Beberapa Jenis Penyakit Yang Menyerang Burung Kicau

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Hai sobat omkicau semoga hari ini kalian tetap semangat ya dan di artikel ini kita akan mengulas jenis-jenis Penyakit Burung, mulai dari ciri-ciri, penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Biasanya penyakit pada burung menyerang organ tenggorokan yang menyebabkan dia tidak mau bunyi, gangguan pada bagian pencernaannya, bahkan gangguan mentalnya bisa stres dan over birahi.

Kalau burung kicau kesayangan kalian sedang terganggu kesehatannya pastikan kalian melakukan perawatan ekstra dengan baik karena walaupun penyakit yang diderita burung terlihat ringan

kalau tidak ditanggulangi dengan baik maka akan berakibat fatal, bahkan akan menyebabkan kematian pastinya kalian tidak mau kan hal ini terjadi pada burung kesayangan kalian.

Dibawah ini kita akan bahas beberapa jenis gangguan kesehatan pada burung dan bagaimana cara mengobatinya. baca sampai habis karena artikel ini sangat penting bagi sobat omkicau semua.

Jenis-Jenis Penyakit Pada Burung


Snot

Penyakit ini ditandai dengan pembengkakkan yang terjadi di area sekitar wajah burung, dan juga ketika si burung sering bersin. Gangguan kesehatan ini disebabkan oleh Hemophilluas gallinarum

yang merupakan salah satu jenis virus yang cukup mematikan bagi burung. Hal yang harus kalian lakukan untuk mengobatinya dengan mengkarantinanya supaya tidak tertular ke burung lain.

Lalu memberikan obat snot yang banyak di jual di pasaran. Cara mencegah penyakit ini kalian harus rajin membersihkan kandang dan cepuk makan minumnya serta meletakan burung ditempat yang sirkulasi udaranya baik.

penyakit-burung-dara

Cacingan

Tidak hanya pada manusia ternyata penyakit cacingan ini menyerang burung juga.Ini biasanya disebabkan masuknya cacing ke organ pencernaan dan hati si burung.Kemudian si cacing akan berkembang biak.

Baca Selengkapnya :  Cara Penilaian Kontes Burung Murai Batu

Ciri-ciri yang ditampilkan burung yang terkena penyakit ini ialah burung terlihat kurus karena menurunnya nafsu makan. Bulunya terlihat kusam dan mudah rontok serta burung nampak lesu.

Dilihat kotorannya juga cair sehingga apabila burung kicau anda memiliki ciri-ciri tersebut cepat karantina burung dan berikan obat khusus cacingan yang ada di kios atau di marketplace.

Berikan secara teratur sampai benar-benar sembuh dan selalu jaga kebersihan burung karena seperti pepatah bersih pangkal sehat ya sobat.

penyakit-burung-lovebird

Berak kapur

Gangguan pencernaan lain ialah berak kapur ditandai dengan feses yang putih seperti kapur yang keluar disertai cairan bening.Penyakit ini disebabkan bakteri Salmonella pullorium.

Hal ini terlihat dari si burung yang nampak lemas dan lesu serta menurunnya nafsu makan, kalain harus cepat-cepat memisahkan dengan burung lain karena penyakit ini sangat mudah menular.

Belilah obat untuk penyakit berak kapur yang mudah sekali dicari di pasaran, selain itu berikan vitamin dan makanan bernutrisi supaya tubuhnya cepat pulih kembali.

Kutu Burung

Gangguan kesehatan ini disebabkan oleh hama yang menggigit dan menghisap darah pada kulit burung. mereka menyusup ke bulu-bulu burung. Gejala yang terlihat pada burung yang ada kutunya

apabila dia terlihat mematuk-matuk tubuhnya, gelisah tidak tenang, kurus karena menurunnya nafsu makan. hal ini disebabkan karena kotoran dari sisa makanan yang tidak cepat dibersihkan.

Makanya membersihkan kandang burung sangatlah penting ya sobat jangan sampai lupa. Cara menanggulanginya kalian bisa membeli shampo anti kutu dan gunakan campuran ini pada air setiap kali mandi.

Bumble foot

Gangguan kesehatan ini ditandai dengan bengkaknya pada bagian kulit kaki si burung. hal ini biasanya disebabkan karena kandang yang tidak terjaga kebersihannya sehingga

Baca Selengkapnya :  Perawatan Pleci Mabung Agar Cepat Selesai

bakterinya menyerang kulit si burung. Belilah obat untuk menyembuhkan bulbul di kios atau pasar bahkan di marketplace juga ada gunakan secara teratur sampai burung sembuh

jangan lupa untuk membersihkan kandanynya secara rutin.

penyakit-burung-kenari

Itulah tadi beberapa jenis penyakit burung yang biasa menyerang kesehatan karena beberapa penyebab. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sobat omkicau semua kami ucapkan terimakasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari