Cara Perawatan Burung Parkit Mabung

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Perawatan Burung Parkit Mabung memang sangat penting dan pastinya perawatannya juga berbeda dengan rawatan harian biasa. Tak hanya pada parkit pada jenis burung lain juga memerlukan perlakuan khusus

ketika dia sedang moulting. Sedikit informasi tak selamanya bulu yang rontok itu disebabkan oleh mabung. Kemungkinan lain dia sedang nyulam atau mengganti bulu-bulu yang lama dengan yang baru.

Untuk nyulam sendiri tidak perlu perlu perawatan khusus hanya dilakukan perawatan biasa namun porsi EF nya ditambahkan supaya bulunya kembali tumbuh dengan sehat dan kuat karena proses pembentukan bulu memerlukan protein yang banyak.

Selain itu bulu yang rontok juga disebabkan adanya infeksi penyakit hama kutu sehingga si burung mencabuti bulunya sendiri karena dia merasa gatal diakibatkan kulitnya yang diserang kutu.

Kalau hal ini yang terjadi tentunya kalian harus melakukan upaya untuk mengobatinya dari serangan kutu-kutu itu. Nah untuk perkit yang mabung di artikel ini kita akan berikan tips perawatan

supaya hasilnya nantinya si burung akan kembali pulih sehat dengan bulu baru yang bagus serta kembali rajin berkicau. daripada semakin penasaran langsung saja baca artikel selengkapnya.

istilah-mabung-pada-burung

Inilah perawatan Ketika Parkit Mabung

1. Gantung Kandang Ditempat Sepi dan Tenang

Isolasi merupakan istilah yang dipakai para pecinta burung dimana kalian harus memisahkan letak gantungan burung dengan yang lainnya. Isolasi dilakukan ketika si burung mengidap penyakit supaya tidak menular ke burung lain

Baca Selengkapnya :  Makanan Burung Pleci Supaya Cepat Gacor Membuka Paruh

selain itu pada masa mabung burung di isolasi supaya dia lebih tenang dimana saat moulting ini burung berada dalam kondisi yang tidak baik dari segi fisik maupun mental nya sehingga kalau didekatkan dengan

burung lain yang berkicau terlebih yang gacor maka mentalnya akan tertekan sehingga proses mabung biasanya tak sempurna alias berhenti di tengah jalan meninggalkan kondisi burung yang setengah ngurak dan jadi enggan berkicau.

vitamin-untuk-parkit-saat-mabung

2. Waktu Mandi dan Jemur

Hampir sama dengan jenis burung lain dimana saat mabung jangan dimandikan setiap hari karena kalau sering dimandikan pori-pori kulitnya akan menutup sehingga bulu-bulu yang tadinya akan lepas menjadi kuat kembali

mengingat pori-pori kulit yang menyempit tentunya ini juga menjadikan mabungnya tidak sempurna. Sehingga sangat disarankan untuk burung mabung dimandikan cukup 1 kali atau 2 kali dalam seminggu.

3. Pemberian Makanan Yang Tepat

Pemberian makanan bagi parkit untuk porsi milet tentunya ditambahkan dan juga ef seperti sayuran segar dan biji-bijian lain seperti canary seeds diberikan untuk tambahan asupan protein

karena di masa mabung burung memerlukan protein yang banyak untuk mempercepat pertumbuhan bulu baru. selain itu disarankan memberikan buji bunga matahari karena banyak mengandung vitamin e supaya bulunya menjadi berkilau.

4. Bersihkan Kandang Burung

Pada masa perontokan bulu atau saat ngurak biarkan kandang berada pada suhu yang lembab dengan dikerodong full dan tidak dibersihkan kandangnya setiap hari misalnya seminggu sekali atau 2 kali.

Tetapi makanan dan minuman harus dijaga kebersihannya sobat. dan apabila siburung sudah mulai tumbuh bulu-bulu halusnya kalain sudah bisa membersihkan kotorannya setiap hari tetapi jangan dimandikan dulu

tunggu sampai bulunya mulai agak rata tumbuhnya baru dimandikan 3 kali seminggu. bukan karena kotor takut teridap penyakit tetapi itulah yang harus kita lakukan untuk membuatnya ambrol bulunya.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Perkutut

5. Masteri Burung

Supaya nantinya dia menjadi lebih gacor dan disaat ini menjadi saat yang paling tepat untuk memaster sehingga nantinya selesai proses mabung di burung akan kembali gacor dan bahkan jadi lebih gacor.

6. Beri Vitamin Tambahan

Selain perawatan dan makanan yang harus dipenuhi, demi menjaga dayatahan tubuh dan stamina si burung harus kalian tambahkan pemberian multivitamin khusus burung yang bisa kalian beli di kios burung terdekat.

Bagaimana sobat kicau semoga tips perawatan burung parkit mabung yang telah kami sajikan dapat kalian pahami dan bisa bermanfaat untuk kalian semua dalam pemeliharan burung kesayangan kalian.

Kami ucapkan banyak-banyak terimakasih karena sudah selalu setia membaca artikel dari kami semoga kami selalu bersemangat memberikan informasi menarik dan bermanfaat buat kalian semua pecinta kicau mania.

baca juga : perawatan burung parkit untuk pemula

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari