cara-merawat-burung-tledekan

Cara Merawat Burung Tledekan Biar Cepet Gacor

cara merawat burung tledekan – burung yang memiliki ukuran tubuh yang kecil serta memiliki jiwa petarung yang baik, vokal kencang dan bervariasi itulah burung tledekan, ada beberapa jenis tledekan yang ada di indonesia namun pada pembahasan kali ini kami akan mengulas perawatan harian burung tledekan yang tepat supaya rajin bunyi dan bisa dimanfaatkan sebagai burung masteran ocehan lainnya dengan maksimal.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara memberikan perawatan yang baik bagi burung tledekan ini, yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Trik Mudah Perawatan Burung Tledekan Supaya Rajin Berkicau


Jika dilihat sekilas dan diperhatikan burung ini memiliki bentuk fisik yang hampir mirip dengan burung murai akan tetapi hanya saja tubuhnya yang berukuran kecil, dan sering dijuluki sebagai murai kutukan !. Memang tidak mudah merawat burung yang satu ini jika tidak memiliki pengalaman maka akan berakibat fatal.

ramuan-agar-burung-tledekan-cepat-gacor

Tidak hanya dikenal jadi burung agresif yang bertingkah ndegeg burung ini pula dengan gayanya yang ngobra. Burung sulingan ataupun tledekan ini memanglah dikenal mempunyai kepintaran.

Antara lain ialah sanggup mengikuti nada- nada suara yang dikicaukan dari burung lain. Terlebih bila burung ini dilatih dari umur bakalan ataupun semenjak usia trotolan.

Hingga tidaklah bingung bila seluruh tipe burung yang lebih diketahui dengan julukan tledekan atau sulingan ini sempat terkenal.

Terdapat 2 tipe burung tledekan, ialah tledekan gunung serta tledekan bakau, yang mempunyai karakter petarung penguasa teritorial. Begitu juga murai batu serta kacer, tledekan dapat menjadi agresif pada saat memandang ada pejantan lain merambah area teritorialnya. Namun burung ini pula mudah stress akibatnya jadi tidak sering bunyi. Berikut tahapan dalam perawatan yang harus anda lakukan rutin setiap harinya :

Baca Selengkapnya :  Ciri Murai Batu Aceh Trah Sabang Ekor Panjang

Pengembunan Burung Tledekan

Pada pagi hari menjelang mentari mulai keluar, kurang lebih jam 06. 00 tempatkan burung diluar rumah supaya menghisap hawa fresh serta terkena kabut pagi.

Memandikan Serta Memelihara Kebersihan Kandang

Sehabis digantang diluar, kita dapat mulai memandikan tledekan kita dengan metode disemprot memakai sprayer hingga burung betul- betul basah. Cara memandikan ini diyakini bisa membuat burung gampang jinak. Saat sebelum membasuh burung tledekan bagusnya kandang dibersihkan terlebih dulu biar sisa santapan serta kotoran tidak basah serta mereput terkena air.

cara-burung-tledekan-makan-voer

Pemberian Pakan Yang Bermutu

Sesudah tuntas memandikan tahap berikutnya merupakan memberi makan tledekan. Selaku pemilik, kamu mesti wajib menunjang perawatan yang bagus dengan dijajari pemberian santapan burung Tledekan yang penuh nutrisi dan vitamin supaya aktif serta terus menjadi gacor. Santapan tledekan merupakan voer kering, kita pula dapat membagikan santapan ekstra semacam jangkrik ataupun larva hongkong. Pemberian jangkrik ini janganlah dengan cara langsung.

Hendaknya gunakanlah cepuk spesial buat EF. tidak boleh lupa pula buat berikan minum sang burung, sebab minum untuk burung amatlah berarti serta janganlah hingga terlamabat memberikannya. Jangkrik serta belalang ialah pakan ekstra fooding yang banyak diserahkan pada tipe kukila ini. Buat jangkrik, pakan ini mempunyai guna buat tingkatkan birahi pada kukila alhasil jadi lebih aktif bila diserahkan dengan dosis yang pas.

Bagikan 1 sendok teh kroto kala burung lagi diembunkan, ataupun pada durasi pagi hari. selesai dimandikan, bagikan 1- 2 akhir larva hongkong warna putih. Sehabis burung dijemur, bagikan 2- 3 ekor jangkrik kecil.

Cara Penjemuran Burung Tledekan

Sehabis burung mandi serta diberi pakan kesukaannya, saat ini waktunya tledekan dijemur supaya bulu yang basah tadi cepat mengering. Cara penjemuran ini bisa berlangsung kurang lebih 2 jam. Sehabis dijemur sepanjang 2 jam, gantangan di tempat tenang selama kurang lebih 15 menit supaya tatapan burung kembali normal sebab lama terkena cahaya mentari.

Baca Selengkapnya :  Rahasia Perawatan Cucak Jenggot Agar Cepat Gacor

Pengkrodongan Serta Pemasteran

Tahap berikutnya merupakan pengkerodongan, cara ini diiringi dengan cara pemasteran dengan memakai rekaman suara kukila semacam suara burung lovebird, ciblek, kenari, cucak jenggot, serta lain- lain. Pada petang hari gantangkan kembali tledekan di luar rumah serta janganlah lupa buat membuka kerodongnya. Kala petang hari kita pula dapat membagikan kembali santapan ekstra buat sang burung ialah jangkrik serta larva hongkong.

Dikala menjelang malam atau petang hari jam 5- 6 petang merupakan waktunya mengistirahatkan burung tledekan kita. Triknya dengan dikerodongkan kembali serta ditempatkan didalam rumah. Pada dikala malam hari kita pula dapat melaksanakan pemasteran dengan memakai rekaman suara, tetapi suara janganlah sangat keras semacam siang hari, volume cukup diatur senyap dan sedang saja.

Baca juga artikel terkait : Mengenal Ciri Burung Tledekan, Beserta Harga Terbaru 2020