkungan sekitar.

Siapkan kandang yg sedang saja ya, jangan terlalu besar, boleh juga yang berukuran kecil aja ya, agar si burung tidak terlalu banyak gerak dan dikhawatirkan ketika loncat menabrak jeruji sangkar yang bisa melukai si burung, yg bisa membuat burung stres dan bulunya rusak nantinya. lalu setelah siapkan pisang didalamnya serta air minum yg bersih, diutamakan yg sudah dimasak (matang) ya.

Kandang Di Full Kerodong Sementara

Nah setelah itu lalu si kandang tersebut di full kerodong dulu aja, maksudnya agar si burung biar tenang terlebih dahulu. Dan kita ganteng di tempat yang sunyi atau yang tidak terlalu bising atau tidak terlalu banyak orang lalu-lalang.

Dan kondisikan burung cucak ijo Ini dari suara kebisingan atau gaduh yang bisa membuat stres dan juga bisa kan dulu penempatannya dari burung burung lain yang gacor agar cucak ijo ini tidak terpancing biarkan kerodong penuh selama kurang lebih 3 hari sampai 1 minggu. Dibuka ketika mau memasukkan pakan EF buah pisang / pepaya aja atau mengganti di air minumnya, intinya biarkan si burung tenang agar bisa beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya.

Proses Penjinakan Beserta Rawatan Hariannya

Oke selanjutnya tahap penjinakan ya sekaligus melatih Pur, Setelah dirasa si burung sudah beradaptasi dengan sangkar kita mulai perawatan hariannya jadi setiap pagi mulai kita embunkan cucak ijo bakalan nya mulai jam 5 pagi sampai jam 6 pagi atau sampai matahari terbit. Dan jangan lupa angkat pakan atau pisangnya bersama untuk terapi lapar atau pelatihan agar mau makan Pur tapi jika cak ijo teman-teman sudah Pur total skip aja ya tahapan ininya.

Ini hanya untuk burung yang benar-benar masih bahan yang belum pernah makan Pur sama sekali jadi setelah diembunkan sekitar jam 7 cak ijo kita mandikan dengan menggunakan sprei sampai basah kuyup.

Baca Selengkapnya :  6 Macam Makanan Burung Kolibri Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Atur semprotan yang lembut atau embun saja agar tidak kaget setelah selesai mandi diangin-anginkan sebentar biar airnya turun dulu lalu kita jemur nah sebelum bulunya benar-benar kering atau masih sedikit basah kita angkat untuk kita latih agar jinak.

Nah ketika dalam keadaan bulu belum kering betul karena dengan kondisi burung yang bulunya ini masih basah atau sedikit basah maksudnya, si burung tidak akan terlalu agresif atau Banyak gerak si burung cenderung diam tidaknya tidak terlalu Grabagan lah ya. Nah disinilah kita mulai penjinakan karena pakannya kita cabut si burung pasti lapar Apalagi setelah dimandikan.

Bisa juga memberikan jangkrik langsung dari tangan tapi jika cak ijo nya masih takut untuk mengambil jangkrik yang kita berikan melalui tangan cobalah tusuk jangkring cobalah tusuk jangkrik dengan lidi yang agak panjang. Lalu berikan sampai dia mau makannya lakukan setiap hari dengan telaten ya lalu mulai menggunakan tangan pasti lama-lama cak ijo mau makan jangkrik langsung dari tangan kita dan secara otomatis si burung mengenal kita sebagai majikan yang memberikan makanannya.

Lalukanlah rawatan harian secara konsisten ya temen-temen, agar si burung lebih terbiasa dengan setingan hariannya baik, mandi, penjemuran serta kebersihan sangkarnya yg harus kalian perhatikan selalu setiap harinya.

Oke itu saja yg bisa kami bagikan informasi seputar cara memilih cucak ijo bakalan hutan, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. Dan jangan lupa pantengin terus Website Omkicau.ID setiap harinya ya, pasti ada tips dan informasi yg update yg bisa kalian baca-baca untuk menambah wawasan baru tentunya. Terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari