Obat Perkutut Malas Bunyi

Oke sobat kicau, masih tetap setia bersama kami situs resmi omkicau.id yg dimana pada kesempatan malam hari ini kami akan berbagi tips bagaimana cara meracik obat perkutut malas bunyi dengan bahan-bahan yang mudah di dapat tentunya ya,

kenapa sampai kami angkat dan share ramuan ini sebagai referensi artikel di website om kicau, karena banyak nya pertanyaan dari temen-temen baik itu di group ataupun sosmed yang memperbincangkan masalah pada burung perkututnya yang tidak kunjung bunyi.

Tips Membuat Obat Burung Perkutut Malas Bunyi

Dan juga ada dari temen-temen yang sharing masalah nya, selama beli perkutut di ombyokan dan sudah di rawat dalam jangka 1 tahun belum juga mau bunyi sama sekali lho.. hadew parah juga ya ini kasusnya

Banyak sekali para penghobi burung perkutut terlebih yg masih pemula, dan awam yang belum mengetahui cara bikin ramuan untuk burung kesayangannya ya, racikan ini sudah sering digunakan dari sejak jaman kakek dan neneng moyang kita semua ya tentunya, dengan menggunakan bahan herbal alami asli dari alam dan bisa kalian jumpai di dapur pasti,

Bahan yang dibutuhkan untuk meracik obat untuk burung perkutut yang malas bunyi :

  • 3 siung bawang merah
  • 3 helai daun / batang sereh
  • 2 helai daun sirih
  • 1 butir ketumbar

Dan cara membuatnya kalian potong-potong terlebih dahulu ya dari ketiga bahan, seperti bawang merah, daun sereh beserta daun sirih nya kemudian gunakan air bersih untuk mencampurnya dan kita rebus selama 15 – 20 menitan sampai mendidih ya,

setelah itu kita diamkan hingga air rebusan ramuan tadi hingga hangat-hangat kuku ya, jika kiranya sudah tidak terlalu panas baru kita gunakan untuk memandikan burung perkutut kalian dengan cara dibasuh dan dipegang langsung dengan tangan ya cara memandikan yang tepat nya.

Lalukan cara ini setiap kita memandikan burung perkutut tersebut di pagi hari ya, sampai burung tersebut mau berkicau, biasanya penerapan teknik ini saya sudah sering lakukan itu paling lama 1 – 2 mingguan ya, asalkan konsisten maka burung perkutut kalian akan mulai kepantau bunyi nantinya.

perkutut-ombyokan-agar-bunyi

Penyebab Perkutut Tidak Mau Bunyi Beserta Solusinya

Lalu kenapa perkutut tidak mau bunyi ?, pasti ada sebab dan faktor lainnya ya yg membuat perkutut kalian itu susah sekali bunyi atau manggung lah istilah nya ya.

Nah pada umumnya burung perkutut yang sudah kita rawat maksimal namun tidak mau bunyi-bunyi itu biasanya ada 3 faktor ya temen-temen, dikarenakan burung stress, burung sedang sakit atau tidak VIT, dan yang terakhir burung sedang mau masuk masa mabung nya ya.

Untuk teknik diatas yang sudah kita jelaskan bagaimana cara membuat racikan obat burung perkutut agar mau bunyi itu bisa digunakan ketika burung perkutut kalian itu sedang stres atau sakit ya, tentu metode itu bisa kalian jadikan solusi ya,

berbeda dengan kondisi misalkan si perkutut kalian ini mau masuk masa mabung atau rontok bulu ya, sudah pasti setiap jenis burung kicau yang sudah masuk masa mabung / molting ini pasti akan cenderung lebih berkurang bahkan bisa macet bunyi hariannya.

Jika sudah terpantau bulu-bulu halus ataupun besar nya sudah jatuh-jatuh setiap harinya makin banyak berarti burung kalian ingin masuk masa mabung ya temen-temen, maka langkah yang tepat kalian harus cepat menganani pola rawatan burung mabung sebagai mana mestinya ya.

Oke jadi itu saja ya tips yang bisa kami share seputar obat perkutut malas bunyi, jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, silahkan kalian share ke temen-temen yang lainnya ya, terima kasih. Sukses selalu, salam kicau mania indonesia.

baca juga : peluang usaha ternak burung perkutut