Makanan Burung Kakak Tua

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Halo sobat kicau, berjumpa lagi bersama Om Kicau ya, nah dikesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar jenis makanan burung kakak tua, mungkin dari sebagian para penghobi baru atau masih pemula tentu kesulitan dan bingung ya !. Kira-kira makanan apa saja yg menjadi kesukaannya si kakak tua ini ?.

Saat ini di kios-kios burung atau di toko online sekarang banyak sekali yg jual makanan burung kakak tua ya temen-temen jadi kalian nggak perlu khawatir, dan jika tidak sempat membuat pakan racikannya kalian bisa langsung beli saja baik itu ofline maupun secara online.

Oke lanjut ke tema pokok bahasannya langsung ya, temen-temen bisa simak penjelesan lengkapnya dibawah ini tentang makanan yang disukai burung kakak tua :

Apa Makanan Burung Kakak Tua ?


Biji Dan Kacang

Tipikal atau karakteristik burung bengkok pada dasarnya suka mengkonsumsi pakan biji ya, dan biji-bijian inilah yang bisa juga dijadikan sebagai makanan harian / pokok ya. Sama seperti burung lovebird dan kenari juga sangat menyukai pakan milet ya,

nah jenis biji apa saja yang bisa kalian kasihkan kepada burung kakak tua kesayangan temen-temen semua ?, yang pertama milet putih, merah, biji kenariseed / jewawut bisa kalian kombinasikan atau di oplos (campur) dengan takaran yang disesuaikan dengan kebiasaan nya ya.

Jenis biji lainnya seperti kwaci atau biji bunga matahari yg ukurannya besar-besar ya temen-temen. Nah untuk kwaci ini biasanya menjadi tervaforit bagi makanan burung kakak tua raja ya temen-temen.

Baca Selengkapnya :  Tips Perawatan Kacer Giras Untuk Lomba

Untuk jenis kacang yg menjadi pakan kesukaannya ini adalah : kacang merah, kancang panjang, kacang kedelai.

makanan-burung-kakak-tua-raja

Sayur – Sayuran

Selain biji dan kacang tentu makanan sayur ini juga sangat baik jika diberikan kepada burung jenis kaka tua ya, seperti jagung manis muda, buncis, wortel dan brokoli, tapi ingat jangan memberikan sayuran setiap hari juga ya.

Cukup di selang-seling saja (variasikan) dan jadikan pakan sayur ini hanya makanan tambahan (ekstra fooding) saja ya, temen-temen bisa memberinya dalam waktu satu minggu cukup 2 kali saja, misalnya hari senin dikasih jagung, dan jum’at menunya brokoli ataupun wortel yang di acak saja ya.

Tips Membuat Pakan Alami Untuk Burung Kakak Tua

Nah jika temen-temen memiliki banyak waktu luang, dan sempat untuk mencari bahan-bahan pakan untuk burung kakak tua ini, tentu sangatlah disarankan agar meracik makanan sendiri yang tentu lebih sehat, alami, dan ekonomis pastinya.

Dan jika tidak sempat waktunya, tidak masalah juga, karena banyak yang menjual pakan instan siap saji, tentu harganya jauh lebih mahal ya. Namun keistimewaannya jika kalian mampu meracik makanan harian yang disukai, tentu salah satu cara mengatasi burung kakak tua susah makan.

jenis-makanan-burung-kakak-tua

Bahan – bahan yg diperlukan :

  • beras merah
  • kacang merah
  • jagung manis muda
  • buncis
  • brokoli
  • kacang panjang
  • kacang kedelai
  • wortel
  • cabai merah

Cara membuatnya :

Pastikan semua sayurannya takarannya disamakan ya 1/4 kg , kemudian sudah di cuci bersih dan di potong-potong kecil, sesuai dengan gambar ini ya. Nah yang pertama wortel kalian rebus terlebih dahulu ya, selama 10 menit, tujuannya agar lebih lembut untuk dikonsumsinya.

Kemudian kacang kedelai, kacang merah, beras merah dan brokoli nya juga direbus selama 10 menit. dan pisahkan ya bahan-bahan yang direbus dengan yang tidak rebus. Setelah itu semua bahan yang sudah direbus dan yg tidak di rebus kita satukan (campurkan) ya lalu aduk hingga merata, dinginkan selama 15 menitan dan siap untuk di hidangkan kepada burung kakak tua kesayangan temen-temen.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Sogok Ontong, Makanan Dan Harga

Oke jadi itulah wawasan tentang makanan burung kakak tua yang bisa kami share kepada para penghobi burung paruh bengkok ini ya khususnya si kakak tua. Semoga kiranya dapat bermanfaat.

Baca juga : suara burung kakak tua mp3 download

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari